Cara Nyetir Mobil untuk Pemula yang Benar, Aman, dan Nyaman

Oct - 11
2021
cara nyetir mobil

Cara Nyetir Mobil untuk Pemula yang Benar, Aman, dan Nyaman

Last Updated on October 14, 2021 by Andini

Sebelum membahas cara nyetir mobil, tentu Anda harus memenuhi beberapa persyaratan seperti usia lebih dari 17 tahun keatas, membuat surat izin mengemudi (SIM), dan memiliki KTP.

Umumnya, ketika baru pertama kali menyetir mobil pastinya ada rasa panik dan takut menabrak apalagi kalau Anda latihan dengan mobil manual. Perpindahan gigi kerap kali menjadi hal yang membingungkan.

Di bawah ini ada beberapa panduan yang perlu Anda jalankan agar dapat menyetir mobil dengan aman, nyaman serta seru. Dengan latihan yang benar Anda akan bisa mengemudikan mobil dengan lancar dan nyaman.

Pahami Teori dalam Mengemudi

Di saat Anda ingin belajar mengemudi dengan baik, benar dan aman, Anda mesti mengerti  dasar dalam mengemudi sebuah mobil yakni Anda harus bisa menjaga sikap saat sedang berkendara dan memahami pengetahuan dasar tentang teori dalam mengemudi.

Teori mengemudi ini dapat Anda peroleh dari orang yang telah memiliki pengalaman dalam mengemudikan sebuah mobil. Dan patut di perhatikan juga kebiasaan buruk, usahakan untuk jangan memakai ponsel saat menyetir mobil, dikarenakan dapat meningkatkan potensi menabrak.

Adapun teori berkendara yang harus Anda kuasai yakni:

  • Mengenali fitur mobil seperti pedal rem, gas, dan kopling agar tidak salah menginjak
  • Menghafal lampu sign, klakson, dan wiper mobil
  • Perhatikan perpindahan gigi atau perseneling
  • Mengatur posisi duduk senyaman mungkin apabila Anda memiliki posisi tubuh pendek alangkah baiknya posisi kursi mobil dimajukan sedikit
  • Pahami betul cara menghidupkan mobil dan pastikan sebelum Anda mulai menyalakan mobil perseneling dalam posisi netral agar mobil tidak lompat

Selain itu, seandainya Anda mengantuk lebih baik Anda beristirahat dan janganlah dipaksakan untuk belajar menyetir mobil.

Jangan langsung Mengemudi di Jalan Raya

Di saat Anda belum mengusai betul dasar menyetir mobil contohnya (menginjak pedal gas, menginjak kopling, menyetir mobil, mengatur gigi persneling dan hal hal teknis lainya yang berhubungan dengan cara nyetir mobil) maka jangan langsung berkendara dij alan raya.

Alangkah baiknya kuasai terlebih dahulu jalan yang ada ditempat Anda tinggal atau Anda dapat latihan di lapangan yang cukup besar untuk memahami (feeling) mobil Anda. atau bisa juga di jalan komplek yang ada di tempat Anda.

Pastikan rute perjalanan yang selayaknya tidak terlampau sulit dilewati contohnya jangan terlalu memilih jalan yang terlalu sempit, atau terlalu banyak belokan.

Apabila Anda sudah bisa menerapkan secara keseluruhan ujilah mental Anda untuk mengendarai mobil di jalan raya dan jangan lupa untuk belajar parkir.

Jangan Emosi Saat di Kritik

Kritikan serta saran dari rekan, keluarga, teman dekat adalah cara nyetir mobil untuk melihat apakah Anda sudah mahir atau belum.

Saran tersebut bertujuan agar nantinya Anda tak sembarangan dalam mengedarai mobil. Anda harus menerima dengan ikhlas apabila ada masukan, kritikan, ataupun saran. Jadikan semua itu pelajaran dan janganlah cepat emosi terhadap kritikan.

Tentukan Jadwal dan Aturan Sendiri dalam Belajar

Bila Anda ingin bisa dan cepat menyetir mobil, tentukan dan buatlah jadwal serta aturan untuk diri Anda agar Anda bisa lebih cepat mengejar target untuk bisa mengemudikan mobil di jalan.

Apabila Anda bisa mengatur jadwal dengan baik, maka orang yang mengajarkan Anda bisa lebih menyiapkan apa saja yang harus Anda dipelajari.

Dengan demikian, akan lebih cepat dalam belajar mengemudi dan yang pasti menyingkirkan kebiasaan malas.

Cara Menghindari Kerusakan Kopling Khusus untuk Nyetir Mobil Manual

Ada baiknya memang apabila Anda baru saja belajar menyetir mobil, belajarlah dengan mobil transmisi manual. Transisi dari mobil manual ke mobil matic akan lebih gampang dibanding transisi dari mobil matic ke mobil manual.

Masalah yang sering dialami oleh pengemudi mobil manual adalah kopling. Pemula sering kali memasukkan gigi lebih cepat atau terlambat.

Apabila sering terjadi ini bisa menyebabkan kerusakan. Akan tetapi, apabila Anda memiliki pemahaman yang baik tentang di mana titik ganti giginya, serta berapa banyak putaran yang Anda butuhkan untuk melepaskannya, mobil Anda akan lebih aman.

Kedengarannya rumit tetapi Anda akan mengembangkan perasaan alami untuk hal itu dengan latihan.

Tips agar persneling Anda tidak sering ganti adalah jangan menahan kopling ketika sedang berhenti di lalu lintas terlalu lama.  Baiknya Anda berhenti, pasang rem tangan, dan gunakan kopling hanya saat Anda siap untuk melaju.

Kemudian, jangan membiarkan kaki Anda tetap menginjak kopling saat Anda berhenti di lalu lintas karena akan memberi banyak tekanan pada bantalan pelepas kopling, yang dapat menyebabkan kopling cepat aus jika Anda sering melakukannya.

Selanjutnya, perhatikan putaran minimum. Untuk menghindari macet, terutama saat manuver berbukit, banyak pengemudi yang menginjak pedal gas terlalu kencang. Hal ini dapat menyebabkan keausan yang tidak perlu pada pelat kopling.

Untuk mengatasi hal ini, Anda memerlukan jumlah putaran minimum untuk membuat mobil berjalan – dan jika Anda cukup mahir, sebagian besar mobil dapat bergerak tanpa menggunakan pedal gas sama sekali.

Gunakan Asuransi Mobil

Bagi pemula, pastinya ketika belajar mobil, mobil Anda akan lecet dan baret. Untuk itu, lindungilah mobil kesayangan Anda dengan asuransi mobil. Mobil yang lecet dan baret bisa diklaim ke asuransi mobil berjenis all risk, tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam polis.

CekPremi telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi mobil yang dapat Anda pilih di bagian halaman produk asuransi mobil. Pada halaman tersebut, Anda bisa memasukkan data mobil Anda, dan kemudian Anda akan diberikan beberapa pilihan produk asuransi yang cocok untuk mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi