3 Jenis Penipuan Asuransi Mobil yang Harus Diwaspadai

Oct - 01
2021
penipuan asuransi mobil

3 Jenis Penipuan Asuransi Mobil yang Harus Diwaspadai

Last Updated on October 1, 2021 by Andini

Tindak kriminal bisa terjadi di segala skala bisnis, mulai dari yang berskala besar hingga mikro. Semakin banyak masyarakat yang sadar akan kebutuhan memproteksi dirinya dengan asuransi, membuat perputaran uang di dunia bisnis asuransi semakin besar. Hal ini membuat beberapa oknum mengambil kesempatan dengan melakukan penipuan, khususnya penipuan asuransi mobil.

Meski perjanjian dalam asuransi mobil memiliki kekuatan hukum, namun ada saja beberapa pihak yang dengan sengaja melakukan kecurangan-kecurangan demi keuntungan sepihak.

Berikut adalah jenis penipuan asuransi mobil yang harus Anda waspadai!

Penjelasan Tentang Penipuan Asuransi Mobil

Sumber: 123RF

Asuransi mobil dianggap sebagai salah satu sektor asuransi yang paling umum dijadikan ajang penipuan. Penipuan asuransi mobil adalah tindakan yang disengaja terhadap orang atau pihak lain untuk tujuan finansial.

Penipuan ini dapat dilakukan baik itu oleh calon pemegang polis, pemegang polis, atau bahkan oleh perusahaan asuransi itu sendiri.

Ada juga dalam beberapa kasus agen asuransi atau karyawan perusahaan asuransi sebagai pelakunya. Selain itu, oknum pihak ketiga yang mencuri dalam jumlah besar melalui usaha bisnis termasuk dalam tindak kejahatan penipuan.

Penipuan dalam asuransi umumnya terjadi dalam bentuk membesar-besarkan klaim, mengajukan klaim atas risiko yang tidak pernah terjadi, atau bahkan kecelakaan yang disengaja.

Modus Penipuan Asuransi Mobil

Sumber: Infinity Insurance

Berikut ini adalah beberapa jenis dan modus penipuan yang umumnya terjadi dalam bisnis asuransi mobil.

Asuransi Ganda

Jenis penipuan ini biasanya terjadi untuk menipu perusahaan asuransi. Dilakukan dengan cara menggunakan dua asuransi dari perusahaan yang berbeda untuk mobil yang sama, dengan tujuan agar si pemegang polis mendapatkan klaim dari dua perusahaan asuransi sekaligus.

Ada dua kemungkinan hal ini terjadi. Pertama bisa jadi si pemegang polis lupa bahwa mobilnya sudah diasuransikan, tapi kemudian ia kembali menggunakan asuransi di perusahaan yang berbeda.

Kedua, si pemilik polis dengan sengaja menggandakan asuransi pada mobil yang sama dengan tujuan klaim ganda yang akan ia dapatkan, ini adalah salah satu tindak kejahatan yang terjadi.

Klaim Fiktif

Jenis penipuan ini biasanya dilakukan oleh pemegang polis. Klaim fiktif adalah klaim yang diajukan dengan alasan yang dibuat-buat oleh pemegang polis, atau sengaja dibuat dengan tujuan si pemilik polis mendapatkan klaim ganti rugi tersebut.

Modus yang paling umum terjadi adalah mengajukan klaim atas kecelakaan atau risiko-risiko lain yang tidak pernah terjadi.

Alasannya bermacam-bermacam seperti mengajukan klaim kecelakaan atau mobil lecet padahal nasabah sendiri yang merusak mobilnya.

Setelah itu, ketika nasabah mendapatkan ganti rugi, mereka akan memperbaiki mobil dengan murah atau malah tidak memperbaikinya sama sekali.

Modus lainnya adalah dengan mengganti mesin kendaraan dengan mesin bodong, Kemudian, nasabah dengan sengaja mencelekakan kendaaraan tersebut lalu mengajukan klaim dengan alasan mesin asli pabrik kendaraan.

Penggelapan

Penggelapan terjadi bila tertanggung meminjamkan mobilnya ke orang lain, akan tetapi orang tersebut malah menghilang bersama dengan mobil yang dipinjamnya.

Jenis penipuan ini umumnya terjadi pada jenis perlindungan Total Loss Only. Ini dikarenakan perusahaan asuransi mobil memberikan ganti rugi terhadap risiko kehilangan tanpa kesengajaan.

Sayangnya, hal ini dijadikan ajang berbuat kriminal dengan cara pemegang polis sengaja menyembunyikan mobilnya, lalu mencoba mengajukan klaim dengan alasan mobilnya telah hilang dicuri.

Tips Terhindar dari Penipuan Asuransi Mobil

Setelah mengetahui jenis dan modus penipuan asuransi mobil, berikut ini adalah tips agar Anda dan perusahaan terhindari dari tindak kriminal tersebut.

Pilih asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda

Produk asuransi mobil terdiri dari dua jenis yaitu all risk dan total loss only (TLO). Keduanya memiliki manfaat asuransi yang berbeda sehingga Anda harus mempelajarinya dengan cermat dan pahami ketentuannya.

Asuransi All Risk menjamin segala kerusakan mobil termasuk hanya lecet saja. Sedangkan asuransi Total Loss Only hanya menanggung kerugian jika mobil Anda rusak parah dengan biaya perbaikan mencapai 75% dari harga mobil tersebut atau mobil Anda hilang.

Di antara keduanya, baiknya Anda memilih asuransi mobil terbaik agar mendapatkan manfaat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan sampai Anda merasa tertipu karena klaim mobil yang tergores ditolak padahal ternyata asuransi mobil Anda TLO.

Bandingkan produk asuransi sebelum membeli

Satu perusahaan asuransi umumnya menawarkan produk yang beragam dengan benefits yang berbeda. Sebelum membeli, disarankan Anda membandingkan terlebih dahulu satu produk dengan produk lainnya di CekPremi.

Sebagai catatan, jika Anda ragu terhadap suatu produk tertentu Anda bisa berbicara dengan call center kami di (021) 50517000.

Beli asuransi di agen yang terpercaya

Setiap agen asuransi resmi pasti memiliki lisensi. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli asuransi, pastikan agen yang menawarkan produk memiliki sertifikat resmi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Patut dicatat, bahwa AAJI merupakan satu-satunya lembaga sertifikasi yang memiliki kewenangan untuk  memberi lisensi kepada para agen asuransi.

Agen yang tidak memiliki lisensi biasanya hanya menjual produk dan kurang memahami rincian produk asuransi yang dijual.

Nah, kalau Anda mau cara yang lebih mudah agar terhindar dari penipuan asuransi mobil, beli saja di CekPremi.

CekPremi bukanlah situs penipu karena telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia.

Kami akan membantu Anda dalam proses membeli polis asuransi secara online. Adapun polis yang tersedia meliputi individu dan perusahaan. Dengan ini, semua kebutuhan melindungi mobil kesayangan Anda bisa terpenuhi dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *