7 Masker Alami untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

masker alami untuk menghilangkan kerutan di wajah

Last Updated on April 25, 2022 by Rhandy Verizarie

Kerutan atau garis-garis halus di wajah akan mulai tampak seiring dengan bertambahnya usia dan berkurangnya elastisitas kulit. Banyak wanita yang khawatir menjadi lebih tua dan memiliki banyak kerutan wajah. Ternyata, ada lho masker alami untuk menghilangkan kerutan di wajah.

Memiliki kerutan adalah mimpi buruk bagi banyak wanita. Oleh karena itu, banyak wanita melakukan berbagai perawatan kecantikan untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Ada yang pergi ke dokter kulit dan mengambil paket perawatan bulanan. Adapula yang lebih memilih membuat sendiri di rumah.

Membuat masker kecantikan sendiri di rumah saat ini banyak digandrungi oleh wanita. Kenapa? Karena dengan membuat sendiri, kita juga bisa mengetahui bahan alami apa saja yang digunakan. Yuk simak 7 jenis masker alami berikut ini.

Masker Alami untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

masker wajah alami

1. Putih telur 

Yang pertama, Anda bisa membuat masker menggunakan putih telur. Hal ini sangat sederhana dan siap untuk dibuat kapas saja. Bahan yang Anda butuhkan adalah putih telur, dua sendok teh, dan perasan jeruk nipis bisa membantu.

Oleskan campuran masker tersebut ke area wajah, terutama dahi, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dilansir dari Boldsky, masker putih telur ini dapat mengencangkan kulit wajah yang mulai berkerut dan mengendur berkat kandungan zat astrigentnya.

2. Pisang 

Bahan masker alami selanjutnya adalah pisang. Resep 7 masker alami untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah juga cukup diatur ya…  sampai harus memilih pisang yang seperti apa.

Pisang memiliki kandungan minyak dan vitamin alami yang dapat mencegah pembentukan kerutan di wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Yogurt 

Untuk mengurangi munculnya kerutan di wajah dan untuk meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh, Anda disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt secara rutin.

Sebab penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt, dapat membantu mengurangi munculnya keriput di wajah. Jadi, daripada mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik konsumsi yoghurt deh!

Baca juga: Kulit Wajah Mulus! Simak 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

4. Lidah buaya 

Kandungan asam malat yang terdapat pada lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit, yang artinya juga dapat mengurangi munculnya kerutan di wajah.

Anda dapat menjadikan gel lidah buaya sebagai masker wajah alami untuk menghilangkan kerut di wajah. Caranya mudah, oleskan gel lidah buaya ke wajah, lalu  selama 15 menit sebelum dibilas.

5. Minyak zaitun 

Anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi kerutan di wajah. Untuk dapat memperoleh manfaat minyak zaitun dan mengurangi kerutan di wajah, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun dapat membantu mengurangi munculnya kerutan di wajah. Ini mungkin karena minyak zaitun mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolagen dalam kulit.

Jika Anda enggan untuk mengkonsumsinya secara langsung, jadikan minyak zaitun sebagai masker. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun ke wajah sebelum tidur dan lakukan pijat secara perlahan saat mengoleskan ke wajah. Nah, begitu bangun tidur, Anda akan merasakan kulit terasa lebih halus dan kenyal.

6. Air Lemon 

Di kulkasmu ada buah lemon? Yuk manfaatkan lemon tersebut untuk menghilangkan kerutan di wajah, Anda hanya perlu mengaplikasikan perasan air lemon ke garis-garis halus di kulit secara merata, lalu pijat secara perlahan.

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C sehingga baik untuk mengatasi kerutan di wajah secara alami. Selain itu, sifat asam yang terkandung dalam lemon juga dapat membantu mengurangi kerutan di wajah sekaligus mencerahkan.

Namun, jangan gunakan secara berlebih, karena pada beberapa orang, terutama yang memiliki kulit sensitif, lemon dapat menyebabkan iritasi kulit. Jadi, jangan terlalu banyak dan terlalu sering ya menggunakannya!

7. Nanas 

Buah satu ini tak hanya mampu mengurangi kerutan di wajah, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Dalam nanas terkandung enzim yang mampu meningkatkan elastisitas kulit, melembabkan, dan menghilangkan sel kulit mati.

Nanas juga akan kandungan serat dan antioksidan sehingga mampu meningkatkan kesehatan kulit dengan baik. Anda yang ingin merasakan manfaat nanas tersebut, dapat mengkonsumsi nanas secara langsung atau menjadikannya sebagai masker wajah.

Caranya cukup hancurkan nanas hingga halus lalu oleskan ke kulit wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. 

Nah, itu tadi 7 Masker Alami untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah. Semoga bermanfaat, ya!

About Titi Setianing R

a storyteller

View all posts by Titi Setianing R →