Terapkan 7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta

Aug - 10
2021
cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 3 juta

Terapkan 7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta

Membeli rumah sedari dulu merupakan jenis investasi yang paling menguntungkan, mengingat harga rumah dari tahun ke tahun terus naik. Harga rumah yang cukup mahal membuat sebagian orang mengurungkan niatnya untuk membeli rumah. Bagi kalian yang memiliki penghasilan 3 juta, tidak perlu khawatir simak cara menabung yang baik dan benar di artikel ini!

7 cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 3 juta

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan agar impian untuk membeli rumah cepat tercapai:

1. Alokasikan 30% dari pendapatan khusus untuk DP rumah

Jika kalian benar-benar serius untuk membeli rumah, maka kami sarankan untuk menyisihkan 30% dari pendapatan kalian setiap bulannya khusus untuk dana beli rumah. Mau tidak mau kalian harus mengorbankan dana jajan agar impian membeli rumah segera tercapai.

2. Pilih daerah yang agak jauh dari pusat kota

Harga rumah di pusat kota sudah melambung tinggi, maka dari itu kalian harus mencari rumah di daerah pinggiran kota seperti Depok, Bogor, Bekasi, dan juga Tangerang (jika kalian tinggal di daerah Jabodetabek). Harga rumah di daerah pinggiran biasanya lebih murah.

3. Pilih program KPR yang sesuai dengan kemampuan finansial kalian

Jika DP sudah terkumpul, maka tiba saat nya untuk mencari program KPR yang cocok bagi kalian. Usahakan agar cicilan setiap bulannya tidak melebihi dari 30% gaji kalian ya! Hal ini dilakukan agar kalian masih bisa menyimpan sedikit gaji kalian untuk dana darurat.

4. Pilih cicilan dengan tenor panjang

Cicilan dengan tenor panjang biasanya memiliki besaran cicilan yang lebih murah dan tidak memberatkan. Kalian bisa memilih tenor hingga 36 tahun loh! Namun perhitungkan juga fluktuasi suku bunga tiap tahunnya ya!

Baca juga: Memahami Pentingnya AJB Tanah dalam Proses Jual Beli Rumah

5. Beli rumah subsidi

Bagi kalian yang memiliki penghasilan pas-pasan maka kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah subsidi. Rumah subsidi adalah rumah yang dibuat khusus oleh pemerintah untuk masyarakat yang penghasilannya pas-pasan. Harga rumah subsidi sendiri berkisar antara 120 juta -140 juta.

6. Jika memungkinkan pilih instrumen investasi yang aman dan menguntungkan

Mengingat menabung tidak memberikan imbal lebih, maka kalian bisa mempertimbangkan deposito, emas dan juga reksadana agar uang terkumpul lebih cepat. Ketiga instrumen tersebut bisa memberikan keuntungan lebih bagi kalian biasanya untung yang didapat berkisar 2-3% per tahunnya.

Baca juga: Rincian Biaya Notaris Jual Beli Rumah di Tahun 2021

7. Terus konsisten dalam menabung

Rumah tidak akan bisa terbeli jika kalian tidak konsisten dalam menabung, pastikan agar uang terus ditabunga agar impian membeli rumah semakin cepat terwujud. Konsisten adalah kuncinya.

 

Berikan perlindungan kepada aset properti kalian!

asuransi properti cekpremi

Properti merupakan sebuah aset yang berharga, oleh karena itu pastikan aset properti kalian terhindari dari segala resiko kerusakan yang mungkin terjadi dengan perlindungan asuransi properti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi
banner asuransi covid