Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

daun seledri

Artikel ini membahas tentang manfaat daun seledri. Tangkai seledri bisa menjadi camilan rendah kalori, sedangkan bagian daun sering dipakai hiasan makanan. Nutrisi pada daun seledri ternyata bermanfaat pada kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun seledri yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Daun Seledri

  • Sumber Antioksidan

Buah dan sayuran hijau mengandung antioksidan yang penting untuk tubuh, salah satunya seledri. Antioksidan berfungsi memperlancar pembuluh darah, melindungi organ dari kerusakan oksidatif, dan memperlancar pembuluh darah. Vitamin C, beta karoten, dan flavonoid merupakan 12 jenis nutrisi penting untuk menambah antioksidan. Sementara itu, kandungan fitonutrien bisa mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

  • Mencegah Penyakit Ginjal

Seledri memiliki kandungan seperti vitamin C, B, A dan zat besi. Nutrisi dari seledri mampu menghilangkan racun dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, seledri bisa membantu melindungi kesehatan dan mencegah penyakit ginjal.

  • Melancarkan Pencernaan

Anti-inflamasi dan antioksidan dapat melindungi saluran pencernaan. Pektin dalam seledri dapat mengurangi nyeri sakit maag dan memperbaiki lapisan lambung. Seledri juga memiliki 95% kandungan air yang dapat memperlancar saluran pencernaan.

  • Menurunkan Kolesterol

seledri mengandung minyak atsiri, flavonoid, coumarin, furanocoumarin, isoquercetin, saponin, asparagine, api alkali, tirosin, glutamine, pentosan, dan manit. Kandungan tersebut yang membuat seledri dianggap efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Menjaga Organ Hati

Seledri ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ hati. Seledri berperan dalam pengobatan penyakit liver. Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan.

  • Mencegah Peradangan

Seledri memiliki kandungan apigenin yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan yang juga dapat melakukan perlawanan terhadap radikal bebas penyebab penyakit kanker.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Seledri mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa phthalide yang dapat mengendurkan otot-otot dinding pembuluh darah arteri. Efek ini bisa membuat aliran darah lebih lancar dan menurunkan tekanan darah. Seledri juga baik dikonsumsi sebagai salah satu pilihan sayuran untuk mengontrol tekanan darah.

  • Menjaga Berat Badan

Seledri dapat menjaga berat badan. Sebabnya, kandungan kalorinya rendah dan mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

  • Mengontrol Gula Darah

Seledri banyak mengandung antioksidan yang dapat melindungi pankreas, yaitu organ penghasil insulin dan mendukung efektivitas kerja hormon insulin dalam mengontrol gula darah. Tak hanya itu, seledri juga termasuk dalam makanan dengan kadar indeks glikemik rendah. Dengan demikian, konsumsi seledri tidak akan membuat gula darah cepat meningkat, sehingga lebih mudah terkontrol. Ini menjadikan seledri baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kondisi prediabetes.

  • Menyehatkan Mata

Seledri sangat baik untuk kesehatan mata karena seledri kaya akan vitamin A dan antioksidan, seperti lutein. Aneka nutrisi tersebut baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Itulah beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan. Lengkapi proteksi kesehatan kamu dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust dan Lippo Healthplus.

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust. Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia.

Lippo Healthplus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan per tahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 900 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi e Benefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Jangan khawatir jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit karena Lippo Healthplus menyediakan 24 jam contact center dan monitoring. Mereka juga menyediakan Personal Medical Assistance dan memberikan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Manfaat Daun Seledri

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa manfaat seledri?” answer-0=”Seledri mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa phthalide yang dapat mengendurkan otot-otot dinding pembuluh darah arteri. Efek ini bisa membuat aliran darah lebih lancar dan menurunkan tekanan darah. Seledri juga baik dikonsumsi sebagai salah satu pilihan sayuran untuk mengontrol tekanan darah.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bolehkah daun seledri direbus?” answer-1=”Di dalam daun seledri terkandung senyawa glikosida dan apoil yang memberi aroma khas. Namun, senyawa apa yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah belum terungkap. Bila daun ini dipilih sebagai obat, diperlukan sebatang seledri yang direbus dengan satu gelas air hingga mendidih.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]