3 Jenis Penipuan Asuransi Mobil

Jenis Penipuan Asuransi Mobil
Image Source truthbehindnumbers.com

 

Tindak kriminal memang bisa terjadi di segala jenis bisnis, mulai dari bisnis skala besar hingga bisnis mikro yang biasa dilakukan di rumah. Bahkan dunia asuransi pun tidak luput dari tindak kejahatan, tindak kriminal yang biasa terjadi di dunia asuransi adalah penipuan.

Ada beberapa macam jenis penipuan dalam bidang asuransi, namun kali ini kita tidak akan membahas satu per satu. Kali ini kita hanya akan membahas 3 jenis penipuan yang biasa terjadi pada asuransi mobil

Sekalipun perjanjian dalam asuransi mobil memiliki kekuatan hokum, namun ada saja beberapa oknum yang dengan sengaja melakukan kecurangan-kecurangan demi keuntungan sepihak.

Berikut adalah jenis penipuan asuransi mobil

Asuransi Ganda

Jenis penipuan ini dilakukan dengan cara menggunakan dua asuransi dari perusahaan yang berbeda untuk mobil yang sama, dengan tujuan agar si pemegang polis mendapatkan klaim dari dua perusahaan asuransi sekaligus.

Ada dua kemungkinan hal ini terjadi, pertama bisa jadi si pemegang polis lupa bahwa mobilnya sudah diasuransikan, tapi kemudian ia kembali menggunakan asuransi di perusahaan yang berbeda.

Kedua si pemilik polis dengan sengaja menggandakan asuransi pada mobil yang sama dengan tujuan klaim ganda yang akan ia dapatkan, ini adalah salah satu tindak kejahatan yang terjadi.

Klaim Fiktif

Klaim fiktif adalah klaim yang diajukan dengan alasan yang dibuat-buat oleh pemegang polis, atau sengaja dibuat dengan tujuan si pemilik polis mendapatkan klaim ganti rugi tersebut.

Penggelapan

Jenis penipuan ini berlaku pada jenis perlindungan Total Loss Only, ini dikarenakan perusahaan asuransi memberikan ganti rugi terhadap resiko kehilangan tanpa kesengajaan, namun hal ini menjadi tindak kriminalitas dengan cara si pemegang polis sengaja menyembunyikan mobilnya, lalu mencoba mengajukan klaim dengan alasan mobilnya telah hilang dicuri.

mobil

Leave a Reply

December 23, 2014

Posted In: Automotive

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami