6 Produk E-Money Terbaik dari Berbagai Bank di Indonesia

produk e-money terbaik

Banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memiliki uang elektronik atau E-Money. E-Money bisa Anda gunakan untuk bertransaksi menggantikan uang tunai dalam berbelanja.

Anda bisa menggunakan E-Money untuk berbelanja di supermarket dan minimarket, membayar tiket TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, membayar tarif tol, dan masih banyak lagi.

Tidak seperti kartu kredit, memiliki kartu E-Money sangat mudah dan bisa kamu dapatkan di banyak tempat. Ada bermacam-macam produk E-Money yang beredar di Indonesia.

Berikut adalah beberapa produk E-Money terbaik dari berbagai bank di Indonesia.

Beda E-Money dan E-Wallet

beda e-money dan e-wallet

Banyak dari kita yang berasumsi bahwa E-Money dan E-Wallet adalah produk yang sama. Akan tetapi sebenarnya, keduanya adalah produk yang berbeda. Berikut perbedaannya.

E-Money

E-Money adalah uang elektronik berbasis kartu (chip based) yang biasanya diterbitkan oleh pihak perbankan.

E-Money seringkali digunakan langsung di merchant offline seperti berbelanja di minimarket, bayar Transjakarta, KRL, bayar tol, parkir, dan lain-lain.

Beberapa E-Money yang saat ini beredar dipasaran di antaranya Flazz BCA, Mandiri e-Money, BNI TapCash, Nobu e-Money, JakCard, Brizzi BRI, dan masih banyak lagi.

Jika Anda bertransaksi menggunakan E-Money maka saldo uang yang ada di dalam E-Money tersebut akan langsung berkurang.

Biasanya saldo maksimal yang ada di E-Money adalah Rp1 juta.

Untuk pengisian saldo E-Money bisa dilakukan di ATM, mesin EDC, gerai ritel, dan kantor cabang bank yang bersangkutan.

Dari segi keamanan E-Money cenderung lebih berisiko karena tidak memiliki fitur pengaman dan bisa saja digunakan oleh orang lain.

E-Wallet

Nah, sementara E-Wallet adalah dompet virtual. Contoh E-Wallet yang saat ini ada di pasaran antara lain, Go-Pay, OVO, DOKU, dan LinkAja.

Untuk definisinya sendiri, E-Wallet adalah uang elektronik yang berbasis server.

Uang elektronik yang berbasis server dalam proses pemakaian harus terkoneksi dulu dengan internet.

Jika dibandingkan dengan E-Money, E-Wallet menggunakan aplikasi dalam penggunaannya.

E-Wallet seringkali digunakan untuk transaksi online seperti membayar tagihan BPJS secara online, token listrik, tagihan TV berbayar, beli pulsa, dan lain sebagainya.

Sama seperti E-Money, untuk bertransaksi menggunakan E-Wallet kamu harus mengisi saldo terlebih dahulu. Jika Anda melakukan transaksi menggunakan E-Wallet maka saldo E-Wallet kamu otomatis akan berkurang.

Untuk pengisian saldo E-Wallet Anda bisa mengisinya lewat ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan lain sebagainya.
Dari segi keamanan sendiri E-Wallet lebih aman dibanding E-Money karena aktivasi dilakukan berdasarkan nomor handphone pengguna dan pin.

Jadi, tidak sembarang orang bisa menggunakan E-Wallet kita.

Misalnya, handphone kita tertinggal, lalu ada orang jahil ingin menggunakan Jenius kita untuk transaksi pembayaran, selama PIN Jenius kita tidak diketahui oleh orang lain, akun Jenius kita tetap aman.

Produk E-Money Terbaik

e-money terbaik

 

Berikut ini adalah beberapa produk E-Money terbaik dan terpopuler yang ada di Indonesia saat ini.

1. Flazz BCA

Produk E-Money yang pertama adalah Flazz BCA. yang diterbitkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) untuk melakukan transaksi atau pembayaran digital sebagai pengganti transaksi tunai.

Bisa dibilang bahwa Flazz BCA adalah pelopor hadirnya uang elektronik dari perbankan. Memiliki kartu Flazz BCA juga tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan bunga.

Bertransaksi dengan Flazz BCA juga cepat karena kartu E-Money ini memiliki teknologi chip dari Radio Frequency Identification (RFID) yang mendukung pemrosesan transaksi lewat sentuhan atau tap dalam hitungan detik.

Anda bisa menggunakan Flazz BCA untuk bertransaksi berbelanja di minimarket, membayar tiket TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, membayar tol, dan masih banyak lagi.

Meskipun Anda bukan nasabah BCA, Anda tetap bisa memiliki Flazz BCA. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan PIN ataupun tanda tangan saat bertransaksi.

Jika Anda ingin melakukan top up Flazz BCA atau isi ulang saldo, kamu bisa top up mulai dari Rp20 ribu hingga maksimal Rp2 juta di ATM BCA, kantor cabang BCA, minimarket, dan lain sebagainya.

Untuk cek saldonya kamu bisa cek melalui ATM, mesin EDC BCA, dam aplikasi BCA Mobile. Kalau kamu ingin membeli Flazz BCA, kamu bisa ke kantor cabang BCA, minimarket, sales representative Flazz BCA, stasiun, atau merchant online.

2. E-Money Mandiri

Selanjutnya, ada produk E-Money dari Bank Mandiri yakni E-Money. E-Money Mandiri dan Flazz BCA sebenarnya sama yang membedakan hanya bank penerbitnya saja.

Dengan E-Money Mandiri Anda bisa berbelanja tanpa uang tunai di minimarket, naik Transjakarta dan KRL Commuter Line, MRT Jakarta, membayar tol, dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan E-Money mandiri di Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat, toko-toko atau merchant retail yang telah bekerja sama, merchant online Tokopedia, Kantor Pos, dan ATM Link atau ATM dengan logo ATM Bersama.

Untuk biaya top upnya sendiri Anda akan dikenakan biaya pengisian/top up saldo apabila mengisi saldo pada channel-channel non Bank Mandiri sesuai dengan kebijakan penyedia jasa top up.

3. Tapcash BNI

Produk E-Money berikutnya adalah Tapcash BNI. Ya, ini adalah E-Money yang diterbitkan oleh Bank BNI.

Tapcash BNI kini sudah hampir terkenal sama seperti E-Money Mandiri dan Flazz BCA. Jika dilihat dari fungsi dan teknologi kartu sama saja.

Dengan Tapcash BNI, Anda bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran sehari-hari seperti berbelanja di minimarket Alfamart dan Indomaret, membeli tiket TransJakarta, MRT, dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan TapCash BNI di kantor Cabang Bank BNI dan mitra yang bekerja sama dengan TapCash.

Memiliki TapCash BNI juga tidak akan dikenakan bunga dan biaya administrasi bulanan.

4. BRIZZI BRI

Selanjutnya ada produk E-Money dari Bank BRI yakni BRIZZI BRI.

BRIZZI BRI bisa Anda gunakan untuk transaksi pembayaran tol, membayar tiket TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, toko retail (Indomaret dan Alfamart), dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan BRIZZI di Kantor Cabang Bank BRI dan merchant-merchant yang bekerja sama.

Untuk cek saldo Anda bisa cek di mesin ATM BRI Link, dan aplikasi BRI Mobile.

Sedangkan untuk top up-nya bisa dilakukan secara online, melalui ATM BRI dan non BRI, dan merchant ritel.

5. JakCard

E-Money lainnya adalah JakCard. E-Money yang satu ini diterbitkan oleh Bank DKI.

Tidak seperti produk E-Money yang telah kami sebutkan di atas, dengan JakCard kamu juga bisa bertransaksi di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Monas, dan museum.

JakCard tidak memiliki batasan masa berlaku selama kartu JakCard milikmu aktif digunakan dan memiliki saldo yang cukup.

Anda bisa membeli JakCard di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Bank DKI dan mempunyai logo JakCard.

Adapun harga satu kartu perdana JakCard adalah Rp20.000 sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

6. MegaCash

Bank Mega juga tidak mau kalah dalam meluncurkan e-money untuk memanjakan nasabahnya. Diberi nama MegaCash, salah satu e-money terbaik ini adalah uang digital yang dapat digunakan ke berbagai tempat sebagai partisipasinya dalam Gerakan Nasional Non-Tunai atau GNNT.

Beberapa tempat yang melayani pembayaran dengan Mega Cash adalah transportasi umum (Transjakarta, Railink Kualanamu, dan lainnya) dan wahana hiburan (Trans Studio, dan lainnya).

Kartu Mega Cash terbagi menjadi dua tipe yaitu unregistered dan registered. Kartu Mega Cash unregistered mempunyai maksimal saldo sampai Rp 1 juta dan ditujukkan untuk nasabah Non-Bank Mega.

Sedangkan, Kartu Mega Cash Registered mempunyai saldo maksimal sampai Rp5 juta dengan data yang telah dicatat oleh pihak Bank Mega.

Untuk isi ulang saldonya pun cukup mudah Anda bisa menggunakan Mobile Banking Bank Mega, isi ulang dengan SMS, atau isi ulang di berbagai merchant retail yang bekerja sama.

Itulah dia 6 produk E-Money terbaik dan terpopuler dari berbagai bank di Indonesia.

Pada dasarnya, semua produk yang telah CekPremi sebutkan itu sama.

Yang membedakan hanya penerbitnya dan ini mempengaruhi cara top up, tempat top up, dan bisa digunakan untuk bertransaksi di mana saja.

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →