Ini Cara Mudah Beli Asuransi Perjalanan Agar Perjalanan Lebih Aman!

Apr - 22
2021
beli asuransi perjalanan

Ini Cara Mudah Beli Asuransi Perjalanan Agar Perjalanan Lebih Aman!

Banyak orang yang menganggap asuransi perjalanan kurang penting karena tidak terlalu berguna. Padahal kalau terjadi hal-hal buruk ketika perjalanan, misalkan sakit dan harus dirawat, asuransi perjalanan ini sangat dibutuhkan. Asuransi perjalanan atau travel insurance ini akan memberikan perlindungan selama Anda bepergian. Beberapa negara bahkan memasukkan asuransi perjalanan dalam syarat pembuatan visa. Saat ini untuk beli asuransi perjalanan lebih mudah dan dapat dilakukan secara online. 

Asuransi perjalanan penting untuk perjalanan luar negeri maupun dalam negeri. Fungsinya memang hanya melindungi ketika dalam perjalanan saja. Beberapa manfaat asuransi perjalanan adalah sebagai berikut:

Perlindungan medis

Anda akan mendapatkan manfaat pengobatan di luar negeri, baik berupa penggantian biaya pengobatan (hospital benefit) maupun santunan tunai harian untuk rawat inap di luar negeri (cash plan).

Bantuan darurat

Asuransi perjalanan memberikan bantuan darurat jika kamu menghadapi hal tak terduga yang tidak menyenangkan di luar negeri. Bantuan darurat ini mencakup evakuasi medis, pemulangan jenazah, dan 24 jam hotline bantuan darurat.

Manfaat kecelakaan

Jika Anda mengalami kecelakaan di luar negeri, maka asuransi perjalanan akan memberikan santunan kecelakaan dan santunan cacat permanen.

Manfaat kunjungan dan perawatan

Manfaat ini memberikan penggantian biaya untuk satu orang kerabat atau keluarga untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama jika nasabah dirawat di luar negeri.

Ketidaknyamanan perjalanan

Dengan memiliki asuransi perjalanan, Anda juga akan memperoleh perlindungan atas kerusakan dan kehilangan bagasi, uang, dan dokumen yang hilang selama perjalanan, atau luka akibat huru-hara atau terorisme. Kemudian juga akan memperoleh santunan untuk keterlambatan penerbangan dan bagasi, serta perlindungan atas pembatalan perjalanan.

Berapa Besarnya Premi Asuransi Perjalanan?

premi asuransi perjalanan

Premi asuransi perjalanan termasuk terjangkau jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan itu sendiri. Terlebih jika dibandingkan dengan potensi kerugian dari resiko yang mungkin terjadi. Asuransi perjalanan ada yang dijual untuk melindungi individu atau keluarga. Premi ini ada yang dibayar sekali (single premium) atau mingguan. Kemudian, besaran premi asuransi perjalanan dipengaruhi oleh:

  • Usia tertanggung
  • Periode perlindungan, maksimal hingga 183 hari
  • Negara tujuan
  • Nilai manfaat yang dipilih nasabah

Cara Beli Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan tidak bisa dibeli ketika Anda telah berada di luar negeri. Jadi, sebelum melakukan perjalanan, Anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan. Pada saat pengajuan permohonan, ada beberapa syarat yang wajib dilampirkan. Beberapa syarat di tiap penyedia asuransi berbeda, namun beberapa syarat umumnya, seperti mengisi formulir pengajuan asuransi, fotokopi/scan KTP, dan batas usianya 1-80 tahun.

Pada umumnya, ada dua paket yang biasanya ditawarkan. Pertama adalah program Single Trip yang dapat menjamin untuk satu kali perjalanan, dan produk tahunan, yaitu program asuransi yang dapat menanggung atau menjamin setiap perjalanan Anda maksimum 90 (sembilan puluh) hari/perjalanan.

Tips Membeli Asuransi Perjalanan

travel insurance

Sebelum beli asuransi perjalanan, perhatikan bebehapa hal berikut ini:

Paham Besarnya Perlindungan yang Diberikan

Anda harus meneliti apa saja yang ditanggung dan hal apa saja yang bisa membatalkan pertanggungan tersebut. 

Pahami Waktu Perlindungan

Idealnya Anda harus memilih asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan mengingat Asuransi perjalanan biasanya hanya akan menanggung resiko saat melakukan perjalanan. 

Luas Perlindungan

Wisata dengan resiko tinggi biasanya tidak bisa diproteksi asuransi perjalanan. Misalnya saja olahraga ekstrim, wisata alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrim biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar premi asuransi perjalanan pada umumnya.

Kondisi Kesehatan Tertanggung

Perlu diketahui, perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sebaiknya Anda jujur terhadap kondisi kesehatan saat akan mendaftar aruansi perjalanan.

Beli asuransi perjalanan makin mudah dan bisa hemat hingga 30% hanya di cekpremi.com!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *