Dengarkan Lagu Lebih Jernih, Ini Tips Memilih Kapasitor Bank Audio Mobil

Aug - 26
2021
tips memilih kapasitor bank audio mobil

Dengarkan Lagu Lebih Jernih, Ini Tips Memilih Kapasitor Bank Audio Mobil

Anda barangkali pernah mendengar atau sudah tahu tentang kapasitas amplifier yang terdapat pada audio mobil. Meskipun setiap mobil saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat audio standar dari tiap pabrikan, beberapa orang masih merasa kurang puas. Tak jarang, bahkan ada yang rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit demi mendapatkan pengalaman mendengarkan audio terbaik di mobil mereka. Dalam artikel ini, akan dibahas tips memilih kapasitor bank audio mobil.

Untuk mendapatkan kualitas audio terbaik di mobil, ternyata mobil juga membutuhkan kapasitor bank. Bedanya, kapasitor bank yang bekerja di mobil menggunakan sistem yang lebih sederhana. Meskipun demikian, kapasitas amplifier ini memiliki daya yang besar. Dengan menggunakan kapasitor bank audio, Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan pada komponen audio lainnya.

Kapasitor bank audio mobil memiliki dua terminal, yaitu terminal positif dan negatif. Kedua terminal ini menjadi komponen penyimpan arus listrik yang nantinya akan disalurkan ke perangkat audio pada mobil Anda. Sebelum membahas meng

Sebelum membahas mengenai tips memilih kapasitor bank audio mobil yang tepat untuk Anda, sebaiknya Anda juga memahami fungsi kapasitor audio agar tidak salah membeli.

Kita dapat mendengarkan lagu dengan lebih mudah dan tanpa gangguan di mobil pada dasarnya karena adanya kapasitor bank audio mobil. Komponen ini memiliki beberapa fungsi yang dapat menambah kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara serta mengatasi kebosanan.

Fungsi utama kapasitor bank audio mobil adalah sebagai alat untuk menyimpan arus listrik. Agak berbeda dengan yang lain, kapasitor bank audio di mobil menggunakan arus lemah sehingga kapasitor audio bank bekerja dengan lebih sederhana di mobil, misalnya adalah yang terdapat pada rangkaian kapasitor bank audionya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kapasitor bank audio mobil bekerja dengan lebih sederhana pada arus lemah, sehingga daya listrik yang disupply dari aki mobil dan alternator juga sangat terbatas. Ditambah lagi dengan instalasi kabel, dimana arus listrik yang ada di dalam kapasitor bank disalurkan kepada perangkat audio mobil Anda.

Pada umumnya perangkat audio mobil memiliki kapasitas amplifier yang besar sehingga diperlukan daya listrik yang besar pula dan stabil. Ada berbagai macam ukuran kapasitor audio mobil, yakni mulai dari 1, 3, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 20, 30, dan lainnya.

Baca juga: 9 Aksesoris Mobil untuk Menambah Kenyamanan dan Kemewahan

Tips Memilih Kapasitor Bank Audio Mobil

audio mobil

Buat Budgeting

Tips paling awal dalam penambahan segala bentuk aset adalah budgeting. Hal ini sangat penting agar Anda bisa melakukan pengelolaan keuangan yang lebih baik pula, sehingga pengeluaran Anda untuk membeli kapasitor bank audio mobil tidak akan menjadi penyesalan di kemudian hari.

Pastikan kapasitor bank audio sesuai dengan mobil Anda

Selain budget, hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah kesesuaian kapasitor bank audio yang akan Anda beli dengan spesifikasi mobil Anda. Sebelum membeli, sebaiknya Anda lakukan pengecekan spek barang terlebih dahulu. Misalnya dengan mengecek kapasitor bank, speaker split, speaker coaxial, sub, power, dan head unit. Jangan ragu untuk menerima bantuan dari yang lebih paham perkara ini, ya!

Pastikan kualitas head unit

Banyak orang yang membeli head unit secara sembarangan tanpa mengecek kualitasnya terlebih dahulu. Head unit yang baik adalah yang memiliki front, rear, sub di belakang tape dengan 6 lubang rca untuk single din, double din yang banyak.

Kenali profil musik favorit

Jenis musik yang paling Anda sukai akan menentukan jenis perangkat audio yang harus Anda pilih. Misalnya musik rock tentu memiliki perangkat audio yang berbeda dnegan musik klasik atau jazz. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan equalizer yang tepat untuk semua jenis musik yang berbeda.

Ganti speaker standar

Beberapa merek yang memiliki kualitas bagus untuk menunjang kenyamanan Anda dalam mobil adalah Harman Kardon, Vocal, Herts, Scan Speak, Boston Original, Pioneer, atau Alpine. Merek tersebut dapat Anda pilih karena terbukti memiliki kualitas yang baik.

Nah, itu tadi tips memilih kapasitor bank audio mobil yang berhasil kami rangkum. Semoga bermanfaat, ya! Dan semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak lagi kenyamanan saat berkendara. Jangan lupa juga, temukan asuransi kendaraan yang tepat untuk menambah rasa aman dan nyaman saat berkendara. 

Baca juga: 4 Cara Memasang Audio Mobil Supaya Aki Tidak Tekor

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *