Cara Alami Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan saat naik mobil adalah kondisi yang tidak diinginkan terjadi kepada sebagian orang. Kondisi tersebut dapat membuat ketidaknyamanan dan membuat kita tidak dapat menikmati perjalanan yang kita tempuh. Mabuk perjalanan adalah kondisi dimana otak tidak dapat memproses informasi yang diterima pada saat melakukan perjalanan, kondisi ini umumnya terjadi pada saat berkendaraan dengan mobil, bus, kereta api, pesawat, dan kapal laut. Sebagai contoh, saat di dalam kendaraan, mata seakan melihat benda atau pepohonan seakan bergerak sedangkan otot dan sendi merasa bahwa tubuh diam dan tidak bergerak. Kondisi inilah yang membuat seseorang dapat mabuk perjalanan karena otak tidak dapat memproses informasi apakah tubuh diam atau bergerak. Mabuk perjalanan biasanya berupa pusing atau mual saat berkendara. Kemudian, orang yang mengalami mabuk perjalanan juga muntah.

Ada beberapa faktor yang meningkatkan terjadinya mabuk perjalanan, yaitu:

  1. Usia (anak – anak/orang lanjut usia).
  2. Sedang mengalami migrain / sakit kepala.
  3. Sedang mengalami perubahan hormonal karena penggunaan pil KB, menstruasi, dan atau kehamilan.
  4. Memiliki riwayat mabuk perjalanan atau vertigo.
  5. Kurang istirahat.
  6. Makan dan minum berlebihan ketika hendak melakukan perjalanan.

Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa cara yang dapat Kamu lakukan agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil. Berikut penjelasan lebih rinci yang akan kita bahas dalam artikel ini.

  1. Makan Jahe atau Permen Mint

Mengkonsumsi teh jahe atau air yang direndam dengan mint dapat membantu mencegah dan meredakan gejala mabuk perjalanan seperti mual dan muntah. Jahe dan daun mint memberikan aroma dan rasa yang menenangkan. Jika Kamu rentan terhadap mabuk perjalanan, pertimbangkan untuk membeli permen jahe atau mint untuk meringankan gejala Kamu.

  1. Ubah Posisi Tubuh

Saat Kamu duduk menghadap ke belakang atau ke samping, mabuk perjalanan lebih mungkin terjadi. Akibatnya, cobalah duduk dengan menghadap ke depan. Ini dapat membantu meringankan gejala mabuk perjalanan Kamu.

  1. Jangan Makan Terlalu Kenyang

Kondisi perut harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan. Penting untuk mengisi perut Kamu sebelum pergi, tetapi jangan berlebihan. Dikarenakan, guncangan mobil bisa membuat pusing dan mual. Oleh sebab itu mabuk perjalanan dapat terjadi akibat kondisi ini.

  1. Ngemil dan Minum Air Mineral

Saat Kamu merasa mual di perjalanan, Kamu harus minum air mineral. Karena saat Kamu muntah, tubuh Kamu akan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Dimungkinkan untuk memulihkan kondisi tubuh dengan minum air mineral yang cukup. Makanan ringan juga dapat membantu mengisi perut yang kosong sambil menghindari mual atau muntah.

  1. Hindari Membaca dan Bermain Gadget

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mabuk perjalanan terjadi karena otak tidak dapat memproses informasi dengan baik, sehingga otak menganggap ada yang salah dengan kondisi tubuh kita dan membuat otak panik. Lantas mengapa membaca dan bermain gadget dapat menyebabkan mabuk ? Hal ini karena otak yang sedang panik justru tidak bisa diperintahkan untuk fokus. Contoh sederhana yang sering terjadi adalah jika kita mabuk darat, cara menanggulanginya cukup dengan melihat keluar jendela. Dengan melihat ke arah luar jendela, otak kita bisa mengerti jika kita dalam keadaan bergerak, dan itu bisa menenangkan kepanikan otak. Karena jika kita justru memaksa otak untuk tetap fokus, otak akan mengira ada yang salah terjadi pada kita.

  1. Menghirup Aroma Terapi

Mabuk perjalanan dapat dihilangkan melalui penggunaan aromaterapi atau minyak angin. Minyak atsiri seperti lavender, lemon, dan minyak kayu putih, serta rempah-rempah seperti kapulaga dan adas, dapat digunakan untuk menciptakan aroma dan pilihlah aroma yang Kamu sukai.

  1. Memejamkan Mata dan Istirahat Sejenak

Menutup mata dan bernapas perlahan dapat membantu Kamu mengatasi mabuk perjalanan. Saat Kamu mengemudi, Kamu dapat membuka jendela dan menghirup udara segar dalam hitungan menit. Tidak hanya itu, saat melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Kamu beristirahat sejenak. Saat turun dari mobil, Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar rest area untuk menghirup udara segar.

Itulah beberapa cara untuk mencegah agar tidak mabuk saat Kamu melakukan perjalanan. Kamu juga dapat mengatasi mabuk dengan meminum obat anti mabuk, sebelum atau saat gejala muncul. Namun, obat ini sebaiknya diminum 1–2 jam sebelum melakukan perjalanan. Seperti yang kita ketahui bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati mari mulai menggunakan asuransi seperti asuransi kesehatan atau asuransi perjalanan. Asuransi dapat menjadi jaminan atas kerugian yang kamu alami. Yuk kunjungi cekpremi untuk mengetahui lebih jelas mengenai asuransi dan dapatkan promonya.

Pertanyaan Seputar Mabuk Perjalanan?

Masih banyak dari kamu yang bertanya mengenai mabuk perjalanan. Berikut pertanyaan yang sering kali ditanyakan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah mabuk perjalanan bisa hilang sendiri?” answer-0=”Gejala mabuk perjalanan umumnya bukanlah gejala permanent. Gejala tersebut bisa hilang dengan sendirinya setelah kita terbiasa dengan situasi. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Kenapa muntah mabuk perjalanan?” answer-1=”Mabuk perjalanan adalah kondisi dimana otak tidak dapat memproses informasi yang diterima pada saat melakukan perjalanan, kondisi inilah yang membuat seseorang dapat mabuk perjalanan karena otak tidak dapat memproses informasi apakah tubuh diam atau bergerak. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]