Begini Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil dengan Aman di Rumah

Aug - 20
2021
cara membersihkan ruang mesin mobil

Begini Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil dengan Aman di Rumah

Ruang mesin mobil biasanya menjadi bagian yang paling jarang diperhatikan karena letaknya yang tertutup dan jarang diakses. Padahal ada beberapa cara membersihkan ruang mesin mobil yang mudah dilakukan. Meskipun ruang mesin mobil selalu tertutup namun ternyata tetap mudah terkena debu dan kotoran. Jika tidak dibersihkan, debu dan kotoran ini bisa terhisap oleh filter dan merusak sistem injeksi sehingga dapat menghambat pembakaran. 

Sama dengan komponen lainnya, mesin dapat bekerja dengan lebih baik jika kondisinya bersih. Membersihkan ruang mesin tidak sama dengan membersihkan komponen lain seperti bodi atau interior. Prosesnya perlu dilakukan dengan hati-hari agar mobil tetap aman, terhindar dari korsleting atau bahkan kerusakan pada komponen kelistrikan.

Sebenarnya, beberapa produsen mobil sudah memikirkan keamanan dalam membersihkan ruang mesin ini dengan adanya seal yang berfungsi untuk melindungi penghantar listrik agar kedap air. Namun dalam membersihkannya tetap harus waspada. Berikut ini beberapa langkah yang harus diperhatikan bersamaan dengan cara membersihkan ruang mesin mobil agar tetap aman

  • Usahakan mesin dalam kondisi hangat. Tidak dingin, dan tidak terlalu panas. Kalau benar-benar dingin, nyalakan mesin kira-kira semenit.
  • Cabut kunci agar listrik benar-benar off. Jika perlu, cabut koneksi aki. Terminal negatif dulu setelah itu positif.
  • Tutupi semua komponen penting dan elektrikal menggunakan plastik atau bisa juga dengan aluminium foil. Misalnya lubang hisap udara, soket kelistrikan, sensor, koil dan lainnya. Perhatian khusus juga perlu untuk lubang isap. Masuknya air di daerah ini efeknya water hammer!
  • Bersihkan bagian-bagian permukaan mesin dan celah-celah menggunakan engine degreaser. Banyak produk yang ditawarkan berbagai toko perlengkapan mobil. Gunakan sikat kecil dan halus, bisa juga dengan kuas. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email
  • Kombinasikan pembersihan dengan campuran air dan detergen. Tapi ingat, bersihkan bagian per bagian lalu bilas. Ini menghindari cairan detergen kering duluan dan malah menimbulkan kerak yang sulit dihilangkan.
  • Bilas, bisa menggunakan semprotan air bertekanan rendah. Jangan terlalu bernafsu membilas, karena ini biasanya menjadi momen lalai dengan menyemprot terlalu keras ke bagian penting mobil.
  • Lap dengan kain lembut atau bahan plas chamois. Singkirkan lapisan pelindung plastik yang dipasang sebelum mencuci mesin. Biarkan beberapa saat agar benar-benar kering. Pastikan komponen kelistrikan tetap tak tersentuh air.

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil dengan Aman

mesin mobil kotor
Source: https://www.autos.id/

Siapkan Peralatan

Alat dan bahan yang perlu disiapkan di antaranya adalah air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil, engine degreaser, lap plas chamois dan lap microfiber.

Pilih Lokasi dengan Permukaan Datar

Pilihlah tempat membersihkan yang datar dengan pencahayaan yang cukup. Hindari melakukan pembersihan di bawah sinar matahari terik karena dapat membuat kabel dan plastik penutupnya menjadi lapuk, getas, dan mudah pecah. Selain itu, pilih juga tempat yang tidak berdebu serta jauh dari api.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Bersihkan Ruang Mesin yang Terkena Kotoran Membandel

Pertama-tama, bersihkan noda-noda membandel yang menempel pada ruang mesin mobil terlebih dahulu. Misalnya tetesan oli atau kerak yang menempel. Caranya dapat menggunakan engine degreaser, yakni dengan cara menyemprotkan cairan engine degreaser pada bagian yang kotor. Diamkan selama beberapa menit, lalu sikat dengan lembut menggunakan air sabun, dan bilas dengan air mengalir bertekanan rendah.

Sebelum membersihkannya, jangan lupa untuk menutup komponen penting seperti konektor akim ECU, busi atau sekring dengan plastik agar tidak terkena air. Untuk mempermudah proses, gunakan spon yang lembut agar tidak meninggalkan goresan yang merusak mesin mobil. Sementara untuk bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa gunakan sikat gigi atau kuas. Agar bersih optimal, gunakan sabun khusus untuk membersihkan mesin mobil.

Keringkan dengan Lap Microfiber

Selanjutnya Anda harus keringkan seluruh bagian ruang mesin dengan lap plas chamois atau microfiber. Untuk menghindari timbulnya kerak alias water spot, diamkan mobil selama 2-3 jam dalam posisi kap mesin terbuka.

Selain itu, ruang mesin juga bisa dikeringkan dengan menggunakan kompresor atau tekanan udara. Yang terpenting adalah pastikan ruang mesin mobil sudah bersih secara menyeluruh.

Panaskan Mesin

Saat ruang mesin sudah bersih jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil, tujuannya untuk mengetahui ada terjadi konsleting atau tidak. Disarankan untuk melakukan pembersihan ruang mesin secara teratur, misalnya pada musim kemarau dilakukan sebulan sekali.

Itu tadi cara membersihkan ruang mesin mobil dengan aman yang bisa Anda praktekkan di rumah. Tetap berhati-hati saat membersihkannya, ya! Semoga artikel ini membantu. Untuk memberikan perlindungan lebih pada kendaraan, Anda juga bisa menambahkan asuransi seperti yang bisa Anda temukan di Cekpremi.com.

Baca juga: Supaya Tidak Bising, Coba 5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi