5 Cara Cek Saldo Asuransi AIA dan Tahapan Pengajuan Klaimnya

Sep - 30
2021
cara cek saldo asuransi aia

5 Cara Cek Saldo Asuransi AIA dan Tahapan Pengajuan Klaimnya

Last Updated on October 3, 2021 by Andini

Dewasa ini, kebutuhan masyarakat akan asuransi semakin meningkat. Tak pelak, pertumbuhan dunia asuransi mengalami perkembangan yang pesat. Salah satu perusahaan asuransi yang memiliki nasabah cukup banyak adalah AIA. Kendati demikian, masih ada nasabah yang belum mengerti bagaimana cara cek saldo asuransi AIA, pun cara mengklaim dana asuransi.

Mengetahui cara cek dan klaim asuransi tentunya menjadi penting untuk memudahkan Anda manakala sedang membutuhkan “pertolongan” dari dana asuransi. Nah, bagaimana cara mengecek saldo asuransi AIA berikut cara klaimnya? Simak informasi berikut ini, yuk!

Cara Cek Saldo Asuransi AIA

Untuk mengetahui saldo asuransi AIA, Anda, salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia ini memfasilitasinya dengan sejumlah opsi, yaitu sebagai berikut:

1. Cara Cek Saldo Asuransi AIA Lewat Kantor Cabang

Anda bisa menggunakan cara konvensional untuk melakukan pengecekan saldo asuransi, yakni dengan mendatangi kantor cabang AIA secara langsung. Ya, kendati memakan waktu dan tenaga, nyatanya cara ini masih cukup diminati oleh sebagian nasabah dengan alasan lebih aman dan memuaskan.

Sayangnya, fasilitas kantor cabang ini tidak tersedia di semua wilayah Indonesia, melainkan hanya di beberapa kota-kota besar seperti:

  • Kantor Cabang AIA Jakarta: AIA Tower, Jl. Jendral Sudirman Kav. 48A, Jakarta Selatan
  • Kantor Cabang AIA Medan: Iskandar Muda No. 31, Medan
  • Kantor Cabang AIA Surabaya: Sinarmas Land Plaza Lantai 14, Jl. Pemuda No. 60-70, Surabaya
  • Kantor Cabang AIA Bandung: Wisma Monex Lantai 11, Jl. Asia-Afrika No. 133-137, Bandung

2. Cara Cek Saldo Asuransi AIA Lewat Agen

Cara mengecek saldo asuransi AIA selanjutnya adalah dengan melalui agen AIA. Cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungi pihak agen yang dulu mengurus pendaftaran dan pembelian produk asuransi Anda, untuk kemudian agen tersebut akan membantu pengecekan saldonya.

Guna melakukan pengecekan, agen biasanya akan meminta sejumlah data terkait kepada Anda. Di sini, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data dan sebagainya. Pastikan agen tersebut masih terdaftar dan aktif sebagai agen resmi dari AIA.

3. Cara Cek Saldo Asuransi AIA Lewat Customer Service

Cara mudah mengecek saldo asuransi AIA lainnya adalah melalui customer service, yakni dengan menghubungi call center AIA di nomor 1500980. Ini tentunya berguna untuk Anda yang tidak ingin repot-repot datang ke kantor cabang.

Nantinya, customer service line akan memandu Anda sampai bisa berbicara langsung dengan petugas customer service. Ikuti instruksinya dengan baik. Setelah itu, Anda tinggal sampaikan maksud kepada petugas.

4. Cara Cek Saldo Asuransi AIA Lewat AIA Priority Service Line

Cara cek saldo asuransi melalui AIA Priority Service Line sebenarnya sama seperti customer service line. Namun, layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan kapanpun karena beroperasi selama 24 jam.

Untuk mengetahui saldo asuransi AIA Anda melalui AIA Priority Service Line, Anda bisa menghubungi nomor (021) 2927 9676 atau WhatsApp ke nomor 0811 1611 660.

5. Cara Cek Saldo Asuransi AIA via Website

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui saldo asuransi AIA adalah melalui website resmi AIA. Metode ini tentu lebih efisien karena Anda bisa melakukannya kapan dan di mana saja, cukup bermodalkan gadget dan koneksi internet.

Pertama-tama, kunjungi laman resmi AIA yakni www.aia-financial.co.id. Lalu, klik menu ‘My AIA’ untuk membuat akun baru. Ikuti instruksinya sampai akun Anda berhasil dibuat. Setelah itu, Anda tinggal memilih menu pengecekan saldo. Mudah, bukan?

Tahapan Pengajuan Klaim Asuransi AIA

Nah, selain mengetahui cara cek saldo asuransi AIA, Anda juga perlu tahu bagaimana cara melakukan klaim asuransi AIA. Dengan begitu, Anda tidak bingung manakala nanti membutuhkan biaya untuk keperluan mendesak seperti berobat dan sebagainya.

Berikut ini langkah-langkah pengajuan klaim asuransi AIA:

1. Melampirkan Dokumen Persyaratan Klaim

Pertama-tama, Anda harus melampirkan sejumlah dokumen persyaratan klaim asuransi. Dokumen yang dimaksud ada beberapa, seperti:

  • Kartu identitas
  • Kartu asuransi
  • Bukti tagihan

Dokumen-dokumen ini dapat dikirim langsung ke kantor cabang AIA, maupun melalui Bancassurance Officer dan agen asuransi yang menangani Anda. Pastikan dokumen persyaratan lengkap agar proses klaim berjalan lancar.

2. Proses Verifikasi Dokumen

Setelah dokumen diterima, maka pihak asuransi akan melakukan proses verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan dokumen yang Anda kirim telah lengkap dan sesuai. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari.

Apabila dokumen dirasa belum lengkap, pihak asuransi akan menghubungi Anda untuk melengkapi dokumen terlebih dahulu. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk benar-benar memastikan kelengkapan dokumen sebelum mengirimnya agar tidak terjadi hal-hal seperti ini yang mana dapat menghambat waktu.

3. Tunggu Pemberitahuan dari Asuransi

Apabila dokumen sudah dinyatakan lengkap, maka Anda tinggal menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari pihak asuransi AIA. Pemberitahuan akan diberikan melalui telepon atau bisa juga email.

4. Terima Klaim

Setelah semua proses verifikasi selesai dilakukan dan pihak asuransi menyetujui pengajuan klaim, maka selanjutnya Anda akan diinformasikan melalui telepon maupun email yang terdaftar mengenai proses penerimaan klaim.

Biasanya, klaim akan diberikan dalam jangka waktu 8 hari untuk asuransi kesehatan, dan 11 hari untuk santunan meninggal dunia.

Berikan Proteksi Kesehatan Maksimal untuk Anda dan Keluarga Tercinta!

Melindungi diri Anda dan keluarga tercinta dengan asuransi kesehatan terbaik mulai dari sekarang penting agar segala risiko kesehatan bisa diminimalisir. Bandingkan dan temukan berbagai asuransi kesehatan terpercaya dengan premi terjangkau hanya di Cekpremi.com sekarang juga dan dapatkan diskon hingga 10%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid