Intercooler, Komponen Penting pada Mobil Bermesin Turbo

Salah satu jenis mesin yang digunakan pada mobil adalah mesin turbo. Pada kendaraan bermesin turbo, ada satu komponen yang cukup penting yakni intercooler.

Namun banyak juga yang menyebut bahwa pemakaian alat satu ini hanyalah untuk bergaya. Tetapi ternyata tidak, intercooler memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri pada mobil bermesin turbo.

Lalu apa peran dan manfaat dari intercooler? Sebelum mengetahuinya, ada baiknya untuk mengenal pengertian, cara kerja, hingga pemeliharaan komponen ini.

Apa Itu Intercooler?

Intercooler adalah sebuah komponen untuk mendinginkan udara yang dihasilkan oleh mesin turbo sebelum dimasukkan ke dalam ruang bakar.

Bentuk alat ini mirip dengan radiator mobil, hanya saja fungsinya berbeda. Fungsi radiator adalah mendinginkan air, sementara intercooler untuk menyejukkan udara sehingga dilengkapi dengan celah atau kisi-kisi pendinginan.

Letak intercooler pada sebuah mobil perlu berada di jalur udara bebas. Biasanya berlokasi di dua tempat; di balik bumper depan kendaraan, yakni berendeng kondensor AC, radiator dan paling depan adalah intercooler.

Posisi kedua terdapat di balik kap mobil atau di atas mesin mobil. Tempat yang kedua merupakan lokasi termudah dalam hal perawatannya.

Cara Kerja Intercooler

Cara kerjanya dengan mendinginkan udara terkompresi yang dihasilkan oleh mesin turbo. Yang mana semulanya udara bersuhu panas atau bersuhu tinggi, kemudian panas tersebut dialirkan ke kisi-kisi intercooler.

Udara yang mengalir akan didinginkan oleh hembusan angin yang melewati kisi-kisi komponen. Melalui proses ini udara yang semula panas akan menjadi dingin.

Partikel udara yang telah didinginkan ini menjadi lebih padat. Ketika udara ini dimasukkan ke dalam ruang bakar, kompresi yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan udara yang tidak didinginkan oleh intercooler.

Kegunaan Intercooler Pada Mesin Turbo

Karena udara bersuhu sejuk yang dihasilkan intercooler membuat kompresi mesin turbo menjadi tinggi, menyebabkan efisiensi bahan bakar yang meningkat.

Mesin mobil pun menghasilkan sedikit gas buangan karena kompresi tinggi tersebut dan proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Hal tersebut membuat tak bersisanya bahan bakar yang tidak terpakai karena kebutuhan oksigen pada mesin ketika proses pembakaran tercukupi.

Intercooler menjadikan mesin turbo memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:

1. Tenaga Bertambah

Membuat tenaga mesin menjadi lebih kuat, penggunaan turbo bisa menghemat bahan bakar. Hal itu dikarenakan sisa pembakaran dimanfaatkan kembali di ruang bakar.

2. Ramah Lingkungan

Mesin turbo juga menjadi ramah lingkungan. Sebab intercooler membuat sirkulasi udara dalam mesin cukup banyak sehingga proses pembakaran lebih maksimal.

3. Minim Kebisingan

Suara bising yang dihasilkan kendaraan berkurang, dan menjadikan suara mesin lebih halus.

Perawatan Intercooler

Untuk perawatan mendetail, kamu bisa membawa kendaraanmu ke bengkel terpercaya dan akan dilakukan pemeliharaan oleh tenaga profesional.

Kamu juga bisa merawatnya secara pribadi di rumah. Dengan melakukan pengecekan selang sambungan antara pipa turbo dan intercooler. Lantaran udara yang bersuhu tinggi, sambungan pada alat ini bisa saja bocor.

Selanjutnya kisi-kisi intercooler dibersihkan pula. Sebab posisinya terletak di bawah, komponen rentan tertempel atau dimasuki debu, kerikil, juga kotoran saat mobil melaju.

Perawatan dilakukan agar kinerja intercooler dapat maksimal sehingga performa mesin juga baik.

Pemeliharaan mobil bukan hanya pada intercooler nya saja, melainkan menyeluruh. Dengan asuransi mobil, kendaraanmu akan dapat perlindungan ekstra. Bukan hanya dalam hal perawatan, tetapi dalam jaminan kerugian dari hal-hal yang bisa saja menimpa.

Misalnya, kecelakaan atau pencurian. Kamu bisa dapatkan jaminan ganti rugi dari kejadian tersebut dari mengasuransikan mobilmu.

Kunjungi Cekpremi sekarang untuk pembelian asuransi mobil terbaik dan aman. Raih cashback melimpah dari pembelian produk pertamamu!

Pertanyaan Seputar Intercooler

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa bedanya fungsi intercooler dan radiator? ” answer-0=”Fungsi radiator adalah mendinginkan air, sementara intercooler untuk menyejukkan udara. Komponen intercooler dilengkapi celah atau kisi-kisi pendinginan. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Kenapa udara dalam mesin harus didinginkan? ” answer-1=”Udara yang masuk ke mesin harus dingin, tidak boleh panas. Suhu udara sejuk yang masuk akan memberikan molekul udara yang lebih baik, sehingga kinerja mesin jadi lebih stabil. Tugas intercooler inilah yang membantu suhu mesin agar bisa terkontrol dengan baik. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]