Mengenal Rem Karbon pada Kendaraan dan Cara Kerjanya

rem karbon

Rem menjadi salah satu piranti penting yang wajib terpasang pada kendaraan. Sebuah kendaraan apabila tidak terpasang rem, akan sangat berbahaya karena sulit untuk dikendalikan. Fungsi utama dari rem adalah untuk memperlambat laju kendaraan. Adanya rem sangat efektif meningkatkan keamanan serta mempermudah bagi pengendara untuk mengurangi kecepatan atau menghentikannya. Namun tahukah Anda jika ada beberapa jenis rem, salah satunya yaitu rem karbon.

Kendaraan bermotor yang sering dipakai oleh masyarakat umum biasanya menggunakan jenis rem cakram biasa. Kinerja dari kampas dan juga rem cakram sangat efektif untuk mengurangi laju kendaraan.

Namun banyak orang yang senang melakukan modifikasi pada berbagai peranti kendaraan termasuk pada rem. Modifikasi ekstrem yang dilakukan, membuat kendaraan juga membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Banyak pecinta modifikasi kendaraan yang memilih menggunakan rem carbon ceramic. Jenis rem karbon memiliki perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan rem cakram dan kampas.

Kinerja dari rem karbon lebih baik karena menggunakan material yang berbeda serta sistem yang lebih kompleks. Anda bisa mendapatkan rem ini di toko onderdil atau bengkel khusus untuk melakukan modifikasi kendaraan.

Di tengah masyarakat, terdapat sekitar 4 jenis kampas yang bisa dibeli diantaranya frame organik, semi organik, fullmetal atau sinter, dan keramik.

Material utama yang digunakan untuk membuat rem yang satu ini adalah karbon. Selain itu, untuk jenis rem keramik terdapat kombinasi dua bahan yaitu karbon dan keramik. Proses pembuatan rem ini lebih rumit serta menggunakan material berkualitas tinggi sehingga harganya cenderung mahal.

Ketahanan dari rem karbon juga sangat baik. Rem cakram memiliki ketahanan yang bagus terhadap suhu tinggi namun rem dari karbon memiliki ketahanan yang lebih baik. Kelebihan inilah yang membuat rem jenis karbon sering digunakan pada mobil atau motor balap.

Mengapa Bisa Mahal

Masyarakat umum jarang memakai rem jenis karbon karena harganya yang mahal. Performa pengereman dari jenis rem yang satu ini sangat tinggi sehingga hanya dipasang pada kendaraan balap.

Para pembalap membutuhkan pengereman yang handal karena mereka melaju dengan kecepatan tinggi. Apabila motor atau mobil balap hanya mengandalkan rem cakram biasa, kemungkinan terjadi kecelakaan akibat fungsi rem yang tidak maksimal bisa semakin besar.

Dengan rem jenis karbon para pembalap bisa menghentikan atau mengurangi laju kendaraan dengan cepat dan nyaman. Performa pengereman sangat bagus jika menggunakan rem ini karena memiliki friction coefficient yang tinggi.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh rem jenis karbon adalah material yang ringan namun memiliki pengereman stabil, tidak mudah mengalami penurunan performa, material anti korosi, dan tidak mudah berubah bentuk saat terkena suhu tinggi.

Hal lain yang membuat rem ini semakin mahal adalah karena tidak meninggalkan ampas. Biasanya rem cakram biasa mudah meninggalkan ampas sehingga terlihat kotor.

Motor balap dalam MotoGP semuanya menggunakan jenis rem carbon. Para pembalap juga semakin mudah untuk melakukan manuver dengan adanya rem ini. Bukan hanya untuk kecepatan tinggi, rem ini juga membuat kendaraan mudah untuk melakukan akselerasi.

Cara Kerja Rem Karbon

Anda akan mudah menemukan rem karbon pada kendaraan balap seperti pada MotoGP. Motor balap tentu saja membutuhkan teknologi canggih di semua bagian termasuk pengereman.

Sebelum digunakan pada MotoGP, rem jenis karbon dulu dianggap bisa menyebabkan masalah karena memiliki suhu dingin. Akan tetapi pada kenyataan justru setelah digunakan rem dari bahan karbon, masalah pengereman pada MotoGP menjadi lebih baik.

Ketika menggunakan jenis rem ini, Akan terdapat alat penutup yang bertujuan untuk menjaga agar suhu piringan tetap stabil. Rem ini juga mampu mencengkeram dengan kuat dan lebih kuat dibandingkan rem cakram biasa.

Setelah dilakukan uji coba, untuk mengubah kecepatan dari 285 km per jam menjadi 90 km per jam, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik.

Waktu ini akan sangat mustahil apabila Anda hanya mengandalkan rem biasa. Kinerja rem karbon sudah terbukti karena telah digunakan dalam berbagai event balap termasuk pada MotoGP di tahun 2017.

Rem ini sudah digunakan sejak lama. Hingga saat ini rem jenis karbon masih terus dipakai pada MotoGP serta kendaraan balap lainnya.

Apakah Rem Karbon Cocok untuk Motor Harian?

Meskipun memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan rem cakram biasa, tapi rem ini tidak cocok untuk motor harian

Beberapa alasan yang membuat rem ini tidak cocok untuk kendaraan sehari-hari antara lain:

  1. Harganya mahal

Teknologi yang ada pada rem ini sangat rumit dan memiliki material khusus sehingga harganya menjadi mahal. Kisaran harga untuk rem ini yaitu mulai dari 155 jutaan sampai 200 jutaan lebih.

  1. Hanya bekerja di suhu tinggi

Jika Anda menggunakan rem dari karbon memang bisa memberikan pengereman yang stabil. Namun perlu Anda ketahui bahwa rem akan berfungsi ketika suhu mencapai mulai dari 400 sampai 1500 derajat Celcius.

Kendaraan harian memiliki suhu yang rendah apalagi sering terkena hujan. Rem tidak akan berfungsi pada suhu yang rendah.

Apabila kondisi cuaca sedang dingin atau turun hujan biasanya rem akan diganti dengan rem baja seperti yang digunakan pada motor harian.

Kekurangan inilah yang membuat rem ini meskipun memiliki kekuatan pengereman luar biasa serta bobot yang lebih ringan, tetap saja kurang cocok untuk motor harian.

Anda mungkin saja pernah lihat kendaraan seperti motor atau mobil yang menggunakan rem ini. Akan tetapi penggunaan tersebut hanya untuk memperindah tampilan kendaraan dan modifikasi ekstrem.

Motor Anda yang biasanya hanya dipakai untuk transportasi harian justru menjadi tidak nyaman jika menggunakan jenis rem yang satu ini.

Jika Anda memiliki kendaraan dan ingin meningkatkan keamanan berkendara maka sebaiknya memanfaatkan asuransi motor. Namun sebelumnya cari tahu terlebih dahulu tentang premi dari asuransi yang dipilih. Untuk mendapatkan informasi premi asuransi motor terpercaya, jangan ragu untuk membuka website cekpremi.com.

Sekarang Anda sudah mengenal tentang hak tersebut. Meiliki banyak keunggulan dan biasanya dipakai untuk motor balap. Harga rem yang sangat mahal menjadikan rem ini hanya dipasang pada kendaraan balap atau modifikasi. Semoga ulasan di atas menambah pengetahuan Anda tentang berbagai macam onderdil kendaraan yang tersedia saat ini. Pastikan mobil aman dan terlindungi dengan asuransi dari mitra perusahaan ternama hanya di Cekpremi

REFERENSI:

Kompas

Gridoto

Deltalube