Agar Budgeting Lebih Akurat, Ketahui Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah Ini

Jul - 16
2021
cara menghitung luas bangunan rumah

Agar Budgeting Lebih Akurat, Ketahui Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah Ini

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Ketika akan membangun sebuah rumah, yang pertama kali dilakukan adalah membuat perencanaan biaya. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi jumlah anggaran yang harus Anda siapkan. Salah satunya adalah luas bangunan rumah, Anda harus mengetahui cara menghitung luas bangunan rumah dengan benar. Seberapa luas rumah yang akan dibangun juga akan mempengaruhi pilihan desain rumah dan tentu saja akan mempengaruhi besaran anggaran yang harus disiapkan. Selain itu, mengetahui luas bangunan rumah juga penting untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan.

Berikut 3 Pilihan Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah yang Bisa Anda Lakukan 

budget bangun rumah

1. Menggunakan Perhitungan Matematika Manual

Cara pertama, Anda bisa menggunakan rumus dasar matematika tentang luas bangun ruang. Sebelum menghitung, Anda harus mengetahui bentuk ruang dari bangunan rumah Anda dengan melihat denah rumah. Bentuk rumah bisa berupa persegi, persegi panjang, trapezium, dll. Sebagai contoh, rumah pada umumnya berbentuk persegi panjang. Anda bisa menggunakan rumus berikut ini.

Luas (L) =  Panjang (p) x Lebar (l)

Jika rumah Anda terdiri dari dua lantai, maka setiap lantai haru dihitung masing-masing. Kemudian Anda hanya perlu menjumlahkan luas dari kedua lantai tersebut. Berbeda lagi jika rumah Anda memiliki bentuk yang tidak beraturan. Maka Anda perlu usaha lebih untuk menghitungnya. Misalnya Anda bisa membagi beberapa sudutnya menjadi bentuk segitiga. Kemudian Anda bisa menghitung luas masing-masing bangunan segitiga tersebut dan menjumlahkan hasilnya. 

2. Menggunakan Software Autocad

Cara yang kedua yakni menggunakan software Autocad. Cara ini terbilang mudah, cepat, dan akuran. Namun untuk menghitung menggunakan software ini, Anda perlu memiliki kemampuan menggambar yang cukup baik. Sebab bentuk gambar yang dibuat akan mempengaruhi hasil perhitungan. Berikut ini cara menghitung luas bangunan rumah menggunakan Autocad.

  • Buat gambar denah dengan garis polyline agar seluruh garis saling menyatu. 
  • Klik garis yang telah digambar agar semuanya ter-block, tandanya garis yang semula terlihat lurus berubah menjadi putus-putus. 
  • Ketik ‘li’ pada command section, lalu tekan tombol enter pada keyboard lalu keluar halaman baru yang menampilkan keterangan luas, keliling dan koordinat tanah atau bangunan tersebut. 

Mudah, bukan? 

3. Mempertimbangkan Struktur dan Ukuran Bangunan

Dalam menghitung luas bangunan rumah, ada beberapa ketentuan struktur dan ukuran bangunan yang harus diketahu. Ketentuan ini bersifat variatif atau berbeda-beda berdasarkan daerah. Sehingga ukuran di kota A belum tentu sama dengan di kota B. 

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa sebuah rumah atau bangunan memiliki batas fisik atau yang disebut juha sebagai batas luas. Misal, jika kamar tidur memiliki ukuran 3 x 4 m2, maka Anda tidak bisa menghitungnya sama persis dengan luas teras tanpa dinding meskipun keduanya berukuran sama. 

Dalam menghitung luas bangunan lantai sebuah ruangan, maka perhitungannya biasanya akan dilakukan sampai batas dinding keluar. Jika terdapat ruangan lebih yang berhimpitan dan dibatasi dinding, maka cara hitungnya dari tengah-tengah dinding satu sampai dengan dinding berikutnya. Ruangan yang tertutup atap dengan keadaan dindingnya lebih tinggi dari 1,20 m2 dari lantai bagian atasnya, maka harus dihitung penuh.

Contohnya, ruangan sebesar 3 x 4 m2, maka luasnya adalah 12 m2. Berbeda jika dinding pembatas dari ruangan tadi mempunyai tinggi kurang dari 1,20 m2. Overstek seperti balkon dengan sebuah dinding pagar yang tidak terlalu tinggi, lebih dari 1,20 m2, maka tidak akan masuk dalam perhitungan luas bangunan. Sementara untuk sebuah teras beratap dengan sebagian dindingnya mempunyai ketinggian lebih dari 1,20 m2, maka perhitungannya adalah 60% ruangan bawah tanah dengan luas tanahnya dihitung 100%. 

Nah itu cara menghitung luas bangunan rumah dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menghitung. Semoga bermanfaat! J

angan lupa untuk selalu memperhitungkan keamanan dan kenyamanan jangka panjang untuk setiap properti yang Anda miliki. Salah satunya dengan menambahkan asuransi properti. Anda bisa mendapatkan informasinya melalui Cekpremi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo asuransi properti