Hemat Budget, Anda Bisa Pasang Kaca Film Mobil Sendiri di Rumah Lho!

Aug - 26
2021
pasang kaca film mobil

Hemat Budget, Anda Bisa Pasang Kaca Film Mobil Sendiri di Rumah Lho!

Salah satu bagian mobil yang paling sering dimodifikasi oleh pemiliknya adalah kaca film. Hal ini karena komponen satu ini bisa menghindarkan pengemudi dan penumpang mobil dari sorotan matahari. Oleh karena itu, banyak pabrikan yang mengembangkan produk mereka masing-masing. Ada banyak model, jenis, dan fungsi kaca film mobil. Di artikel ini akan membahas tentang cara memilih hingga pasang kaca film mobil.

Kaca film mobil yang beragam dan fungsi yang banyak biasanya juga dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Maka, pemilihan jenis kaca film mobil dan cara pemasangannya pun harus dilakukan dengan seksama agar tidak menimbulkan kerugian. Sebelum membahas cara pasang kaca film mobil, mari kita diskusikan terlebih dahulu fungsinya agar Anda bisa memilih dengan lebih baik.

Fungsi Kaca Film Mobil

Ingin pasang kaca film mobil? Anda harus tahu jenis dan fungsinya terlebih dahulu. Ada tiga fungsi utama dalam memasang kaca film mobil yang mencakup keamanan, fungsional, dan estetika. Berikut ini 3 jenis kaca film mobil berdasarkan manfaatnya.

Kaca Film Pengaman (Safety/Security Film)

Kaca film mobil pada umumnya digunakan sebagai pengaman yang menjamin privasi. Kaca film jenis ini memiliki tingkat kegelapan hingga 90%. Namun dalam penggunaannya harus melalui izin pihak yang berwajib. Agar tidak ada penyalahgunaan oleh kendaraan pribadi, biasanya kaca film ini digunakan untuk kendaraan instansi, pejabat, dan perusahaan dengan izin khusus.

Selain menjaga privasi, kaca jenis ini juga bisa menahan pecahan kaca yang berhamburan ketika terjadi benturan. Khusus untuk kaca depan, sebaiknya pilih intensitas kegelapan yang tidak lebih dari 40%. Hal ini dikarenakan visibilitas pengemudi masih bisa terjaga di kondisi gelap atau malam hari.

Kaca Film Artistik (Decorative Film)

Sesuai dengan namanya, kaca film mobil ini difungsikan untuk mendekorasi kaca sehingga memiliki corak yang kece dan unik. Penggunaan kaca film ini bisa menambah estetika mobil Anda. Namun pemasangan kaca film jenis ini tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan bentuk motif dan peletakannya agar tidak kelihatan norak dan mengganggu kenyamanan, ya!

Kaca Film Penolak Panas (Solar Control Film)

Kaca film mobil jenis ini yang banyak digunakan secara umum. Teknologi yang digunakan dapat menyerap panas dan memantulkan sinar ultraviolet (UV) sehingga suhu dalam kabin tetap sejuk. 

Nah, apakah sekarang Anda sudah bisa menentukan jenis kaca film mobil mana yang hendak dipasang di kendaraan kesayangan? Untuk pasang kaca film mobil, Anda bisa melakukan penghematan biaya dengan memasangnya sendiri di rumah. Berikut ini tips pasang kaca film mobil mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Baca juga: Dengarkan Lagu Lebih Jernih, Ini Tips Memilih Kapasitor Bank Audio Mobil

DIY Cara Pasang Kaca Film Mobil 

kaca film mobil
Source: https://img.mobilmo.com/

1. Membersihkan Kaca dan Sekat Pegangan

Pastikan Anda bersihkan semua bagian permukaan kaca yang akan dipasangi kaca film nantinya. Gunakan cairan pembersih dan kain lap yang lembut agar semua kotoran terangkat. Lakukan juga pada bagian sekat kaca pegangan, pinggiran, dan juga di sela antara wiper (untuk kaca depan atau belakang).

Biasanya, lokasi sekat dan bagian pojok yang mana bersentuhan langsung dengan karet pengaman akan memiliki kotoran yang cukup membandel. Anda bisa gunakan cutter atau pisau untuk hilangkan bekas stiker dan kotoran tersebut.

Lakukan tahapan pembersihan ini beberapa kali untuk memastikan benar-benar bersih. Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat dari bagian dalam dan luar mobil. Pastikan tidak akan ada kotoran yang tertinggal, karena adanya debu atau kotoran akan membuat kaca film menggelembung dan tampak tidak rapi.

2. Ukur dan Potong Sesuai Kebutuhan

Saat pemotongan, sebaiknya Anda menambahkan 2-3 cm pada tiap sisi atau sudut untuk menghindari adanya kesalahan potong yang sering terjadi karena ada lekukan yang tidak disangka. Jika terdapat kelebihan kaca film saat pemasangannya, Anda bisa merapikan setelah ditempel.

3. Semprot dengan Cairan Khusus

Sembari menempelkan kaca film, semprotkan air sabun secara berkala dan menerus untuk memastikan kaca tetap basah. Lakukan pemasangan kaca film dari bagian bawah terlebih dahulu baru ke atas. Saat membuka kaca film, ada baiknya Anda buka karet penyekat dari bagian tengah terlebih dahulu, kemudian menyamping sehingga kaca film menempel secara merata. Selanjutnya tekan dengan baik agar tidak ada gelembung udara.

4. Membersihkan Cairan dan Merapikan Bagian Tepi

Bagian terakhir saat pasang kaca film mobil adalah membersihkan semua cairan yang digunakan saat pemasangan. Gunakan kain lembut atau kanebo agar tidak membekas di permukaan kaca.

Nah, itu tadi cara pasang kaca film mobil dilengkapi dengan jenis-jenis kaca film berdasarkan manfaatnya yang bisa Anda gunakan sebagai referensi saat memilih. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi