Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis dan Cara Mengatasinya

Aug - 25
2021
freon ac mobil

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada mobil adalah freon AC habis. Freon AC mobil yang habis tentu sangat mengganggu karena membuat kabin mobil jadi tidak dingin. Nah, apa saja sih ciri-ciri freon AC habis? Bagaimana cara mengatasinya? Simak informasinya berikut ini!

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis

Freon adalah gas yang berfungsi untuk menghasilkan dingin pada AC, baik AC rumah maupun AC mobil. Freon yang habis menyebabkan ventilasi AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin.

Akan tetapi, penyebab AC mobil tidak dingin sebenarnya tidak hanya karena freon yang habis. Oleh karenanya, Anda jangan langsung buru-buru mengisi freon ketika mendapati AC tidak dingin. Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja ciri-ciri freon habis berikut ini untuk memastikannya.

1. AC Tidak Dingin

Normalnya, saat Anda menyalakan AC, udara dingin akan langsung berhembus dari ventilasi udara. Akan tetapi, ada kalanya udara dingin tersebut tidak kunjung keluar kendati suhu AC sudah diatur pada temperatur paling dingin.

Alih-alih dingin, yang keluar justru hanya hembusan angin. Jika sudah begini, Anda patut curiga karena bisa saja ini pertanda freon AC sudah habis.

Namun, seperti yang telah disebutkan di awal, penyebab AC mobil tidak dingin tidak melulu karena freon, tapi juga hal lainnya seperti kipas pendingin mati, kompresor rusak, atau magnetic clutch rusak. Oleh karenanya, lakukan pemeriksaan untuk memastikan.

2. Kompresor Terus Bekerja saat AC Menyala

Ciri-ciri freon AC mobil habis yang selanjutnya adalah magnetic clutch yang terus tersambung ketika AC dalam keadaan hidup. Normalnya, magnetic clutch akan terlepas ketika tekanan freon sudah maksimal.

Hal ini bisa terjadi karena ketika freon habis—biasanya disebabkan kebocoran—selang AC akan dipenuhi udara. Hal ini membuat kompresor AC hanya memompa udara biasa yang mengakibatkan tekanan udara pada selang high pressure tidak maksimal. Alhasil, pressure switch pun tidak dapat memutus magnetic clutch.

3. Selang Low Pressure AC Tidak Berembun

Salah satu komponen dalam sistem AC mobil adalah selang kompresor, yang mana selang ini terbagi menjadi dua yaitu selang high pressure dan selang low pressure.

Saat AC dihidupkan, maka normalnya akan terdapat embun pada selang low pressure yang tercipta karena perbedaan antara suhu di dalam selang yang dingin, dan suhu di luar selang yang panas.

Nah, apabila Anda mendapati tidak ada embun pada selang tersebut, maka ini juga merupakan salah satu pertanda freon AC mobil habis.

4. Pada Sight Glass Tidak Terdapat Freon

Ciri-ciri freon AC kendaraan Anda habis lainnya adalah tidak adanya gas tersebut pada sight glass. Sight glass adalah kaca berbentuk bulat yang berfungsi untuk melihat sirkulasi freon. Komponen ini terletak di filter freon atau dryer.

Jadi, jika dirasa AC mobil Anda tidak sedingin biasanya, jangan lupa juga untuk memeriksa komponen yang satu ini. Apabila tidak ada cairan di dalamnya, maka hampir dipastikan freon habis.

Freon adalah komponen pendingan yang berbentuk gas. Namun, saat ada tekanan, maka gas ini akan berubah menjadi cair.

Baca juga: 7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet Selain ke Bengkel

Cara Mengatasi Freon AC Mobil Habis

Sebelum memutuskan untuk mengganti freon AC mobil, baiknya pastikan terlebih dahulu dengan memeriksa sistem AC kendaraan Anda dengan berpedoman pada sejumlah ciri-ciri di atas.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa apakah ada kebocoran pada selang atau tidak. Pasalnya, mayoritas kasus freon habis dikarenakan selang AC bocor. Cara mengetahui adanya kebocoran pada selang antara lain sebagai berikut:

  • Nyalakan AC, kemudian oleskan air sabun pada selang. Jika ada kebocoran, biasanya akan ada gelembung pada selang
  • Gunakan leak detector. Caranya dengan memasukkan tinta khusus ke dalam saluran AC, kemudian nyalakan AC selama beberapa menit. Setelah itu, soroti saluran AC dengan senter Nantinya, akan terlihat bagian selang yang bocor.

Cara-cara di atas merupakan langkah awal untuk mendeteksi kebocoran pada selang AC. Anda disarankan untuk tetap memeriksakan kendaraan di bengkel guna memastikan kondisi sekaligus melakukan perbaikan.

Itu dia informasi mengenai ciri-ciri freon AC habis yang penting untuk diketahui. Lakukan perawatan kendaraan secara berkala agar risiko kerusakan dapat diminimalisir.

Selain itu, lindungi juga mobil Anda dengan asuransi mobil terbaik. Temukan asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Cekpremi.com dan dapatkan diskon spesial hingga 25% plus cashback hingga 10%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi