Berbagai Gejala Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Aug - 19
2021
ciri-ciri sakit ginjal

Berbagai Gejala Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring limbah tubuh untuk selanjutnya dikeluarkan melalui urine. Sama seperti organ lainnya, ginjal juga rentan mengalami penyakit yang mana hal ini bisa membahayakan tubuh. Apa saja ciri-ciri sakit ginjal yang perlu Anda waspadai?

Ciri-Ciri Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sakit ginjal acap kali telat terdeteksi. Pasalnya, penyakit ginjal kerap tidak menunjukkan gejala pada awalnya. Kalaupun ada gejala yang muncul, hal ini nampak seperti kondisi umum sehingga banyak orang yang mengabaikannya.

Berikut ini macam-macam gejala sakit ginjal yang perlu Anda ketahui dan waspadai:

1. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil merupakan salah satu ciri-ciri penyakit ginjal yang umum terjadi. Hal ini utamanya berlangsung di malam hari atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah nokturia.

Akan tetapi, sering buang air kecil juga bisa menjadi gejala penyakit lainnya seperti infeksi saluran kemih (ISK) dan pembesaran prostat jinak.

2. Urine Berbusa

Gejala penyakit ginjal juga bisa dilihat dari urine yang dikeluarkan. Pada penderita sakit ginjal, urine yang keluar biasanya berbusa.

Penyebab urine berbusa ini karena adanya kandungan protein. Normalnya, protein tidak akan ikut terbuang bersama urine karena telah disaring oleh pembuluh darah ginjal yang bernama glomerulus.

Namun, apabila glomerulus tersebut bermasalah, maka protein akan ‘lolos’ dari ginjal dan akhirnya masuk ke urine. Umumnya, urine yang berbusa menjadi gejala penyakit ginjal stadium awal.

3. Urine Disertai Darah

Pada kasus yang lebih berat, urine akan berubah warna menjadi kemerahan. Hal ini disebabkan adanya kandungan darah akibat tidak berfungsinya sistem penyaringan ginjal.

Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter apabila mendapati urine disertai darah guna dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut sebelum kondisi bertambah parah.

4. Mudah Lelah

Ciri-ciri sakit ginjal selanjutnya adalah mudah lelah. Ginjal yang sehat akan memproduksi erythroprotein (EPO) yang mana EPO ini berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Akan tetapi, adanya masalah pada ginjal membuat produksi EPO terganggu. Hal ini lantas berdampak pada menurunnya kadar sel darah merah. Padahal, sel darah merah bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh organ tubuh.

Proses distribusi oksigen yang terhambat inilah yang menjadi penyebab tubuh jadi mudah lelah.

5. Sakit Pinggang

Organ ginjal terletak di perut bagian belakang, tepatnya di tulang belakang yang ada di bawah punggung. Itu sebabnya, ketika mengalami sakit ginjal, seseorang juga kerap mengalami nyeri pinggang bagian belakang.

Biasanya, gejala sakit ginjal yang satu ini terjadi karena adanya batu ginjal sehingga menekan punggung.

6. Tidak Nafsu Makan

Apakah Anda terus-terusan tidak nafsu makan? Hati-hati karena ini juga merupakan salah satu gejala penyakit ginjal!

Adanya masalah pada ginjal membuat organ ini tidak dapat menjalankan tugasnya secara maksimal. Akibatnya, terjadi penumpukan limbah tubuh di dalam darah atau disebut uremia.

Penumpukan ini lantas menimbulkan rasa seperti besi di mulut. Alhasil, makanan jadi tidak terasa enak dan nafsu makan pun menurun.

7. Bau Mulut

Selain rasa besi di mulut, uremia akibat ginjal yang tidak dapat berfungsi maksimal tersebut juga membuat mulut jadi berbau tidak sedap.

8. Mengalami Gangguan Tidur

Gangguan tidur juga menjadi ciri-ciri sakit ginjal yang kerap dialami oleh para penderitanya. Akan tetapi, gejala yang satu ini umumnya terasa apabila sakit ginjal sudah memasuki stadium akhir (gagal ginjal kronis stadium akhir).

Namun, gangguan tidur tidak melulu disebabkan oleh penyakit ginjal. Itu sebabnya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gangguan tidur dalam jangka panjang.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai

9. Kram Otot

Kram otot menjadi gejala penyakit ginjal lainnya yang perlu Anda waspadai. Kram otot terjadi karena ginjal yang bermasalah menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh.

Akibat elektrolit tidak seimbang, kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh mengalami penurunan. Inilah yang kemudian memicu timbulnya gejala kram otot.

10. Tangan dan Kaki Bengkak

Tangan dan kaki bengkak adalah ciri-ciri penyakit ginjal yang terjadi akibat tidak mampunya organ tersebut dalam menyaring limbah tubuh. Alhasil, terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh yang lantas membuat anggota tubuh seperti tangan dan kaki membengkak.

Oleh sebab itu, segera periksakan diri Anda ke dokter apabila mendapati tangan maupun kaki tiba-tiba saja membengkak.

11. Mata Bengkak

Selain tangan dan kaki, mata penderita penyakit ginjal seperti gagal ginjal kronis juga akan mengalami pembengkakan. Mata bengkak terjadi karena bocornya protein ke dalam urine akibat tidak disaring dengan baik oleh ginjal.

12. Sesak Napas

Ginjal yang bermasalah menyebabkan terjadinya penumpukan cairan. Cairan ini lantas masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Akibatnya, proses pernapasan mengalami hambatan yang lantas ditandai dengan gejala sesak napas.

Selain itu, sakit ginjal berimbas pada terganggunya distribusi oksigen akibat kurangnya sel darah merah. Ini juga membuat penderita penyakit ginjal mengalami sesak napas.

13. Sulit Berkonsentrasi

Selain protein pada urine, sulit berkonsentrasi juga menjadi ciri-ciri sakit ginjal tahap awal. Lagi-lagi, gejala ini muncul akibat dari kurangnya pasokan oksigen karena adanya masalah pada ginjal.

Tidak hanya sulit berkonsentrasi, penderita sakit ginjal juga kerap merasa pusing dan mudah lupa. Namun, hal ini juga bisa dipicu oleh masalah kesehatan lainnya seperti stres, atau adanya gangguan pada otak.

14. Perut Mual

Limbah tubuh yang mengendap karena tidak tersaring dengan baik oleh ginjal juga dapat memunculkan gejala berupa perut mual. Bahkan, pada beberapa kasus hal ini juga disertai dengan muntah-muntah.

Pasalnya, tumpukan limbah tersebut memengaruhi sistem pencernaan dan sistem refleks muntah di otak. Alhasil, rasa mual tak tertahankan.

15. Gatal-Gatal

Kulit gatal menjadi ciri-ciri sakit ginjal yang juga kerap tidak disadari oleh penderitanya. Gatal pada kulit terjadi karena ginjal yang bermasalah membuat tubuh tidak dapat menjaga keseimbangan mineral.

Itu dia macam-macam gejala sakit ginjal yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Mengingat gejala-gejala tersebut tampak seperti gejala penyakit umum, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan kemunculannya, apakah hanya sesekali atau hampir setiap hari.

Apabila gejala tak kunjung mereda, maka segera periksakan diri ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

 

Lindungi diri Anda dan keluarga tercinta dengan asuransi kesehatan terpercaya. Bandingkan berbagai asuransi kesehatan terbaik di Cekpremi.com dan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid