Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Jakarta Bisa Lewat Online!

Apr - 25
2021
pajak kendaraan jakarta

Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Jakarta Bisa Lewat Online!

Kalau dulu urusan cek atau bayar pajak kendaraan harus mengurus langsung ke kantor Samsat, sekarang semua bisa dilakukan secara online. Memang belum semua daerah bisa menerapkan cara ini, namun untuk Anda warga ibukota, cek pajak kendaraan Jakarta alias plat B bisa dilakukan secara online melalui situs website, SMS, dan aplikasi. Kemudian bisa juga melalui drive thru, gerai samsat, atau samsat keliling.

Cek Pajak Kendaraan Jakarta

bayar pajak online

Website

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek pajak kendaraan. Salah satunya adalah melalui website. Semua kendaraan berplat B, baik motor atau mobil dapat mengecek nominal pajak yang harus dibayarkan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.
  • Masukkan nomor polisi dan nomor induk kependudukan (NIK).
  • Selanjutnya klik proses.
  • Laman Samsat akan menunjukkan detail info nominal pajak yang harus dibayarkan.

SMS

Pengecekan biaya pajak kendaraan pribadi juga dapat dilakukan dengan mengirim SMS ke 8893. Caranya cukup ketik INFO (spasi) RANMOR (spasi) lalu lintas tulis nomor kendaraan lengkap dan kirim ke 8893. Tunggu SMS balasan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Setelah itu pemilik kendaraan akan mendapatkan informasi berupa merek, tipe, warna, masa berlaku STNK, hingga jatuh tempo perpanjangan STNK kendaraan.

Kode USSD

Selain melalui website dan SMS, pengecekan detail informasi kendaraan hingga pajak dapat dilakukan melalui panggilan kode USSD (unstructures supplementary service data). Caranya adalah sebagai berikut: 

  • Tekan *368*1# dari ponsel.
  • Akan muncul menu layanan informasi, pilih 2. Info Pajak Ranmor.
  • Masukkan nomor kendaraan Anda dengan lengkap tanpa menggunakan spasi.
  • Klik OK/Kirim, maka pemilik kendaraan akan mendapat informasi detail kendaraan dan pajaknya.

Aplikasi

Mengecek pajak kendaraan bermotor juga dapat dilakukan melalui aplikasi Android di Play Store. Aplikasi tersebut bernama Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta yang dapat diunduh secara gratis. Untuk cara mengeceknya hampir sama dengan metode melalui website, yaitu cukup memasukkan nomor kendaraan dan nomor induk kependudukan (NIK). Aplikasi akan mencari data dan bila sesuai, maka akan menampilkan data info kendaraan hingga pajak yang harus dibayar.

Kemudian untuk membayar pajak kendaraan, ada beberapa alternatif membayar pajak yang bisa dilakukan tanpa harus ke kantor Samsat induk.

Alternatif Cara Bayar Pajak

bayar pajak jakarta

Samsat Keliling 

Samsat keliling bisa menjadi alternatif pembayaran pajak. Namun, selama masa pandemik ini pengoperasiannya memang terbatas. Untuk saat ini Samsat Keliling hanya ada di kawasan kantor Samsat induk. Tujuannya untuk mencegah adanya kerumunan saat mengantri di kantor Samsat induk.

Drive Thru 

Berbagai terobosan dilakukan oleh Samsat DKI Jakarta untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan. Salah satunya dengan menghadirkan pelayanan pajak kendaraan satu tahunan tanpa harus turun dari kendaraan atau di Samsat drive thru. Saat melakukan pembayaran, pemilik kendaraan tidak perlu turun dari kendaraan dan hanya menyerahkan berkas persyaratannya saja. Membayar pajak di Samsat drive thru juga cukup singkat yakni hanya butuh waktu 6 menit dengan persyaratan lengkap. 

Gerai Samsat 

Beberapa mall di Jakarta memiliki Gerai Samsat yang memudahkan Anda untuk mengurus pajak kendaraan Jakarta. Keberadaan gerai Samsat ini diharapkan dapat mengurangi kerumunan massa di kantor Samsat induk di tengah pandemi. Berikut daftar Gerai Samsat di DKI Jakarta.

Jakarta Pusat: Gerai Samsat Thamrin City, Gerai Samsat Kec Kemayoran. 

Jakarta Utara: Gerai Samsat Mal Artha Gading, Gerai Samsat Pluit Village, Gerai Samsat Kec Penjaringan.

Jakarta Selatan: Gerai Samsat Mall Pelayanan Publik, Gerai Samsat Kec Pasar Minggu, Gerai Samsat Blok M Square, Gerai Samsat Mall Gandaria City. 

Jakarta Barat: Gerai Samsat Mall Taman Palem, Gerai Samsat Lippo Mall Puri, Gerai Samsat Kec. Kebon Jeruk. 

Jakarta Timur: Gerai Samsat Tamini Square, Gerai Samsat Grand Cakung Mall, Gerai Samsat Kecamatan Pulo Gadung, Gerai Samsat AEON Garden City.

Pajak Daring atau Online

Selain melakukan pembayaran pajak secara langsung, warga DKI Jakarta juga bisa memanfaatkan kemudahan membayar pajak secara daring. Ada dua cara membayar pajak secara online yakni menggunakan aplikasi Samolnas atau pun e-Samsat. Pemilik kendaraan bisa melakukannya langsung dari ATM bank yang sudah bekerja sama. Di antaranya bank DKI, BRI, BNI, BTN, Bank Bukopin dan Maybank.

Dapatkan perlindungan terbaik untuk kendaraan Anda dengan berbagai pilihan asuransi motor dan mobil hanya di cekpremi.com. Bisa hemat hingga 25%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi