Mengenal 2 Jenis Sistem Kemudi Beserta Komponennya

sistem kemudi mobil

Last Updated on January 26, 2022 by Rhandy Verizarie

Sistem kemudi berfungsi untuk memastikan roda depan sebuah mobil dapat bergerak dengan lancar. Sebuah kemudi yang berkualitas tentunya akan memastikan roda depan dapat bergerak dengan mudah agar pengemudi dapat mengendalikan mobil dengan baik.

Namun, kemudi mobil harus terus dijaga setiap komponennya agar bisa terus bekerja secara maksimal. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis sistem kemudi dan komponennya yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Sistem Kemudi

Secara umum, sistem kemudi mobil terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

1. Sistem Kemudi Power Steering

Power steering sendiri sangat berguna untuk memudahkan perpindahan roda depan. Sangatlah enteng jika dibandingkan dengan jenis kemudi lainnya. Hal ini dikarenakan dalam power steering terdapat van pump yang berfungsi untuk mendorong minyak yang bertujuan untuk membuat perpindahan roda menjadi lebih enteng.

2. Sistem Kemudi Manual

Merupakan jenis kemudi yang paling tua dan pertama kali ditemukan. Cara kerjanya juga sangatlah simpel yaitu dengan memanfaatkan komponen yang sudah saling dihubungkan agar memudahkan proses perpindahan roda depan.

Namun, kekurangan dari sistem manual adalah kita sebagai pengemudi perlu mengeluarkan tenaga lebih saat memutar setir.

BACA JUGA: Segera Cek Kondisi Mobil Jika Lampu Indikator ini Menyala!

Komponen Sistem Kemudi

Jika Anda sudah tahu mengenai berbagai jenis sistem kemudi, mari kita berkenalan dengan berbagai komponennya juga, yuk!

1. Steering Wheel

Komponen satu ini terletak di dashboard mobil dan langsung terhubung dengan sistem kemudi. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk menggerakan roda depan mobil dengan tujuan mobil bisa berbelok dengan lancar.

2. Steering Column

Terletak pada bodi mobil melalui braket column tipe breakaway. Berfungsi sebagai penyerap energi yang berupa gaya dorong saat terjadinya tabrakan.

3. Steering Linkage

Memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara steering gear box dengan bagian roda depan.

4. Steering Gear Box

Komponen satu ini sangat berjasa agar kemudi dapat dikendalikan dengan ringan. Perbandingan yang biasanya dipakai di steering gear box adalah 1:1.

5. Ball Joint

Tidak kalah pentingnya dengan steering gear box komponen ini harus ada di setiap sambungan sistem. Tanpa adanya sambungan ini pergerakan kemudi tidak akan bisa bebas dan halus.

6. Dust Boot

Memiliki fungsi utama sebagai penyaring debu yang masuk. Meskipun terlihat sepele komponen ini sangat berjasa untuk menjaga komponen lainnya dari kerusakan.

Berikan Proteksi Pada Mobil Kesayangan Anda

Pastikan mobil langka kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di CekPremi.Com!

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →