Patut Dicoba, 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Aug - 17
2021
menghilangkan karang gigi secara alami

Patut Dicoba, 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi yang menempel pastinya sangat mengganggu penampilan, tidak hanya penampilan karang gigi yang dibiarkan juga dapat menyebabkan bau mulut, dan juga memperbesar kemungkinan terkena penyakit gigi. Karang gigi memang bisa saja dibersihkan dengan scaling, namun tentunya biaya scalling tidaklah murah. Yuk simak bagaimana cara menghilangkan karang gigi secara alami di artikel ini!

10 cara alami menghilangkan karang gigi yang terbukti efektif

1. Sikat gigi dengan benar

Seringkali kita menyikat gigi secara asal-asalan sehingga masih ada sisa makanan di gigi. Sisa makanan inilah yang kemudian akan membentuk karang gigi.

Sikatlah gigi dengan cara memutar dari atas ke bawah hal ini dilakukan agar semua sisi dari gigi dapat dibersihkan secara menyeluruh.

2. Sikat gigi 2 kali sehari

Dengan kalian menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari, gigi kalian akan terlindungi dari berbagai kuman sisa makanan. Sikat gigi setiap pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu waktu dalam menyikat gigi juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk menyikat gigi selama 30 detik.

3. Gunakan baking soda

Baking soda juga dapat kalian gunakan untuk membersihkan karang pada gigi. Gosok gigi kalian dengan baking soda, meskipun tidak langsung terlihat hasilnya namun secara perlahan karang gigi akan hilang loh!

4. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai

Pilih sikat gigi yang memiliki bulu yang halus dan lembut dan jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran kepala sikat dengan lebar mulut kalian.

Nah untuk pasta gigi, kami sarankan untuk menggunakan pasta yang mengandung fluoride. Fluoride akan membersihkan plak penyebab karang gigi.

5. Gunakan obat kumur

Selanjutnya kalian bisa menggunakan obat kumur setelahh sikat gigi agar plak terangkat dengan sempurna. Tidak hanya itu obat kumur juga dapat membuat nafas kalian segar loh!

Pastikan untuk menggunakan obat kumur yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanan terjamin.

6. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih akan meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Air liur akan berfungsi sebagai pembersih sisa-sisa plak yang menempel pada gigi. Maka dari itu minum air putih sangatlah dianjurkan untuk menghilangkan karang gigi.

7. Bersihkan lidah

Kuman dari sisa-sisa makanan yang menempel pada lidah jika dibiarkan akan membentuk plak penyebab karang gigi. Selalu bersihkan lidah saat menyikat gigi agar bakteri yang ada pada lidah dapat terangkat.

8. Bijak dalam memilih makanan

Makanan yang mengandung asam dan manis akan menyebabkan bakteri penyebab karang gigi semakin cepat berkembang. Usahakan agar selalu bijak dalam memilih makanan agar bakteri penyebab karang gigi tidak berkembang dengan cepat ya!

9. Gunakan benang untuk membersihkan gigi

Menyikat gigi tidak akan membersihkan sampai ke sela-sela gigi. Oleh karena itu gunakan benang untuk membersihkan sela-sela gigi.

Gunakan benang khusus (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi. Tidak hanya dapat membersihkan karang gigi, nafas kalian pun akan lebih segar loh!

10. Hentikan kebiasaan merokok

Tidak hanya membahayakan jantung dan paru-paru ternyata rokok juga dapat memicu perkembangan karang gigi loh! Bahkan karang gigi seorang perokok akan cenderung berwarna lebih gelap dari karang gigi pada umumnya.

Usahakan untuk menghentikan kebiasaan merokok, tidak hanya untuk mencegah karang gigi namun juga untuk mencegah berbagai penyakit lainnya.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid