Rumah Split Level? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Disini!

Jul - 29
2021
rumah split level

Rumah Split Level? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Disini!

Istilah rumah split level mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Kebanyakan model rumah di Indonesia masih menggunakan desain standar maka dari itu istilah split level masih sangatlah asing. Nah bagi kalian yang tertarik akan desain rumah split level yuk simak kelebihan dan kekurangannya di artikel ini!

Pengertian rumah split level

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan jenis rumah satu ini, mari kita simak pengertiannya terlebih dahulu. Rumah split level itu sendiri bisa diartikan sebagai gaya rumah yang dimana setip lantai saling tergantung. Biasanya yang menyambungkan antara 2 lantai tersebut adalah sebuah tangga pendek. Otomatis jarak antara 1 lantai dengan lantai lainnya tidak terlalu jauh.

Kelebihan rumah split level

1. Suasana rumah menjadi lebih terbuka

Dengan jarak antara satu lantai dengan lantai lainnya yang tidak terlalu jauh membuat rumah split level lebih terbuka dan nyaman untuk ditinggali. Komunikasi antar penghuni pun menjadi lebih mudah karena jarak yang tidak terlalu jauh.

2. Tingkat efisiensi ruang yang tinggi

Dengan menggunakan tangga kecil sebagai penghubung membuat rumah split level mendapatkan ruang lebih untuk perabot tambahan. Hal ini bisa terjadi karena tangga dibuat kecil sehingga tidak memakan banyak ruang.

Baca juga: Referensi 10 Tipe dan Jenis Rumah Minimalis Sederhana Bagi Millenials!

3. Sirkulasi udara lebih baik

Di rumah split level itu sendiri penggunaan tembok pada bagian tangga tidak diterapkan. Maka dari itu sirkulasi udara dalam rumah bisa lebih baik karena tidak terhalang oleh tembok.

4. Tidak membosankan

Mengingat banyak rumah di Indonesia yang menggunakan desain yang sama, konsep rumah split level dapat memberikan suasana baru yang tidak monoton di rumah. Dijamin kalian bakal betah deh tinggal berlama-lama di rumah split level!

Kekurangan rumah split level

1. Membutuhkan biaya lebih

Dikarenakan sistem konstruksi yang rumit, jenis rumah satu ini membutuhkan biaya lebih dalam proses konstruksi nya. Selain itu kalian juga harus memastikan tukang yang bekerja itu benar-benar mengerti akan konsep rumah split level.

2. Bahaya untuk balita dan lansia

Mengingat desain tangga yang dibuat berongga, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan desain rumah split level jika ada bayi atau lansia yang tinggal. Bisa-bisa mereka terjatuh karena rongga yang terdapat di bagian tangga.

Biaya konstruksi rumah split level

Penasaran dengan rincian biaya yang diperlukan? Simak rincian biaya yang ada di bawah ini ya!

  • Gaya Arsitektur : Minimalis
  • Konsep Rumah : Split Level
  • Luas Lahan : 5,5 x 9,5 m atau 52 m²
  • Luas Lantai : 75 m²
  • Jumlah Lantai : 2,5 Lantai
  • Perkiraan biaya Bangun : Rp 225 – 300 juta. Dengan asumsi biaya antara Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur : beton bertulang

Perkiraan biaya di atas hanyalah biaya jasa saja dan belum termasuk bahan material nya.

 

Berikan perlindungan kepada aset properti kalian!

asuransi properti cekpremi

Properti merupakan sebuah aset yang berharga, oleh karena itu pastikan aset properti kalian terhindari dari segala resiko kerusakan yang mungkin terjadi dengan perlindungan asuransi properti!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi