7 Inspirasi Cara Menata Bunga di Teras Rumah, Biar Makin Adem!

cara menata bunga di teras rumah

Sejak pandemi covid-19 mulai merambah dan meramaikan jagad sosial kehidupan di Indonesia, aktivitas manusia berubah. Bekerja dan sekolah dilakukan di rumah. Apalagi dengan pemberlakuan peraturan PPKM oleh pemerintah yang membuat peraturan semakin ketat.

Melakukan semuanya di rumah dengan pembatasan bepergian bisa menimbulkan rasa bosan bagi sebagian besar orang. Banyak orang menemukan kegiatan menarik baru yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi kebosanan. Salah satunya dengan memelihara tanaman atau bunga. Nah, tidak boleh asal, Anda perlu tau cara menata bunga di teras rumah juga lho.

7 Inspirasi Cara Menata Bunga di Teras Rumah

teras rumah minimalis

1. Mengkategorikan Tanaman

Cara menata bunga di teras rumah yang pertama adalah dengan menyamakan satu jenis tanaman sehingga tanaman tampak serasi dan terlihat sangat estetik. Satu sisi teras yang terisi penuh dengan tanaman lidah mertua kuning dan satu sisi dengan tanaman jenis kaktus dan aglaonema. Simpel dan menarik, pemilik juga menyamakan media tanaman dengan pot warna putih minimalis untuk kesan yang lebih ciamik.

2. Menggunakan Rak Khusus Tanaman Hias

Rak khusus tanaman hias juga lumayan efektif untuk memamerkan pot bungamu yang cantik. Cara ini sangat efektif untuk membuat teras di rumah anda tampil cantik dan lebih menawan. Anda juga bisa mengatur penataan rak bunga ini dengan susunan yang sejajar agar terlihat lebih rapi. Pastikan juga, penataan bunga di teras mendapat asupan cahaya lebih maksimal.

3. Membuat Vertikal Garden

Cara selanjutnya untuk menata bunga di teras rumah adalah dengan membuat mini vertical garden. Memanfaatkan space dinding yang cukup luas, teras ini memilih tanaman gantung untuk dekorasinya. Meski sederhana, teras rumah ini tampil cantik dan lebih terbuka. Dengan begitu anda tak perlu khawatir akan sinar matahari untuk asupan tanaman ini agar tumbuh subur.

Baca juga: Butuh Ide Desain Rumah Nyaman dan Instagramable? Ini Pilihannya!

4. Letakkan di Samping Pintu Masuk

Selanjutnya, Anda juga bisa meletakkan pot bunga di area dekat pintu masuk untuk memberi kesan penyambutan. Anda bisa menggunakan rak tiang untuk meletakkan bunga di area dekat pintu masuk. Selain itu, usahakan untuk memilih jenis tanaman yang ramping dan memberi kesan seperti penyambutan.

5. Hiasi Area Duduk dengan Tanaman

Cara selanjutnya yang tak kalah menarik adalah dengan memberi sentuhan tanaman hias di area duduk. Anda bisa meletakkannhya di sebelah kanan, kiri, maupun di atas meja. Jika Anda ingin variasi lain, Anda bisa menggantungkan tadaka tempel untuk efek hutan tropis.

6. Taman Estetik di Pojok Teras

Anda perlu menggabungkan semua jenis peletakan, di mana ada tanaman yang di lantai, di meja, di rak susun, di rak dinding, hingga menembel di dinding sama sekali. Lalu beri beberapa dekorasi tambahan.

7. Manfaatkan Rak Sepatu Bekas

Anda punya rak sepatu tak terpakai? Cukup cat dengan beragam warna lalu letakkan pot-pot mini di sana. Rak sepatu bekas bisa menjadi alternatif Anda dalam menyediakan rak tanaman hias. Dengan kreativitas, rak sepatu bekas bisa menjadi rak tanaman hias yang estetik. Untuk pot besar, Anda bisa meletakkannya di atas lantai dan beri karpet hijau di bawahnya untuk memvisualkan rerumputan hijau.

Manfaat Memelihara Tanaman di Rumah

1. Memberikan akses udara segar dan membantu mengurangi polusi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa tumbuhan mampu menyerap karbon dioksida dan menyaring udara sehingga kita bisa menghirup udara yang lebih sehat.

2. Menambah keindahan rumah.

Tanaman hias yang diatur dengan baik di rumah bisa menambah keindahan tata ruang rumah. Keindahan rumah juga bisa membangkitkan energi positif bagi para penghuninya. Tanaman hias di rumah biasanya diletakkan di tempat-tempat yang mudah dilihat seperti di teras rumah.

Nah, itu tadi cara menata bunga di teras rumah. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Mau Rumah Makin Sejuk? Ini 10 Ide Tanaman Hias Untuk Taman yang Recommended!