Langkah dan Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri

Mei - 30
2021
cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri

Langkah dan Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri

Mengetahui cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri sangat penting. Selain menjaga higienitas hunian, langkah yang satu ini cukup ampuh untuk meredam penularan virus corona.

Secara garis besar, ada dua langkah pengobatan yang umum diterapkan pada penderita Covid-19, yaitu dengan isolasi mandiri di rumah atau perawatan intensif di rumah sakit.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Jika penderita tidak menunjukkan gejala apapun, maka isolasi mandiri bisa dilakukan. Untuk mencegah penularan virus, lokasi isolasi mandiri harus segera disterilisasi setelah pasien sembuh.

Siapkan Dulu Alat-Alat yang Dibutuhkan!

Ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan, sebelum melakukan cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri. Bahan-bahan serta alat-alat tersebut, di antaranya:

  • Masker;
  • Sarung tangan;
  • Kantong sampah;
  • Sabun atau deterjen;
  • Cairan disinfektan; dan
  • Lap bersih

Untuk masker dan sarung tangan sendiri, pilihlah merek atau produk yang telah direkomendasikan oleh WHO. Gunakan sarung tangan sekali pakai kedap air dengan bahan karet atau plastik.

Setelah alat-alat yang kita butuhkan tersedia, barulah Anda bisa menerapkan cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri seperti berikut ini.

3 Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri

1. Bersihkan Perabotan dengan Air dan Sabun

Sebelum membersihkan rumah, cuci tangan Anda dengan sabun atau hand sanitizer terlebih dahulu. Setelah bersih kenakan sarung tangan, lalu mulailah membersihkan setiap perabotan di rumah.

Cara membersihkannya pun tidak sembarangan. Campurkan deterjen dengan air, lalu rendam lap bersih ke dalamnya. Lap setiap perabotan, utamakan barang-barang yang sering tersentuh tangan.

Beberapa barang yang enggak boleh Anda lewatkan adalah gagang pintu, meja makan, kursi, keran air, dan remote. Perhatikan kebersihan toilet dan dapur, sebab rentan menyimpan virus dan kuman.

2. Semportkan Cairan Disinfektan ke Perabotan

Menyemprotkan cairan disinfektan ke perabotan dapat kita lakukan setiap hari, apalagi jika pasien tersebut menggunakan barang-barang serta ruangan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Cara menyemprotkan disinfektan ke perabotan dan ruangan cukup mudah. Pertama-tama, semprot cairan tersebut secukupnya ke permukaan benda. Biarkan selama 10 menit, lalu usap dengan kain.

Cairan disinfektan sendiri tersedia di toko obat maupun supermarket. Harga jualnya bervariasi tergantung pada ukuran botol/kemasan, serta komposisi zat yang terkandung pada cairan.

3. Buang Sarung Tangan dan Masker Setelah Selesai

Setelah rumah dan perabotan di dalamnya selesai Anda bersihkan, lepaskan sarung tangan dan masker (jika jenis masker sekali pakai) lalu buang ke dalam plastik sampah yang sudah disiapkan.

Berhati-hatilah dalam melepaskan sarung tangan. Pastikan permukaan depan sarung tidak tersentuh telapak tangan kita, ya. Apabila tersentuh, maka segera bersihkan tangan dengan sabun dan air.

Jika sudah, ikat erat plastik dan buang ke tempat sampah yang tertutup rapat. Setelah itu, bersihkan permukaan tangan dengan sabun dan air atau cairan hand sanitizer berkadar alkohol minimal 60%.

Demikian cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri yang perlu diketahui. Agar kenyamanan rumah semakin terjaga, segera daftarkan hunian Anda dengan polis asuransi properti terpercaya ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *