Beli Sepeda Motor Bekas untuk Pertama Kali? Perhatikan Hal Ini!

cara beli motor bekas

Menyesal pasti selalu datang terlambat karena kalau datang di awal itu nama pendaftaran. Begitulah guyonan anak jaman sekarang yang sering kita dengarkan. Nah, begitu juga ketika membeli sepeda motor bekas. Agar tidak menyesal di kemudian hari, simak cara beli sepeda motor bekas untuk Anda yang baru pertama kali melakukannya.

Cara Praktis Beli Sepeda Motor Bekas untuk Pemula

Sebelum Anda membeli sepeda motor bekas ada beberapa hal yang harus benar-benar Anda perhatikan. Meski harganya tidak semahal motor baru, jangan sampai Anda kecewa karena tidak teliti ketika membelinya.

Kalau teliti, Anda akan merasa cocok dan yang pasti Anda akan lebih senang merawatnya dengan baik. Oleh karena itu pertimbangkanlah secara matang sebelum membelinya supaya uang yang sudah anda keluarkan tidak sia – sia.

1. Belajar Berkendara dan Tentang Motor Lebih Dalam

Belajar merupakan langkah awal dalam beraktivitas, tanpa belajar Anda tidak mengetahui apapun tentang sesuatu. Tak terkecuali pada motor, jika Anda belum bisa mengendarai, yang harus Anda lakukan adalah belajar terlebih dahulu.

Bukan hanya belajar cara mengendarai motor saja tetapi juga memahami tentang jenis-jenis motor termasuk onderdilnya. Hal ini penting karena motor yang onderdilnya susah didapat otomatis akan susah untuk diperbaiki.

2. Pilih Sepeda Motor yang Pas dengan Postur Anda

Cara beli sepeda motor bekas selanjutnya adalah memilih motor yang sesuai dengan postur tubuh Anda. Postur badan Anda akan menentukan motor mana yang cocok untuk Anda. Apabila Anda mempunyai postur tubuh yang tinggi maka jenis sepeda motor yang pas adalah motor gede atau motor sport.

Postur tubuh Anda yang dipadukan dengan motor yang cocok akan membuat Anda merasa nyaman mengendarainya. Tetapi yang paling penting adalah Anda harus menyesuaikan anggaran Anda dengan harga motor yang akan Anda beli.

3. Pilih Sepeda Motor Sesuai dengan Kebutuhan

Ini akan menjadi penentu untuk Amda ketika mengambil keputusan. Sama seperti Anda membeli barang-barang yang lain, motor yang Anda beli harus sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda membeli motor khusus untuk berangkat kerja setiap hari, maka Anda bisa memilih motor yang yang lebih hemat bensin.

Sekarang ini, motor sudah menggunakan teknologi injeksi. Oleh karena itu, sekarang Anda tinggal memilih saja motor yang sesuai dengan model yang Anda suka dan tentunya yang sedikit bergaya.

4. Test Drive

Cara beli sepeda motor bekas berikutnya adalah melakukan test drive. Jika memang diperbolehkan oleh pihak penjual, Anda bisa tes drive terlebih dulu untuk motor bekas yang akan Anda beli. Dengan tes Anda bisa merasakan nyaman atau tidaknya motor tersebut.

Hal ini dikarenakan kenyaman berkendara sangatlah penting, terutama bagi Anda yang sering berkendara jarak jauh.

5. Memilih Penjual atau Dealer yang Terpercaya

Harga motor bekas yang murah tidak selalu sejalan dengan penjual yang terpecaya. Sebelum membeli, Anda harus melakukan riset tentang penjual ataupun dealer Anda.

Lihatlah reputasi, keandalan, dan layanan keseluruhan dealer atau komentar dari orang sekitar Anda. Apabila penjual atau dealer ini dekat dengan lokasi Anda tinggal, ada baiknya habiskan waktu di sana pada akhir pekan untuk melihat komentar atau ulasan pembeli.

6. Ketahui Harga Motor Bekas Anda di Pasaran

Penting sekali untuk mengetahui harga pasaran motor baru dan bekas agar tidak tertipu oleh penjual atau dealer yang curang.

Jika harga motor bekas yang ditawarkan tidak terlalu jauh dengan harga barunya tentu Anda akan merasa rugi. Mengetahui harga juga menghindari Anda agar tidak tergiur dengan tawaran motor harga murah.

Dikhawatirkan setelah Anda membelinya kondisi motornya mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Oleh sebab itu, ketahui harga pasaran motor dari kerabat, media sosial, forum, atau sumber-sumber lainnya.

7. Jangan Gegabah Ketika Melakukan Pembayaran

Hindari membayar uang muka tanpa melihat kondisi motor dengan mata kepala Anda sendiri. Jangan hanya karena motor incaran Anda dijual dengan harga murah atau bisa dibayar dengan dicicil, Anda langsung melakukan transaksi.

Alasan apapun yang ditawarkan oleh penjual seperti agar motor tidak dibeli orang lain atau karena sudah Anda orang lain yang ingin membelinya, sebaiknya jangan terlalu dihiraukan. Apalagi jika Anda membeli secara online, baiknya Anda temui dulu penjual untuk melihat kondisi motor incaran Anda.

8. Periksa Surat Kendaraan dan Cocokan Nomor Rangka dan Mesin

Cara beli motor bekas berikutnya adalah periksa surat kendaraan. Surat-surat yang dicek adalah STNK dan BPKB harus sesuai dengan plat motor dan nama pemilik.

Dengan mengecek BPKB Anda akan mengetahui apakah motor bekas tersebut sudah sering diperjualbelikan atau apakah motor ini baru di tangan pertama. Mengetahui hal penting agar Anda tidak membeli motor curian.

Selain itu, Anda juga harus mengecek nomor mesin dan rangka pada motor. Pengecekan ini harus dilakukan dengan surat-surat kendaraan.

Nomor yang tertera pada rangka dan mesin harus sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan. Apabila nomor tidak cocok pada surat sebaiknya jangan dibeli karena mungkin kendaraan tersebut hasil curian.

Setelah semua cocok, baru Anda bisa membeli motornya dan setelah itu Anda bisa mengurus ganti plat motor Anda.

9. Cek Kondisi Motor dengan Teliti

Hal ini untuk mengetahui apakah motor bekas yang Anda beli pernah mengalami kecelakaan parah atau tidak. Tentu Anda tidak mau membeli motor dengan kondisi yang tidak baik, bukan?

Anda bisa bertanya kepada penjual atau melakukan pengecekan sendiri. Seperti dengan mendirikan motor dengan standar ganda di atas permukaan datar.

Lihat dengan teliti apakah roda depan dan roda belakang sejajar atau tidak. Selain itu, perhatikan juga kesejajaran stang motor dengan bodi dan roda. Tak lupa, pastikan juga bahwa rangka motor tidak bengkok.

10. Beli Asuransi Motor

Kebanyakan orang cenderung berfokus pada harga sepeda motor itu sendiri atau banyaknya perlengkapan sepeda motor, aksesoris, atau suku cadang yang mereka inginkan untuk segera mereka pakai.

Namun, Anda tidak harus menunggu sampai Anda sudah membeli sepeda motor bekas incaran untuk mencari tahu biaya asuransi motor.

Setelah Anda menentukan motor jenis apa yang akan Anda beli, mulailah untuk mencari asuransi motor. Salah satu tempat terbaik untuk membeli asuransi motor terbaik adalah di CekPremi.

CekPremi dapat membantu Anda memilih perlindungan untuk motor kesayangan Anda. Produk asuransi kecelakaan sepeda motor memiliki manfaat ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan. Biasanya, manfaat pertanggungannya adalah TLO (total loss only) dan all risk.

Agar motor Anda semakin terlindungi dan tetap merasa aman saat berkendara, cek beragam produk asuransi motor terbaik di CekPremi sekarang juga.