8 Wisata Pantai Malang Selatan, Ada yang Mirip Raja Ampat

Wisata Pantai Malang Selatan

Wisata pantai bisa dibilang sebagai wisata andalan di Indonesia. Pasalnya hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki wisata pantai. Di daerah Jawa Timur, sejumlah kota mempunyai pantai-pantai dengan pemandangan terbaik. Termasuk di antaranya adalah wisata pantai Malang selatan.

Sebagai salah satu kota besar di Provinsi Jawa Timur, Malang dikenal juga sebagai kota tujuan liburan. Ada beragam pilihan tempat rekreasi yang jadi favorit. Beberapa di antaranya adalah Jatim Park dan tempat-tempat wisata lain di wilatah Batu yang memadukan wahana permainan dan keindahan alam.

Daftar Wisata Pantai Malang Selatan

Malang bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Karena itu, wilayah tersebut didominasi pegunungan dan dataran bergelombang. Sementara daerah dataran rendah di Malang selatan lumayan sempit dan sebagian besar pantainya berbukit. Kondisi geografis yang demikian menjadikan wilayah Malang selatan punya panorama yang indah.

Selain tempat rekreasi keluarga, Anda bisa datang ke pantai-pantainya saat berlibur ke Malang. Ada banyak pantai yang menyajikan keindahan alam memukau dan mampu menyihir siapapun yang melihat. Beberapa di antaranya banyak mirip dengan Raja Ampat. Inilah daftar wisata pantai Malang selatan.

  • Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna menjadi salah satu pantai di Malang selatan yang namanya sudah terkenal hingga ke luar daerah. Pantai ini sangat layak menjadi tujuan wisata Anda dan keluarga karena punya keunikan yang berbeda dari pantai lain yang ada di Malang. Keunikan pertama adalah tiga warna air yang berbeda sebagaimana nama dari pantai ini.

Penampakan air lau yang terlihat memiliki gradasi tiga warna disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari. Tiga warna airnya yaitu merah, hijau dan biru mampu menghipnotis pandangan pengujung hingga semua orang akan terpesona oleh keindahannya. Uniknya lagi, pengunjung hanya boleh berkunjung selama 2 jam untuk menjaga kelestarian pantai.

  • Pantai Batu Bengkung

Rekomendasi wisata pantai Malang selatan berikutnya adalah Pantai Batu Bengkung. Tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, nama pantai ini sudah tersohor hingga mancanegara. Pantai ini berjarak kurang lebih 57 kilometer dari pusat kota Malang ke arah selatan dengan waktu tempuh yang cukup lama.

Meski pengunjung harus melalui perjalanan yang panjang untuk sampai ke pantai ini, pengunjung akan dipuaskan oleh keindahan alamnya. Pantai Batu Bengkung memiliki pasir putih yang indah dan batu karang yang berdiri kokoh. Pantai di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan ini dijamin akan membuat pengunjung berdecak kagum.

  • Pantai Licin

Nama pantai ini diambil dari dusun Licin yang merupakan lokasi pantai ini. Pantai ini berada di wilayah paling ujung timur selatan Malang. Rute menuju ke wisata pantai Malang selatan ini cukup menantang karena akses jalan yang berliku. Karena itu, pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati saat menempuh perjalanan ke pantai ini.

Keindahan lain dari Pantai Licin adalah pasir hitamnya yang berasal dari letusan Gunung Semeru. Pantai ini juga tergolong unik karena memiliki garis pantai yang tidak lurus memanjang, melainkan membentuk lengkungan teluk. Hal itu dikarenakan pantai ini menghadap ke arah Samudera Hindia.

  • Pantai Balekambang

Wisata pantai Malang selatan lain yang juga tak kalah populer adalah Pantai Balekambang. Pantai ini disebut mirip dengan Tanah Lot di Bali karena memiliki Pura Amertha Jati yang berada di pulau karang bernama Pulau Ismoyo. Untuk sampai di pulau tersebut, pengunjung harus menyeberangi jembatan sepanjang 70 meter.

Berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, pantai ini berjarak 58 kilometer dari pusat kota Malang. Perjalanan ke pantai ini akan memakan waktu kurang lebih 48 menit menggunakan mobil. Akses jalannya sudah cukup mudah sehingga Anda tidak perlu kesulitan untuk sampai ke tempat wisata populer di Malang ini.

  • Pantai Sendang Biru

Tidak hanya menikmati pemandangannya yang eksotis, pengunjung di Pantai Sendang Biru juga akan dimanjakan dengan beragam kuliner laut yang lezat. Menu andalan yang bisa Anda nikmati saat datang ke wisata pantai Malang selatan ini adalah ikan bakar. Sebagai buah tangan, pengunjung juga bisa membeli aneka ikan laut segar dari nelayan setempat.

Pantai Sendang Biru berhadapan dengan Pulau Sempu dan hanya terpisahkan oleh Selat Sempu yang tidak terlalu lebar. Oleh karena itu, Pantai Sendang Biru yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini biasanya menjadi pintu masuk saat akan memasuki Pulau Sempu yang merupakan kawasan cagar budaya.

  • Pantai Gatra

Bagi Anda yang punya impian berlibur ke Raja Ampat di Papua, tidak ada salahnya datang dulu ke Pantai Gatra. Pasalnya pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis layaknya Raja Ampat. Garis pantainya yang cukup panjang dilengkapi dengan pasir putih yang cantik dan lembut. Pengunjung dijamin betah bermain pasir di tepi pantai ini.

Pantai Gatra juga termasuk dalam kawasan konservasi mangrove dan pulau karang. Pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas air, seperti menaiki kano. Pengelola pantai membuat peraturan tentang pembatasan waktu kunjungan wisatawan demi menjaga kelestarian ekosistem pantai.

  • Pantai Goa Cina

Dari sekian banyak destinasi wisata pantai Malang selatan, jangan sampai melewatkan Pantai Goa Cina. Akses ke pantai ini sudah cukup mudah. Seperti namanya, Anda akan menemukan goa di pantai ini. Goa itulah yang menjadi daya tarik pantai ini dan tidak ditemukan di kawasan wisata pantai lainnya.

Menurut sejarah, goa yang terletak sebuah bukit di pinggir pantai ini dulunya pernah menjadi tempat bagi seorang pertapa Cina untuk semedi. Bahkan ada yang menceritakan bahwa pertapa Cina tersebut melakukan semedi di goa itu hingga meninggal.

  • Pantai Ngliyep

Berbicara tentang wisata pantai di daerah Malang bagian selatan, nama Pantai Ngliyep tentu tidak boleh ketinggalan. Pantai ini bahkan sudah kondang hingga luar daerah berkat pemandangannya yang memesona. 

Keindahan Pantai Ngliyep semakin lengkap karena ada Pulau Kambang, sebuah pulau kecil yang bisa jadi tempat untuk menikmati suasana sunset. Ada juga Bukit Cinta Kasih yang erat kaitannya dengan mitos perjodohan.

Itulah daftar wisata pantai Malang Selatan yang keindahannya tidak perlu diragukan. Untuk menikmati pengalaman yang lebih berkesan saat liburan, Anda perlu memiliki asuransi perjalanan. Temukan informasi lengkap tentang produk asuransi terbaik dengan berkunjung ke cekpremi.com.

Referensi:

Liputan

Kompas

Pesisir