Biaya Cat Velg Mobil dan Cara Perawatannya

cat pelek

Artikel ini akan membahas tentang biaya cat velg mobil. Salah satu bagian penting dari mobil yang jarang diperhatikan adalah merawat velg. Padahal, bagian ini penting karena menopang roda-roda mobilmu. Alangkah baiknya jika kamu merawat velg dengan benar. Tujuannya, supaya velg tetap awet dan tampilan mobil kamu jadi lebih segar. Untuk itu, kamu perlu mengetahui biaya cat velg mobil dan cara merawatnya. Simak infonya di bawah ini.

Biaya cat velg

Untuk jumlah, biasanya jasa professional membagi tarif mereka untuk mengecat ban 4 pc atau hanya 2 pc. Besaran diameter velg yang kamu miliki juga mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan.

Mobil per 4 Pc

UkuranHarga
Ring 14Rp 550.000
Ring 15Rp 725.000
Ring 16Rp 850.000
Ring 17Rp 1.000.000
Ring 18Rp 1.250.000
Ring 19Rp 1.400.000

Mobil per 2 Pcs

Ukuran VelgHarga
Ring 12Rp 325.000
Ring 14Rp 425.000
Ring 17Rp 650.000
Ring 18Rp 750.000

Biaya Cat dan Servis

Jika kondisi velg kamu tidak bagus, tentu kamu juga harus mereparasi sebelum melakukan cat. Berikut ini adalah kisaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan repair sekaligus cat velg.

  • Velg penyok bagian sekitar Rp 250.000.
  • Velg retak sisi luar sekitar Rp 375.000.
  • Velg penyok bagian luar dan dalam berkisar Rp 450.000.
  • Velg retak sisi dalam sekitar Rp 350.000.

Merawat Cat Velg Mobil

Cara merawat cat velg mobil sebenarnya cukup mudah. Untuk, menghindari dari debu dan kotoran sebaiknya kamu rutin membersihkan velg mobil. Dengan membersihkan velgsecara berkala membuat catnya tidak mudah kusam. Kotoran dari jalanan yang menempel pada velg dapat merusak dan memudarkan warnanya. Bila didiamkan, kotoran ini dapat menjadi jamur yang akan merusak lapisan permukaan cat velg.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tekanan angin ban sebelum berkendara. Keadaan ban yang kekurangan angin, membuat cat velg cepat rusak catnya. Apalagi jika jalan yang dilewati adalah jalur offroad. Ketika kondisi tekanan angin ban kurang, velg bisa penyok. Tentu kamu akan mengeluarkan biaya lebih untuk membetulkannya.

Jika tetap ingin mengecat sendiri, pilihlah warna dasar yang bagus. Pemilihan bahan dasar cat yang bagus akan mempengaruhi tingkat kualitas dan keawetan cat pada velg. Selain itu, jika ingin menggunakancar care sebaiknya hindari dari bahan yang keras yang mengandung asam atau acid. Pakai cairan atau pasta poles biasa juga sudah cukup melindungi dan membuat cat pada pelek tetap kinclong. Kalau mau proteksi lebih, kamu bisa melakukan coating dengan efek water repellent supaya air enggak menempel pada velg.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jangan mencuci velg saat dalam keadaan panas karena bisa memunculkan pertumbuhan jamur yang akan merusak. Namun, yang paling penting dari itu semua adalah menyesuaikan selera dan budget. Tidak perlu mahal, kecocokan cat velg dengan tampilan mobil bisa memberikan daya tarik tersendiri. Kamu juga bisa merawat catnya dengan mudah di rumah.

Asuransi Mobil Pilihan

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech, Mega Insurance, dan Staco Mandiri.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak diantaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam, ),Banjir, TJH , Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Biaya Cat Velg Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah velg mobil bisa dicat?” answer-0=”Kamu dapat mengecat velg mobil sesuai dengan kondisi mobil dan kemampuan dompet. Perawatan velg mobil juga perlu diperhatikan agar tidak perlu mengecat dan memperbaiki velg berulang-ulang. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa biaya cat mewarnai velg mobil?” answer-1=”Biaya mengecat velg berkisar Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 2,5 juta tergantung ukuran velg, warna dan jenis cat yang digunakan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]