8 Cara Mencuci Helm yang Benar dan Mudah Dilakukan di Rumah

Helm yang tidak dijaga kebersihannya tentu sangat mengganggu kenyaman saat berkendara. Mencuci helm secara rutin perlu kalian lakukan agar kenyamanan saat berkendara dapat terjaga. Nah bagi kalian yang tidak ingin mengeluarkan biaya hanya untuk cuci helm, simak cara mencuci helm yang benar dan mudah di artikel ini!

8 cara mencuci helm yang benar dan mudah untuk dilakukan di rumah

Berikut adalah beberapa cara mencuci helm yang bisa kalian lakukan dengan mudah di rumah:

1. Siapkan peralatan mencuci

Peralatan dan bahan yang harus kalian sediakan adalah:

  • Ember
  • Sabun
  • Sikat
  • Air bersih

2. Bongkar bagian-bagian helm

Beberapa bagian yang harus kalian bongkar adalah pading helm, kaca, dan busa yang ada di dalam helm.

3. Rendam bagian helm ke dalam ember yang sudah diisi air bersih

Langkah selanjutnya adalah dengan merendam bagian-bagian helm yang sudah dilepas. Rendam selama beberapa menit agar kotoran bisa terangkat.

4. Gosok dengan sikat yang sudah diberikan sabun

Pada saat proses rendam, pastikan kalian menggosok bagian yang kotor menggunakan sikat yang sudah diolesi dengan sabun. Jangan terlalu keras saat menggosok bagian busa agar busa tidak rusak ya!

5. Bilas dan keringkan bagian helm yang sudah dicuci

Jika sudah dirasa bersih, segera bilas dengan air hingga tidak ada sabun tersisa. Jemur selama beberapa jam agar bagian helm kering sempurna. Pastikan bagian busa helm sudah kering ya sebelum kalian pasangkan ke helm!

6. Lap batok helm dan kaca

Bagian dalam helm sudah bersih, maka sekarang saatnya membersihkan batok helm dan kaca. Cukup gunakan lap bersih yang diberikan sedikit air agar batok helm dan kaca kembali kinclong.

7. Semprotkan pewangi dan disinfektan

Agar helm wangi dan segar semprotkan sedikit pewangi, jika memungkinkan kalian juga bisa menyemprotkan disinfektan agar helm lebih steril.

8. Pasang kembali semua bagian yang sudah dicuci

Langkah terakhir adalah dengan memasang kembali semua bagian yang sudah dicuci ke helm. Jika sudah, helm siap dipakai.

Tips mencuci helm yang baik dan benar

Jika sudah mengetahui langkah demi langkahnya, simak tips mencuci helm yang benar di bawah ini ya!

1. Jangan mencuci bagian EPS styrofoam

EPS styrofoam terletak di bagian atas dari helm jangan sampai kalian gosok. Hal ini dapat merusak lapisan EPS dan akhirnya helm tidak dapat melindungi kepala kalian dengan baik lagi.

2. Hanya gunakan sabun dan air untuk lap kaca

Di pasaran banyak pedagang yang menawarkan cairan untuk membersihkan kaca, sebaiknya jangan kalian beli. Jika cairan tidak cocok dengan kaca helm bisa-bisa kaca akan berbekas dan akibatnya penglihatan saat berkendara akan terganggu saat kaca helm ditutup.

Berikan perlindungan lebih ke motor baru kalian

asuransi motor

Membeli motor baru bukan artinya kalian bisa bebas dari resiko kerusakan. Pastikan biaya servis motor baru kalian dilindungi oleh asuransi ya! Kunjungi Cekpremi untuk berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya dan menguntungkan! Dapatkan berbagai keuntungan dengan menghubungi tim sales kami ya!