Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor Agar Tidak Oleng dan Jatuh

Aug - 10
2021
belajar naik motor

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor Agar Tidak Oleng dan Jatuh

Mengendarai motor merupakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang senang melihat pemandangan dan semilir angin jalanan. Tak jarang, bagi sebagian orang, mengendarai motor untuk keliling kompleks atau berkendara tanpa tujuan bisa menjadi salah satu cara healing yang efektif. Terutama ketika serang merasa jenuh, bosan, dan butuh inspirasi. Tentunya untuk berkendara motor, Anda harus mengetahui cara belajar keseimbangan naik motor.

Meskipun menyenangkan, mengendarai sepeda motor memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan mengendarai mobil. Tidak hanya soal keamanan dari begal, keamanan berkendara dari tingkat keahlian pengemudi juga sangat penting. Sehingga diperlukan keahlian khusus untuk bisa mengendarai motor dengan mahir. Dan menjadi hal wajib untuk menguasai cara mengendarai motor bagi Anda yang senang berkendara di area yang menantang.

Untuk menikmati berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, banyak pengendara motor yang mengalami kecelakaan tungga. Yakni peristiwa yang terjadi ketika pengendara kehilangan kendali dan tidak bisa menjaga keseimbangan. Maka, penting sekali bagi para pengendara motor untuk memahami apa itu safety riding.

Kali ini, kita akan membahas mengenai cara belajar keseimbangan naik motor agar Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman, tanpa perlu was-was karena meragukan kemampuan berkendara. Faktor utama keselamatan berkendara sepeda motor dari sisi pengendara adalah kemampuan menjaga keseimbangan agar tidak sampai kehilangan kendali.

Hilang kendali biasa disebabkan karena pengendara hilang keseimbangan, dimana pengendara gagal dalam menyeimbangkan posisi tubuh dengan motor sehingga terjadilah hilang kendali. Ada banyak hal sebenarnya yang menyebabkan pengendara hilang kendali.

  • Melaju dengan kecepatan tinggi tentu akan menyulitkan Anda menjaga keseimbangan
  • Tidak tahu kondisi jalan tersebut
  • Hilangnya konsentrasi.

Setelah mengetahui penyebab motor hilang kendali tentu Anda bisa lebih berhati-hati dalam berkendara. Berikut merupakan cara belajar keseimbangan naik motor agar tidak hilang kendali

Cara Belajar Keseimbangan Naik motor

cara belajar keseimbangan naik motor

Menjaga Kecepatan

Berkendara dengan kecepatan tinggi sudah bisa dipastikan dapat menyebabkan motor oleng. Sebaiknya Anda mulai belajar menjaga keseimbangan naik motor dengan cara mengendalikan kecepatan Anda saat berkendara. Tentu Anda juga akan merasa risih saat melihat pengendara lain melaju dengan kecepatan tinggi bukan?

Dengan berkendara menggunakan kecepatan tinggi tentu akan membuat Anda sulit dalam menjaga keseimbangan. Sehingga berkendara dengan kecepatan tinggi akan sangat berisiko hilang kendali yang sangat besar.

Perlu Anda ingat bahwa segala rambu lalu lintas yang ada dibuat bukanlah tanpa alasan. Rambu lalu lintas dibuat memang untuk menjaga keselamatan berkendara. Terlebih saat Anda berjalan di daerah yang tidak tahu bagaimana medannya. Dengan kondisi ini mending Anda mencari aman dengan melaju menggunakan kecepatan sedang atau rendah dan selalu menjaga jarak dan kecepatan Anda.

Periksa Kondisi Motor Sebelum Berkendara

Kondisi kendaraan yang baik bisa membuat kendaraan lebih stabil saat digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa pentingnya untuk selalu memeriksa kendaraan sepeda motor Anda secara berkala sebelum berkendara. Selain untuk merawat kendaraan sepeda motor Anda, memeriksa kondisi motor secara berkala dapat menjaga keamanan Anda dalam berkendara.

Beberapa orang mungkin meremehkan hal ini, padahal memeriksa kondisi sepeda motor sebelum  berkendara bukanlah hal yang merugikan justru keselamatan Anda dalam berkendara dapat terjaga. Bagaimanapun kondisi motor yang baik akan lebih mudah dikendalikan.

Berkendara Dengan Kondisi Fit

Hal penting lainnya adalah jangan lupa untuk menjaga kesehatan Anda agar senantiasa sehat saat akan berkendara. Hindari berkendara saat sedang kelelahan. Banyak kecelakaan yang disebabkan karena kelelahan. Itu sebabnya mengapa Anda tidak diperbolehkan berkendara dalam kondisi tubuh yang tidak fit. Jika Anda berkendara dengan kondisi tubuh yang tidak fit maka akan mengganggu performa Anda dalam berkendara. Akibatnya Anda akan kehilangan konsentrasi berkendara.

Jika Anda merasa lelah maka sebaiknya istirahatkan tubuh Anda sejenak, kemudian Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan jika sudah merasa lebih baik. Dengan demikian maka konsentrasi Anda dalam berkendara bisa lebih lebih terarah.

Itulah tips dan cara belajar keseimbangan naik motor agar Anda tidak hilang kendali saat menikmati waktu bersama motor kesayangan. Selain 3 hal tersebut, Anda juga perlu mengetahui rute berkendara dan kondisi lintasan atau jalanan yang akan dilalui. Untuk menambahkan rasa aman saat berkendara, Anda juga bisa menambahkan opsi asuransi untuk Anda dan kendaraan Anda. Temukan info menariknya hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *