Cara Memperbaiki Mobil Penyok Kecil Mudah Menggunakan Teknik Paintless Dent Removal

Jul - 06
2021
memperbaiki mobil penyok

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Kecil Mudah Menggunakan Teknik Paintless Dent Removal

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Bodi mobil yang mulus terawat tentu menjadi idaman semua pemilik kendaraan. Penyok sedikit saja sudah merusak keindahan mobil, apalagi untuk Anda yang memiliki tingkat perfeksionitas tinggi. Rasanya penyok kecil pun pasti mengganggu sekali. Apalagi penyok pada mobil bisa disebabkan oleh hal-hal kecil seperti hanya terbentur akibat kurang berhati-hati ketika parkir. Seiring perkembangan teknologi, ada banyak cara memperbaiki mobil penyok kecil.

Banyak cara-cara sederhana yang bisa dilakukan Anda lakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan teknik perbaikan Paintless Dent Removal atau PDR. Teknik ini juga terbilang baru di bidang otomotif. Teknik ini merupakan produk perubahan zaman yang sangat pesat untuk mengimbangi perubahan yang terjadi pada bahan-bahan material yang digunakan untuk membuat mobil.

Saat ini, bodi mobil pada umumnya dibuat menggunakan bahan metal yang semakin ringan namun berkualitas. Bahan yang digunakan ini memiliki kelenturan yang sangat baik. Hal inilah yang mendorong inovasi-inovasi teknik perbaikan mobil. Karena bahan yang sangat ringan dan lentur maka seharusnya ada teknologi yang membuat perbaikan mobil menjadi lebih mudah dan cepat bahkan tanpa melakukan pengecatan ulang.

 

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Kecil Menggunakan Teknik Paintless Dent Removal

Paintless Den Removal (PDR) merupakan teknik memperbaiki mobil tanpa harus mengecat. Teknik ini sangat efektif untuk memperbaiki penyok kecil pada mobil. Teknik ini bisa dikerjakan dengan sangat singkat menggunakan alat khusus PDR yang berbentuk besi panjang. Alat ini bisa dibeli melalui berbagai market place kesayanganmu dengan harga yang terjangkau. Berikut ini cara kerja PDR.

Langkah-Langkah Memperbaiki Mobil Penyok Kecil dengan PDR

  • Lihat dahulu bagian yang penyok
  • Perbaiki sisi dalam panel menggunakan alat khusu berupa besi panjang
  • Putar alat tersebut di sekitar bagian yang penyok untuk mengembalikannya ke posisi semua. Ingat, jangan putar terlalu kencang karena bisa merusak bagian atas sisi panet.
  • Selesai, mobil Anda sudah tampak lebih indah tanpa penyok kecil lagi.

Selain menggunakan teknik Paintless Dent removal (PDR), ada beberapa cara lain yang juga tidak kalah mudah. Cara-cara ini bisa dilakukan sendiri dengan alat dan bahan yang sederhana serta mudah didapatkan. Selamat mencoba.

Baca juga: 3 Cara Memperbaiki Bumper Mobil Penyok. Tidak Perlu ke Bengkel!

4 Cara Mudah Memperbaiki Mobil Penyok Kecil Sendiri

cara memperbaiki mobil penyok kecil

1. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Cara mudah yang pertama adalah dengan menggunakan hair dryer dan cairan karbondioksida. Caranya adalah arahkan hair dryer ke bagian pintu mobil yang penyok, lalu tunggu hingga suhu menjadi hangat. Setelah suhu menjadi hangat, semprotkan cairan karbondioksida secara menyeluruh di bagian yang penyok sembari Anda tekan dan tata ulang pintu mobil tersebut agar kembali ke bentuk aslinya.

2. Air Panas

Cara selanjutnya yakni menggunakan air panah. Ini termasuk cara yang paling mudah. Anda hanya perlu alat tambahan berupa kain atau lap untuk menghantarkan panas. Basahi kain atau lap dengan air panas, kemudian berikan tekanan pada pintu mobil Anda yang penyok. Anda bisa menekannya secara perlahan supaya kembali ke bentuk semula.

Baca juga: 3 Pilihan Cara Memperbaiki Pintu Mobil Penyok, yang Terakhir Bisa Kamu Lakukan Sendiri!

3. Palu Karet

Ini adalah cara mudah lainnya. Ada bisa mengetuk bagian penyok di pintu mobil Anda dari dalam dengan palu karet hinga kembali ke bentuk semula. Lakukan dengan hati-hati, ya!

4. Vakum

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan vakum. Anda bisa melakukannya dengan mengicap area cekungan pada pintu mobil yang penyok hingga kembali ke bentuk semula.

Nah, itu tadi berbagai cara memperbaiki mobil penyok dengan berbagai inovasi teknik perbaikan. Teknik ini bisa Anda praktikkan untuk memperbaiki mobil dengan kerusakan ringan. Ingat ya, selalu lakukan pengecekan pada mobilmu dan lakukan perawatan rutin agar mobil selalu berada di kondisi maksimal, siap memperlancar segala urusan Anda. Jangan lupa juga lengkapi mobil kesayanganmu dengan perlindungan terbaik dari asuransi kendaraan. Segera kunjungi Cekpremi.com untuk mendapatkan tawaran menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo asuransi properti