Cara Mudah Memperbaiki Spion Motor yang Longgar

Jul - 15
2021
cara memperbaiki spion motor yang longgar

Cara Mudah Memperbaiki Spion Motor yang Longgar

Spion memegang peranan penting terutama dalam menjaga keselamatan sesama pengendara motor di jalan. Spion motor yang longgar tentunya sangat membahayakan terutama saat motor dibawa dalam keadaan kencang bisa saja spion lepas dan mengenai pengendara lain dibelakang. Motor yang spionnya lepas tentunya juga menjadi incaran polisi terutama saat razia. Yuk simak cara mudah memperbaiki spion motor yang longgar di artikel ini!

 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Cara Memperbaiki Spion Motor yang Longgar

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian terapkan dengan mudah, tidak perlu alat yang lengkap kok. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

– Kencangkan spion dengan kunci inggris

Seringkali penyebab utama mengapa spion bisa lepas adalah karena gagang spion sudah kendor dan tidak menempel ke stang motor. Cara mudah yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengencangkannya kembali dengan kunci inggris. Putar ke arah kanan untuk mengencangkan namun perhatikan juga agar tidak terlalu kencang saat memutarnya ya!

– Ganjal dengan ban motor

Cara kedua yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengganjal spion dengan karet ban motor. Lepas spion lalu masukkan sedikit karet ban dengan tujuan agar karet dapat mencegah spion longgar. Karet memiliki sifat yang kesat sehingga membuat spion tidak cepat longgar.

– Gunakan super glue

Jika spion motor kalian tidak menggunakan baut, maka kalian bisa menggunakan super glue sebagai solusi. Teteskan sedikit super glue bagian spion yang longgar dan diamkan selama 10-15 menit. Hasilnya adalah spion tidak longgar kembali dan dijamin spion tidak akan lepas saat motor dibawa dengan kecepatan tinggi.

– Panaskan lubang spion

Kalau kalian sudah coba semua cara diatas dan tidak ada yang berhasil, maka cara terakhir adalah dengan memanaskan lubang spion. Tujuannya adalah membuat lubang spion lembek dan saat itulah kalian memasukkan spion. Dijamin saat lubang spion sudah kembali mengeras, spion tidak lagi lepas dan kendor!

Baca juga: Cara Memperbaiki Spion Mobil yang Patah, Mudah dan Tak Perlu Ganti Baru

Tips Agar Apion Tidak Longgar

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian praktekkan agar spion tidak cepat kendor

– Bawa motor dengan hati-hati

Maksudnya hati-hati disini itu saat kalian berjalan di jalan yang tidak rata, sebaiknya motor tidak digas berlebihan. Jika motor menerjang kencang ke permukaan jalan yang tidak rata, besar kemungkinan spion akan kendor dan bahkan bisa lepas. Ban motor kalian pun kemungkinan besar akan bocor.

– Rawat motor secara rutin

Pastikan juga kalian rutin membawa motor ke bengkel setiap 3 bulan sekali tergantung intensitas pemakaian. Tujuannya adalah memastikan motor selalu dalam kondisi prima, jika ada komponen yang harus diperbaiki atau diganti maka bisa langsung dikerjakan.

Baca juga: Motor Berkarat? Bersihkan dengan 5 Cara Ampuh Ini!

– Kencangkan spion motor setiap 2 bulan sekali

Mengencangkan spion merupakan tindakan pencegahan yang paling efisien dan mudah untuk dilakukan. Jika kalia rutin mengencangkan spion, maka kemungkinan spion kendor akan semakin kecil. Gunakan kunci inggris untuk mengencangkan spion.

 

Berikan perlindungan lebih ke motor bekas kalian 

asuransi motor

Membeli motor bekas artinya kalian siap dengan segala resiko biaya servis yang harus dilakukan. Meskipun ada motor bekas yang tidak perlu di servis, tetap saja kebanyakan motor bekas memerlukan servis ulang.Untuk membeli asuransi, kalian bisa kunjungi Cekpremi untuk berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya dan menguntungkan! Dapatkan berbagai keuntungan dengan menghubungi tim sales kami ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *