Sering Bikin Nggak Nyaman, Ini 5 Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Aug - 15
2021
penyebab ban motor habis sebelah

Sering Bikin Nggak Nyaman, Ini 5 Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Ban motor merupakan salah satu sparepart yang sangat penting dimana menjadi penghubung antara kendaraan dengan permukaan jalan. Fungsi ban motor yang demikian membuat komponen satu ini menjadi lebih rentan menimbulkan ketidaknyamanan dan rusak. Dalam beberapa kasus, ban motor bisa habis sebelah lho. Salah satu penyebab ban motor habis sebelah bisa karena penggunaan kendaraan yang tidak sesuai.

Sebagai komponen yang berhadapan langsung dengan aspal membuat ban motor menjadi komponen yang mudah aus dan tak jarang ditemukan ban motor yang habis sebelah. Kondisi tersebit sering dialami oleh pada pengendara, dan membuat pengalaman berkendara menjadi tidak enak. Ada yang beranggapan dan menduga kalau kondisi tersebut disebabkan karena kualitas ban yang jelek. Padahal, ada faktor lainnya yang menyebabkan ban motor menjadi gundul tidak rata. 

5 Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

ban motor rusak

1. Shockbreaker Tidak Bekerja dengan Baik

Penyebab yang paling umum dan sering terjadi ban motor aus sebelah yaitu dari kondisi shockbreaker itu sendiri yang sudah tidak bekerja dengan baik. Seperti halnya shockbreaker bagian belakang dari kendaraan roda dua ini yang sudah tidak baik.

Efek dari kondisi tersebut maka akan berimbas pada ban, dan itu menjadi salah satu penyebab ban motor habis sebelah. Untuk pemilik kendaraan sepeda motor bebek yang harus menjadi perhatian adalah, menjaga kondisi oli dari shockbreaker  belakang. untuk takaran oli-nya harus pas, jangan sampai kurang atau lebih.

Secara umum normalnya volume oli shockbreaker  adalah kurang lebih 50 cc. Apabila sampai kurang dari takaran tersebut, maka akan mengakibatkan shockbreaker  menjadi keras. Akan tetapi, yang menjadi permasalah atau paling sering menyerang pada bagian shockbreaker  yaitu di motor matic.

Motor matic ini hanya memiliki satu shockbreaker dan itu berada pada kiri ban. Sehingga, dengan begitu ban yang ada di sebelah kanannya akan cepat habis atau dengan kata lain kondisi menjadi gundul sebelah.

Sementara, ban motor habis sebelah pada motor matic pada bagian depan bisa terjadi karena kondisi shockbreaker  depan yang sudah tidak seimbang lagi. Dengan begitu, tekanan ban menjadi berbeda sebelah. 

2. Kebiasaan Pengguna

Ban motor yang gundul sebelah bisa juga disebabkan karena kebiasaan dan kesalahan dari pengguna motor itu sendiri. Seperti kondisi ban yang kelebihan atau kekurangan tekanan angin, dan gaya berkendara yang kurang baik.

Penyebab ban motor habis sebelah karena tekanan angin ban yang tidak pas, membuat ban tersebut tidak bisa menapak dengan sempurna. Sedangkan gaya berkendara biasanya sering mengerem tiba-tiba.

Ditambah lagi, dengan kedua penyebab itu plus jarak tempuhnya yang tidak dekat, bisa mempengaruhi keausan ban yang tidak rata ini. Selain itu, gaya saat menyetir yang tidak benar. Seperti mengendarai motor sering menikung ekstrem ke salah satu sisi. Dengan begitu, tapak bannya akan lebih cepat aus tidak merata.

Baca juga: Coating Motor, Apa Manfaat dan Kelebihannya?

3. Kondisi Velg Motor

Pelek motor yang kondisinya tidak baik juga bisa menjadi ban motor habis sebelah. Ditambah lagi kondisi laher yang sudah tidak baik, serta posisi duduk pengendara yang salah.

Meski posisi duduk terdengar sepele, akan tetapi bisa mempengaruhi kondisi ban tersebut. Pasalnya, saat posisi duduknya miring ke kiri ketika membonceng, maka tumpuannya akan lebih berat sebelah.

4. Jarang Mencuci Ban

Penyebab lainnya dari ban habis sebelah adalah jarang membersihkannya. Padahal, dengan setiap hari digunakan maka pada ban tersebut akan menempel bebagai macam bahan kimia. Bahan kimia seperti cat, bensin, air sabun serta lainnya itu yang membuat ban motor cepat habis.

5. Sering Menggunakan Standar Samping

Tidak sedikit orang yang ketika memarkirkan sepeda motor, maka untuk menyangga motor yang dipakai adalah standar samping. Meski kelihatan sepele dan memang sangat umum dilakukan, padahal sering memakai standar samping itu bisa menyebabkan ban motor habis sebelah.

Saat memakai standar samping, menjadikan beban dari motor itu terpusat ke satu sisi saja. Sehingga shockbreaker saat jalan akan terus mengarah ke satu sisi atau menjadi tidak seimbang. Dengan begitu, maka tekanan beban akan ke satu sisi, sehingga pada sisi tersebut akan cepat habis.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab ban motor habis sebelah. Untuk upaya pencegahan, usahakan untuk tidak memaksakan kinerja motor secara berlebihan.

Baca juga: Steering Damper, Aksesoris Stang Motor Untuk Tingkatkan Performa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi