Premi Asuransi: Pengertian, Harga, Faktor yang Mempengaruhi

Apr - 22
2021
premi asuransi adalah

Premi Asuransi: Pengertian, Harga, Faktor yang Mempengaruhi

Last Updated on October 1, 2021 by Andrian

Banyak orang takut untuk memiliki asuransi karena premi yang katanya mahal. Padahal jika Anda sakit dan tidak dicover asuransi, biayanya bisa berkali lipat lebih besar dibandingkan bayar premi asuransi. Sesuai Undang – Undang Perasuransian No No 40 Tahun 2018, Premi Asuransi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh Perusahaan Asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh Pemegang Polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian Asuransi atau perjanjian reasuransi, atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat

Premi ini adalah istilah yang digunakan untuk asuransi konvensional, sementara asuransi Syariah menggunakan istilah ‘Kontribusi’. Menurut Undang – Undang Perasuransian No No 40 Tahun 2018, Kontribusi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh Perusahaan Asuransi Syariah atau perusahaan reasuransi syariah dan disetujui oleh Pemegang Polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian Asuransi Syariah atau perjanjian reasuransi syariah untuk memperoleh manfaat dari Dana Tabarru’ dan/atau dana investasi Peserta dan untuk membayar biaya pengelolaan atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat.

Jadi, premi harus dibayarkan pemegang polis ke perusahaan asuransi untuk memperoleh manfaat perlindungan asuransi. Premi asuransi sering menjadi faktor pertimbangan utama saat mengambil asuransi. Jangan sampai iuran premi yang besar, malah mengganggu cash flow keuangan Anda.

Jenis Premi Asuransi

Single Premium

Untuk pembayaran single premium, nasabah cukup membayar satu kali saja. Umumnya jenis pembayaran premi secara tunggal merupakan produk asuransi yang lebih mengutamakan perkembangan nilai investasi. Jadi, alokasi untuk investasinya akan lebih tinggi dibandingkan produk asuransi lainnya. Preminya juga relatif lebih tinggi dibandingkan premi yang dibayar secara berkala.

Regular Premium

Pembayaran bisa dilakukan secara bulanan, per kuartal (3 bulan), per semester (6 bulan) atau bahkan tahunan. Preminya relatif terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Uang Pertanggungan yang diberikan juga relatif lebih besar dibandingkan dengan produk asuransi dengan metode pembayaran tunggal.

Apakah Premi Bisa Naik dan Turun?

Sebetulnya perusahaan asuransi tidak perlu menaikkan premi jika pada tahun yang sama mengalami profit atau untung. Sebaliknya saat mengalami kerugian, barulah perusahaan asuransi bisa menaikkan premi. Karena ada saatnya perusahaan asuransi harus membayarkan klaim yang tidak diperkirakan sebelumnya. Pada saat itulah mereka akan melakukan review dan merestrukturisasi faktor-faktor risiko terhadap tertanggung maupun objek tertanggung. Dalam kondisi demikian harga premi bisa naik.

Cara Mendapat Premi Asuransi Murah

Semakin Berumur, Premi Semakin Mahal

Saat umur bertambah, daya tahan tubuh cenderung menurut dan lebih beresiko terkena penyakit. Sebagai konsekuensinya, Anda harus membayar premi lebih mahal dibandingkan orang-orang yang jauh lebih muda. Jadi, sebelum risiko terkena penyakit lebih besar, ada baiknya untuk terlebih dahulu membeli asuransi agar premi lebih rendah. 

Hindari Asuransi Unit Link dan Endowment

Asuransi unit link dan endowment memang menawarkan keuntungan investasi dan pengembalian premi. Namun, paling terbaik adalah jenis asuransi murni yang memberikan proteksi dengan perlindungan tinggi dan premi lebih murah. Hanya saja untuk asuransi murni tidak ada pengembalian premi karena dianggap hangus. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Ini Sebelum Membeli

Pilih Asuransi Kelompok

Asuransi kelompok jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi individu. Asuransi kelompok ini cocok jika kamu ingin membeli asuransi untuk lebih dari satu orang. Asuransi kelompok biasanya diperuntukkan bagi karyawan, tetapi beberapa perusahaan asuransi juga menyediakan layanan produk asuransi untuk keluarga.

Hindari Memilih Rider Asuransi

Beberapa tambahan dalam pembelian asuransi bisa membuat premi menjadi mahal. Contohnya, Anda mendapatkan penawaran asuransi jiwa tapi sudah termasuk proteksi kesehatan dan kecelakaan. Artinya, ada dua tambahan asuransi dalam produk utamanya. Jika dihadapkan dengan hal seperti ini lebih baik membeli dua polis asuransi dengan manfaat yang berbeda, karena harganya jauh lebih murah dan lebih menguntungkan daripada harus menambahkan rider. 

Baca juga: Ketahui Cara Menghitung Premi Asuransi Kesehatan!

Gaya Hidup Sehat

Hidup yang sehat bukan hanya penting untuk kesehatan, tetapi memberikan premi asuransi yang relatif murah. Karena jika punya penyakit, asuransi akan membebankan Extra Premi. 

Pihak asuransi biasanya memberikan kemudahan untuk peserta asuransi membayar premi dengan berbagai pilihan, seperti:

Perusahaan asuransi berupaya memastikan bahwa cara pembayaran premi mudah dan convenience buat pemegang polis, dengan menawarkan . berbagai opsi pilihan pembayaran premi asuransi, seperti:

  • Internet Banking dan Mobile Banking
  • Kartu Kredit. Potongan pembayaran auto debet dengan membebankan pada kartu kredit milik Anda.
  • Auto Debet Rekening Bank. Dipotong secara rutin secara langsung dari rekening bank.
  • E-Commerce. 
  • ATM. Pembayaran lewat ATM Bank.
  • Teller Bank/Loket. Pembayaran langsung di kantor cabang bank dengan menyetor lewat teller bank.

Baca juga: Berikut Contoh Polis Asuransi Jiwa Terlengkap di 2021

Premi asuransi adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli asuransi. Pastikan premi yang dibayarkan affordable, sesuai dengan manfaat yang diberikan. Untuk membandingkan berbagai pilihan premi asuransi, langsung kunjungi cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *