Boleh Memiliki Hutang, Jika Memperhatikan Hal Berikut Ini

Dec - 17
2020
Alasan Berhutang

Boleh Memiliki Hutang, Jika Memperhatikan Hal Berikut Ini

Meskipun sudah bekerja keras terkadang ada saja kebutuhan mendadak yang membuat kita harus mengeluarkan uang lebih, bahkan terkadang mengharuskan kita harus mengajukan hutang, apakah ke bank, personal, dan sebagainya. Mengambil hutang memang menjadi jalan keluar apabila kita tidak dapat mencukupi keperluan sehari-hari, tapi kalau dibiasakan, artinya keuanganmu tidak sehat. Kamu hanya boleh berutang apabila ada keperluan yang benar-benar mendadak, misalnya mengalami musibah yang merugikan keuanganmu sehingga mau tidak mau kamu harus meminjam uang ke kerabat terdekat. Sedangkan utang yang sangat tidak dianjurkan adalah berutang untuk memenuhi keinginan konsumtif, seperti berbelanja barang-barang yang tidak diperlukan menggunakan kartu kredit, atau bahkan meminjam uang di pinjaman online dengan bunga yang sangat tinggi. 

Selain untuk kebutuhan mendadak, kamu boleh memiliki hutang asalkan utang yang kamu ajukan adalah untuk keuntungan di masa depan, seperti:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Modal Usaha

Nah, kalau berutang untuk keperluan usaha, justru boleh dilakukan. Jika kamu sedang merintis usaha, tentu kamu belum punya cukup uang sebagai modal. Maka dari itu, kamu memang perlu mengajukan utang misalnya ke bank, atau mencari investor. Tapi sebelum berutang, kamu juga tetap harus memperhitungkan perencanaan dan bagaimana prospek usahamu. Hal ini untuk memastikan bahwa usahamu memang berpotensi untuk berkembang sehingga pihak pemberi modal bisa mempercayakan uangnya kepadamu dan kamu juga bisa melunasi utang tepat waktu.

 

Membeli Properti

Properti seperti rumah atau apartemen memang memiliki harga yang akan terus naik, sehingga properti menjadi aset yang tepat untuk diinvestasikan. Tapi kan membeli properti tidaklah murah, jadi kamu bisa saja mengajukan pembelian dengan fasilitas kredit dari bank di mana kamu hanya perlu membayar uang muka dan membayar cicilannya tiap bulan selama masa yang disudah disepakati. Jika sudah lunas, nantinya properti ini bisa jadi investasi jangka panjangmu yang sangat menghasilkan.

 

Dana Pendidikan Anak

Inflasi dana pendidikan yang rata-rata meningkat sekitar 10%-12% per tahun menjadikan dana pendidikan setiap orang tua untuk mulai mempersiapkannya sedini mungkin. Dikarenakan dana pendidikan yang tinggi ini, terkadang orang tua tetap saja kewalahan untuk memenuhinya. Nah, untuk itu kamu boleh berutang sesekali saja untuk biaya pendidikan anak, karena pendidikan adalah investasi terbaik untuk kehidupan anak kita di masa depan.

 

Biaya Asuransi Kesehatan

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam kesehatan finansial adalah mempersiapkan proteksi dengan memiliki asuransi. Setidaknya setiap orang wajib memiliki asuransi kesehatan. Meskipun pemerintah sudah memberikan BPJS kesehatan, alangkah baiknya jika kamu juga mempersiapkan proteksi dari asuransi swasta. 

 

Meskipun harganya terbilang lebih mahal, namun fasilitas dan layanan yang diberikan sangat worth it. Biasanya asuransi kesehatan mematok harga premi yang harus dibayarkan per tahun, tapi kamu tetap bisa mencicilnya dengan membayarnya per bulan menggunakan kartu kredit. Hutang ini juga boleh dilakukan karena untuk kebutuhan proteksi diri dan keluargamu dari risiko kesehatan yang tidak terduga.

Meskipun ada jenis utng yang boleh dilakukan, jauh lebih baik jika kamu menghindari berutang dan kalaupun harus, berutang tetap harus pada porsinya (sesuai kemampuan), jangan memaksakan diri. Dengan begitu, kamu akan terus memiliki kondisi finansial yang sehat. Dapatkan juga asuransi dengan harga premi yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhanmu di Cekpremi.com. Hanya dengan satu klik kamu bisa dengan mudah bandingkan dan pilih asuransi terbaik dengan harga yang kompetitif.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *