Simak Cara Kerja Asuransi dari Proses Awal Hingga Akhir

Jun - 09
2021
cara kerja asuransi

Simak Cara Kerja Asuransi dari Proses Awal Hingga Akhir

Asuransi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita, dengan adanya asuransi segala resiko dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Jika kita tidak menggunakan asuransi, bisa-bisa kesehatan finansial terganggu. Banyak produk asuransi bertebaran seperti asuransi mobil, kesehatan, motor, properti, perjalanan dan juga jiwa. Seluruh produk asuransi tersebut memiliki cara kerja yang sama. Yuk simak cara kerja asuransi dari awal pendaftaran hingga pengajuan klaim di artikel ini!

Cara Kerja Asuransi dari Proses Awal Hingga Akhir

Berikut adalah bahasan tentang cara kerja asuransi dari proses awal hingga akhir yang perlu Anda ketahui. Yuk simak pembahasannya!

1. Memilih Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pertama-tama kalian bisa mendapatkan produk asuransi dari broker ataupun agen asuransi. Kalian bisa mendapatkan berbagai produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kalian di Cekpremi yang berperan sebagai broker asuransi. Biasanya pihak asuransi/broker akan memberikan data berupa:

1. Jenis asuransi (kesehatan, mobil, motor, perjalanan, jiwa)
2. Manfaat yang diperoleh
3. Besaran biaya premi asuransi
4. Proses pengajuan klaim
5. Besaran dana klaim yang didapat
6. Resiko kerugian apa yang ditanggung

Baca juga: Definisi dan Jenis dari Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya

2. Proses Pembuatan dan Penandatangan Polis Asuransi

Jika konsumen sudah tertarik dan berminat membeli produk asuransi, maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan dan penandatanganan polis. Usahakan agar kalian membaca isi polis seteliti mungkin agar tidak terjadi miskomunikasi. Pihak asuransi biasanya akan meminta data diri kalian dan juga menjelaskan ulang mengenai apa saja manfaat, pengecualian dan juga tata cara pengajuan klaim.

Baca juga artikel seputar asuransi kami lainnya: Yuk Pelajari 6 Manfaat Asuransi ini Sebelum Membeli Premi Asuransi!

3. Membayar Biaya Premi Asuransi Bulanan

Jika polis sudah selesai ditandatangani maka langkah selanjutnya kalian harus membayarkan kewajiban premi setiap bulannya. Besaran biaya premi biasanya ditentukan dari faktor-faktor berikut:

1. Usia
2. Manfaat asuransi
3. Lingkungan kerja
4. Gaya hidup
5. Besaran dana yang diberikan saat pengajuan klaim

4. Pengajuan Klaim dan Proses Penerimaan Dana

Jika premi selalu lancar dibayarkan perbulan, dan kalian sudah membaca isi polis dengan teliti seharusnya proses pengajuan klaim dapat berjalan dengan lancar.

Pertama-tama pihak asuransi akan melakukan pengecekan atas kejadian yang dialami oleh si nasabah. Pemeriksaan ini dilakukan setelah kebutuhan administrasi sudah dilengkapi. Pihak asuransi akan melakukan verifikasi ke pihak rumah sakit, kerabat dan juga instansi yang terkait. Jika dirasa kejadian yang nasabah alami valid dan tidak ada unsur penipuan, maka dana akan langsung segera dicairkan oleh pihak asuransi.

 

Dapatkan berbagai pilihan produk asuransi di Cekpremi!

Jika kalian tertarik untuk membeli dari salah satu produk asuransi yang sudah dibahas di atas, maka kalian bisa mendapatkannya di Cekpremi. Kami memberikan banyak penawaran menguntungkan bagi customer baru kami segera kunjungi website Cekpremi yuk!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid