Definisi dan Jenis dari Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya

Mar - 30
2021
asuransi kesehatan adalah

Definisi dan Jenis dari Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya

Namanya manusia sudah pasti tidak luput dari yang namanya penyakit. Tidak peduli usia penyakit bisa saja kapanpun menyerang tubuh anda. Penyebab timbulnya penyakit bermacam-macam ada yang dari pola makan, bahkan sampai kecelakaan yang dapat menyebabkan luka luar.

Mengingat biaya pengobatan yang semakin mahal maka dari itu ada baiknya kita menggunakan produk asuransi kesehatan. Dengan menggunakan produk asuransi kesehatan maka otomatis keuangan kita tidak akan terkuras untuk biaya pengobatan. Sebaiknya semua keluarga kita tidak pandang umur diberikan produk asuransi kesehatan dengan tujuan berjaga-jaga kedepannya.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Berbagai macam pilihan produk asuransi kesehatan tersedia namun patut anda perhatikan sebelum membeli karena banyak jenis dan setiap jenis tentunya memiliki manfaat yang berbeda juga. Mengapa kita tetap butuh asuransi kesehatan sedangkan sudah ada BPJS maka kenali terlebih dahulu mengapa asuransi kesehatan itu penting dan apa saja jenis-jenis asuransi kesehatan?

Definisi asuransi kesehatan

Mengutip dari Investopedia (2019) asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayar biaya medis, bedah ataupun segala hal yang terkait dengan biaya kesehatan yang tercantum di polis. Perusahaan asuransi yang menerbitkan polis dapat mengganti biaya kesehatan yang sudah tertera di polis.

Biasanya setiap perusahaan sudah memiliki program tersendiri bagi karyawan-karyawannya dalam hal asuransi kesehatan. Biasanya biaya yang ditagih oleh perusahaan asuransi akan dibayarkan menggunakan gaji karyawan yang sudah dipotong, namun ada juga perusahaan yang menyiapkan dana khusus untuk membayar asuransi karyawannya.

Individu mana yang harus mempunyai asuransi kesehatan?

Setiap orang sudah seharusnya memiliki asuransi kesehatan guna menghindari biaya-biaya pengobatan yang mahal dan juga agar kita selamat dari jurang kebangkrutan. Dengan adanya asuransi maka kita tidak perlu menjual aset-aset berharga kita demi biaya pengobatan.

Apa saja jenis asuransi kesehatan?

Berikut adalh beberapa jenis asuransi ksehatan yang ada di Indonesia:

1. Berdasarkan penyelenggara

-Pemerintah, asuransi kesehatan yang diterbitkan oleh pemerintah contohnya adalah BPJS atau Kartu Indonesia Sehat
-Swasta, banyak macam asuransi yang dikeluarkan oleh swasta seperti AXA, ACA dan lain sebagainya

2. Berdasarkan jenis perawatan

-Rawat inap, membiayai biaya perawatan pasien yang harus di rawat inap atau di opname
-Rawat jalan, membiayai pasien yang tak harus menjalankan opname di rumah sakit biasanya biaya yang ditanggung adalah diagnosa medis, pengecekan lab, biaya obat dan lain-lain.

3. Subjek yang ditanggung

-Personal, yang artinya yang ditanggung adalah 1 orang atau per individu
-Kelompok, bisa dalam bentuk keluarga atau suatu organisasi di perusahaan

Cara kerja asuransi kesehatan

Pertama-tama anda diharuskan untuk membayar iuran per bulan agar asuransi kesehatan anda akan terus aktif. Besaran biaya yang harus dibayar tergantung dari perjanjian awal antar anda dengan penyelenggara. Biasanya untuk biaya yang ditanggung hanya biaya rawat jalan saja maka biaya tidak terlalu besar beda hal jika kita memilih paket untuk biaya rawat inap yang cenderung lebih mahal.

Kedua apabila anda sedang sakit yang diharuskan untuk rawat jalan atau rawat inap, anda dapat menghubungi penyelenggara untuk mencairkan biaya untuk segala perawatan anda. Tiap penyelenggara mempunyai prosedur nya masing-masing

Cara untuk memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi kita

– Riwayat kesehatan.

Pertimbangkan seluruh riwayat kesehatan anda dan orang terdekat anda. Apabila salah satu dari mereka atau anda sendiri mempunyai riwayat penyakit yang berat misalnya jantung maka anda haruslah mengambil asuransi yang memiliki program rawat inap. Beda halnya jika individu yang ingin dimasukkan masih sehat maka sebaiknya pilih asuransi yang menanggung biaya rawat jalan.

– Resiko pekerjaan

Jika anda atau orang terdekat anda memiliki pekerjaan beresiko seperti selalu bepergian ke luar kota atau pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi maka ada baiknya anda memilih produk asuransi yang lebih lengkap paket nya. Tujuannya adalah meminimalisir segala kejadian yang ada di luar kendali kita.

Tips memilih produk asuransi yang terpercaya dan aman

– Reputasi perusahaan

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah rekam jejak perusahaan tersebut. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat profil perusahaan tersebut, testimoni klien atau bahkan menanyakan langsung ke orang yang sudah memakai produk asuransi yang anda inginkan.

– Pahami dan baca baik-baik isi polis

Hal terpenting sebelum anda melakukan perjanjian adalah untuk mengecek dan memahami apa isi polis anda. Dengan anda memahami betul maka akan meminimalisir adanya miskomunikasi tentang apa yang akan ditanggung dan apa yang tidak ditanggung.

Sedang mencari produk asuransi dari penyelenggara yang terpercaya? Cekpremi menyediakan berbagai macam pilihan produk asuransi yang dapat kalian pilih lho! Proses mudah, pengajuan pencairan yang dibantu oleh tim professional merupakan salah satu dari sekian banyak keuntungan yang akan kalian dapatkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *