Muncul Benjolan di Bibir tapi Tidak Sakit? Kenali Penyebabnya

benjolan di bibir tapi tidak sakit

Muncul benjolan di bibir tapi tidak sakit? Rasa panik tentu akan muncul. Meskipun tidak ada rasa nyeri atau perih seperti sariawan Anda harus tetap waspada. Untungnya masalah ini masih bisa ditangani sendiri sebelum periksa ke dokter.

Supaya tidak salah dalam penanganan, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Karena ada banyak penyebab dengan cara mengatasi yang berbeda harus diketahui. Yuk langsung saja simak apa saja penyebabnya. 

Penyebab Munculnya Benjolan di Bibir tapi Tidak Sakit

Adanya benjolan pada bibir menimbulkan aktivitas harian menjadi tidak nyaman. Khususnya untuk benjolan yang terlihat langsung atau berada di bagian luar bibir. Rasa percaya diri akan turun, khususnya wanita akan kesulitan menggunakan lipstik. 

Penyebab benjolan di bibir tapi tidak sakit bisa terdiri dari banyak hal. Berikut ini beberapa penyebab yang mungkin saja sedang Anda alami. 

1. Mucocele 

Mukokel merupakan benjolan yang terjadi pada bibir bagian dalam. Warnanya sama dengan lapisan kulit bibir dalam namun ada juga yang warnanya merah kebiruan. Penyebab dari mukokel adalah duktus yang tersumbat. 

Duktus merupakan saluran air liur yang menyalurkan dari kelenjar air liur. Duktus bisa saja tersumbat karena kondisi trauma. Contohnya tidak sengaja tergigit atau terkena ujung sikat gigi terlalu keras. Oleh karena itu akan terjadi pembengkakan. 

Memiliki kebiasaan menggigit akan memicu terjadinya pembengkakan. Begitu juga dengan tindik di bagian bibir atau gigi tajam yang menusuk bagian bibir dalam. Tidak hanya bibir, mucocele juga bisa muncul di bagian pipi dalam. 

Secara umum mukokel bukanlah benjolan di bibir dalam yang berbahaya. Sehingga akan hilang dengan sendirinya. Kecuali jika benjolan tersebut membesar dan tumbuh maka diperlukan bantuan secara medis. 

  1. Fordyce Spot 

Benjolan di bibir tapi tidak sakit selanjutnya disebut dengan Fordyce Spot yaitu bintik kecil dengan warna putih kekuningan. Letaknya ada di tepi bibir namun ada juga di bagian dalam pipi. Kemunculan Fordyce Spot ini sering memicu kekhawatiran namun tidak perlu bingung karena benjolan ini tidak berbahaya. 

Disebut juga dengan Fordyce Granule, benjolan ini tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak menular. Biasanya akan hilang sendiri dan membutuhkan waktu. Anda harus bersabar untuk menunggunya hilang secara alami. 

Namun jika Fordyce Spot ini tak kunjung hilang juga maka dokter akan mengambil langkah khusus untuk mengatasinya. Sehingga penampilan bisa tetap terjaga dan mengembalikan kepercayaan diri. 

  1. Fibroma 

Fibroma adalah salah satu jenis tumor jinak yang dapat muncul di bagian bibir atau gusi. Benjolan tidak menimbulkan rasa sakit sehingga perlu diwaspadai. Penyebab dari Fibroma bisa karena konsumsi makanan yang kurang sehat. 

Tumbuhnya jaringan jinak yang mirip tumor ini akan nampak kecil dan bulat. Warnanya merah keunguan dengan tekstur yang cukup keras. Perlu diperhatikan karena termasuk kategori tumor jinak maka tidak akan hilang dengan sendirinya. 

Beberapa kasus forbima yang tidak mengganggu aktivitas harian dan tidak tumbuh semakin besar boleh dibiarkan saja. Lebih baik untuk konsultasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut. 

  1. Hemangioma

Ada juga benjolan di bibir tapi tidak sakit yang sering dirasakan oleh anak anak disebut dengan Hemangioma. Benjolan yang muncul ini merupakan tumor jinak yang memiliki warna kebiruan atau keunguan. Selain di bagian bibir, juga sering muncul di kulit kepala, punggung hingga wajah. 

Saat anak berusia 10 tahun, Hemangioma biasanya akan hilang sendiri. Soal penyebab Hemangioma masih belum diketahui pasti namun ada dugaan bahwa muncul karena faktor genetik. Selama tidak menimbulkan komplikasi seperti pendarahan, Hemangioma biasanya tidak berbahaya. 

Baik itu benjolan di bibir atas bagian dalam hingga luar tidak boleh disepelekan. Bahkan ketika tidak muncul rasa sakit sekalipun bukan berarti tidak menimbulkan bahaya di masa depan. Kecuali setelah periksa dokter menyarankan untuk membiarkannya. 

Cara Mengatasi Benjolan yang Muncul di Bibir 

Rasa panik yang muncul karena benjolan ini mungkin akan dialami. Namun ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi benjolan tersebut. 

1. Tidak Memencet atau Mencungkil 

Seringkali tidak sabar atau merasa terganggu dengan benjolan di bibir atas bagian luar  Anda pun memencet bahkan mencungkil benjolan. Mengingat rasa yang terganggu tersebut mirip dengan jerawat. Sayangnya langkah tersebut salah. 

Meskipun benjolan tidak sakit dan dokter tidak menyarankan apapun, tapi jangan sekali-kali untuk memencet apalagi mencungkilnya. Hal tersebut akan membuat benjolan semakin besar bahkan terjadi infeksi. 

2. Menyikat Gigi dan Membersihkan Mulut Teratur 

Kebersihan mulut harus terus dijaga supaya benjolan yang muncul tidak terinfeksi bakteri. Menyikat gigi teratur pagi dan sore serta sesudah makan bisa jadi cara mengatasi yang efektif. 

Pastikan saja sikat gigi yang digunakan memiliki bulu lembut serta pasta gigi mengandung fluoride. Kebersihan mulut juga bisa dijaga dengan kumur air garam atau obat antiseptik. 

Cara-cara ini setidaknya bisa menghindari benjolan tumbuh menjadi lebih besar. Begitu juga dengan mencegah munculnya benjolan yang termasuk tumor jinak. 

3. Operasi Kecil 

Kehadiran benjolan di bibir tapi tidak sakit di bagian luar akan sangat mengganggu penampilan. Baik itu benjolan yang sudah berukuran besar atau kecil bisa langsung dihilangkan melalui operasi kecil. 

Dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengangkat dan menghilangkan benjolan. Baik itu yang berupa mukokel sampai dengan Hemangioma. 

4. Mengikuti Terapi Laser 

Cara menghilangkan benjolan yang lainnya adalah melalui terapi laser. Terapi ini akan menghilangkan jenis benjolan mukokel hanya dengan menembakkan sinar laser langsung. Mengingat namanya adalah terapi maka harus rutin untuk melakukannya. 

Terapi ini juga harus dilakukan oleh orang di bidangnya. Jadi pastikan untuk mendapatkan rujukan tempat terapi yang bagus dari dokter. 

5. Cryotherapy 

Selain laser, ada juga terapi lain yaitu cryotherapy yang bertujuan untuk membekukan benjolan. Sehingga nantinya benjolan tersebut akan lebih mudah untuk diangkat atau hilang dengan sendirinya. 

Cara ini juga akan menghambat pertumbuhan benjolan sehingga tidak menjadi potensi yang berbahaya di masa depan. Lama tidaknya tergantung dengan ukuran dan tingkat kekerasan dari benjolannya. 

Selama yang muncul adalah benjolan di bibir tapi tidak sakit Anda masih bisa bernafas lega. Semua jenis benjolan tersebut masih masuk kategori aman sehingga akan hilang dengan mudah.  Pentingnya kita menjaga kesehatan agar aktifitas yang kita jalani tidak terganggu. Proteksikan diri Anda dengan membeli asuransi di Cekpremi.

Sumber: 

Alodokter

SehatQ

Kontan

Alodokter