Perbedaan Asuransi dan Garansi yang Masih Sering Salah Dipahami

Tumpukan koin dalam konsep asuransi

Perbedaan asuransi dan garansi harus kamu pahami baik-baik. Jangan sampai salah pilih karena tidak mengerti perbedaan asuransi dengan garansi. Dalam artikel ini, kamu akan dijelaskan tentang apa itu perbedaan asuransi dan garansi.

Kedua kata ini memang sudah sering didengar, namun masih saja ada orang yang bingung dan tertukar pemahamannya antara asuransi dengan garansi. Terkadang, ada juga orang yang menyamakan keduanya.

Agar kamu tidak salah paham, berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian asuransi dan garansi dan juga perbedaan di antara keduanya.

Pengertian Asuransi dan Garansi

Kamu mungkin saja sudah sering mendengar kata asuransi. Namun, untuk pengertian lebih lanjutnya, perlu kamu ketahui agar tidak salah memahami.

Asuransi ini sering dikaitkan dengan risiko. Dalam kehidupan, risiko bisa terjadi kapan saja seperti, kebakaran, kecelakaan, pencurian, dan bencana alam.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi adalah pertanggungan yang merupakan perjanjian antara dua pihak. Pihak satunya membayar iuran, pihak satunya lagi menanggung kepada pembayar iuran atas kerugian yang terjadi sesuai dengan perjanjian.

Bisa dikatakan, menggunakan asuransi sama halnya dengan menyerahkan atau membagi kerugian yang kemungkinan terjadi kepada perusahaan asuransi.

Ada beberapa istilah dalam asuransi yang perlu kamu ketahui antara lain, polis dan premi. Polis pada asuransi adalah dokumen resmi yang berisi kontrak atau perjanjian antara pengguna asuransi dengan perusahaan asuransi.

Sementara itu, premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pengguna asuransi kepada perusahaan asuransi untuk jasa mengalihkan sejumlah risiko sesuai perjanjian.

Selanjutnya, kamu perlu tahu apa arti garansi yang sebenarnya agar kamu tidak salah memilih antara asuransi atau garansi.

Garansi adalah layanan jaminan dari produsen atau penjual barang terhadap barang yang dijual apabila terjadi cacat atau kerusakan setelah transaksi. Berlakunya jaminan ini memiliki jangka waktu tertentu sesuai yang dijanjikan oleh pabrik atau penjualnya. Jaminan ini bisa berupa perbaikan atau penggantian barang.

Garansi adakalanya penuh atau terbatas. Untuk garansi penuh, pembeli akan mendapatkan jaminan perbaikan atau penggantian barang yang rusak.

Sedangkan garansi terbatas adalah garansi yang hanya menjamin terhadap kerusakan komponen tertentu pada barang. Pada garansi terbatas ini, pabrik atau penjual hanya akan menjamin untuk komponen tertentu atau jenis cacat tertentu.

Itu tadi seputar pengertian garansi dan asuransi. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan antara Asuransi dan Garansi

Agar tidak bingung lagi, berikut ini perbedaan antara asuransi dan garansi yang perlu kamu tahu.

  • Pada Apa yang Dijaminnya

Berbicara perbedaan asuransi dan garansi, perbedaannya adalah pada apa yang dijamin oleh keduanya.

Asuransi menjamin risiko yang mungkin akan terjadi pada sesuatu yang diasuransikan. Sedangkan garansi menjamin barang yang digaransi karena rusak saat digunakan, bukan rusak yang diakibatkan oleh pemiliknya.

Jadi, garansi menjamin barang yang kamu beli tetap berfungsi dengan baik. Jika terjadi kerusakan, kamu bisa melakukan klaim garansi.

  • Pada Cara Mendapatkannya

Garansi sudah bisa kamu dapatkan saat membeli barang. Biasanya, kamu tinggal mengisi formulir yang disediakan oleh produsen atau penjual barang.

Kemudian, kamu akan diberi kartu garansi yang nantinya bisa digunakan untuk mengklaim garansi.

Sementara itu, cara mendapatkan asuransi sangat berbeda dengan garansi. Kamu harus membeli asuransi dulu dari perusahaan asuransi. Setelah membelinya, kamu diharuskan untuk membayar premi setiap tahunnya.

Nah, jika sewaktu-waktu kamu mengalami kerugian sesuai dengan perjanjian yang ada di asuransi, kamu dapat mengklaim asuransi yang sudah kamu beli.

Hal-Hal yang Di-cover Garansi Mobil

Berbicara tentang garansi mobil, produsen atau penjual mobil akan memberikan jaminan terhadap mesin dan suku cadang.

Biasanya, kamu akan diberikan layanan berupa servis ringan gratis, ganti oli dan sebagainya. Pelayanan tersebut tidak berlaku untuk mengganti bahan habis pakai seperti ban dan rem mobil. Garansi mobil juga tidak memberikan jaminan atas hilangnya mobil akibat pencurian atau sebab lainnya.

Lindungi Mobil dengan Asuransi Mobil

Berbeda dengan garansi mobil, kamu bisa menggunakan asuransi mobil untuk melindungi mobilmu dari hal-hal yang tidak di-cover oleh garansi mobil.

Kamu bisa memilih jenis asuransi comprehensive yang luas dikenal sebagai asuransi all-risk atau TLO (Total Loss Only). Pilihlah sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Pada asuransi mobil jenis komprehensif, kamu bisa mendapatkan jaminan dari berbagai risiko yang terjadi mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat sampai kehilangan mobil.

Sedangkan pada asuransi mobil jenis TLO, kamu bisa mendapatkan jaminan apabila kerusakan yang terjadi mencapai 75 persen dari harga mobil. Asuransi mobil jenis ini juga menjamin untuk hilangnya mobil akibat pencurian atau perampasan.

Nah, demikian tadi informasi mengenai perbedaan asuransi dengan garansi. Pahami baik-baik agar kamu tidak salah paham mana yang garansi dan mana yang asuransi.

Untuk menggunakan produk asuransi mobil yang lengkap dan berkualitas, kamu bisa kunjungi cekpremi.

Pertanyaan Seputar Perbedaan Asuransi dengan Garansi

Mungkin masih ada yang mengganjal tentang perbedaan asuransi dengan garansi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh pertanyaan yang umum diajukan tentang perbedaan asuransi dengan garansi.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa mobil baru ada garansinya?” answer-0=”Setiap mobil baru yang dibeli akan ada garansi dari pabriknya, baik itu garansi mesinnya ataupun komponen lainnya. Garansi merupakan bentuk jaminan atas kualitas mobil baru yang dibeli. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa lama proses klaim asuransi mobil?” answer-1=”Proses klaim asuransi mobil biasanya memakan waktu 3-5 hari. Proses ini juga tergantung dari banyak dan sedikitnya antrian klaim asuransi yang masuk. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]