GPS Tracker: Pahami Manfaat dan Cara Kerjanya

gps tracker

Kamu khawatir mobilmu jadi sasaran tindak kejahatan? Pencurian, penipuan, penyalahgunaan kendaraan, merupakan aksi yang membuat mobilmu bisa dibawa lari oleh pelaku kriminal. Ada baiknya bila kamu memasang GPS tracker untuk mengantisipasi perbuatan tersebut.

GPS tracker bisa dipasang pada motor, mobil, hingga truk. Alat ini memiliki peranan penting untuk keamanan dan keselamatan dalam kendaraan. .

GPS tracker tidak sama dengan sistem navigasi. Sistem navigasi digunakan untuk menunjukkan rute perjalanan dan memudahkan mencapai tujuan tertentu. Sedangkan GPS tracker dapat digunakan untuk melacak lokasi dan posisi kendaraan. 

Lalu sebenarnya apa itu GPS tracker? Apa kegunaannya? Dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini

Apa Itu GPS Tracker?

GPS (global positioning system) tracker adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memantau dan melacak keberadaan seseorang atau objek tertentu. 

Kamu bisa menempatkan alat GPS tracker di kendaraanmu untuk mencegah resiko kejahatan. Apabila kendaraanmu dicuri, dengan mudah lokasi dan keberadaannya dapat diketahui melalui ponsel atau laptop yang sudah terhubung dengan perangkat GPS ini. 

Peringatan real-time pada sistem ini bisa kamu atur, seperti notifikasi bunyi ketika mobilmu dikemudikan orang lain, dirusak, dan menyimpang dari area tertentu.

Secara umum, kebanyakan alat pelacak dapat memantau rute, kecepatan kendaraan, kondisi mesin hidup atau mati, mendengar pembicaraan dalam kabin mobil, sensor batas kecepatan, dan tombol darurat.

Fungsi GPS Tracker

Setelah mengetahui pengertian dan apa yang bisa dilakukan GPS tracker, berikut alasan mengapa alat pelacak tersebut merupakan pilihan tepat untuk kendaraanmu. 

  • Mencari Tahu Posisi Kendaraan

Fungsi utama pelacak GPS adalah untuk memberikan lokasi kendaraan. Ada banyak situasi di mana alat ini bisa berguna. Misalnya, ketika kamu pergi ke tempat parkir dan tiba-tiba mobilmu hilang, kamu dapat menggunakan pelacak GPS untuk melihat apakah mobil itu diderek atau mungkin dicuri. 

Pada situasi lainnya, kamu bisa mencari tahu posisi pasanganmu yang mana seharusnya sudah berada di rumah, tetapi belum kunjung tiba.

  • Bantuan dalam Keadaan Darurat

Dengan alat pelacak GPS, saat terdampar atau mengalami kecelakaan, kamu dapat memberitahu petugas medis atau polisi lokasimu berada secara akurat. Hal ini sangat penting jika kamu memasuki tempat asing atau area yang tidak dikenal.

  • Memantau Anak

Para orang tua  sering kali khawatir tentang keselamatan anak-anak mereka saat menyetir kendaraan. Kurangnya pengalaman mengemudi dan mengebut di jalan merupakan beberapa faktor penyebab kecelakaan. Atau ketika mereka terlambat dalam perjalanan pulang, bahkan tidak izin saat pergi keluar. 

  • Detail dan Statistik Perjalanan

Beberapa perangkat pelacak GPS kendaraan menyediakan detail dan statistik perjalanan, seperti tanggal dan waktu perjalanan dimulai, seberapa jauh mobilmu dikendarai, dan kecepatan rata-rata.

Bahkan GPS tracker mampu melacak kebiasaan mengemudi yang tidak aman, seperti pengereman yang keras atau akselerasi yang cepat. Informasi berguna ini dapat memberi kamu wawasan tentang kebiasaan mengemudi diri sendiri atau anggota keluarga lain.

  • Mengetahui Diagnostik Kendaraan

Selain detail dan statistik perjalanan, pelacak GPS yang lebih canggih juga membantumu memantau kesehatan keseluruhan kendaraan. Dengan menyediakan diagnostik pada kendaraan, bisa mengingatkanmu saat yang tepat untuk perawatan rutin ke bengkel.

Cara Kerja GPS Tracker 

 Cara kerja dari GPS tracker secara detail yakni sebagai berikut:

  1. Perangkat pelacak GPS akan menerima informasi tentang koordinat bumi lebih dulu minimal dari tiga sumber satelit.
  2. Setelah itu, alat GPS akan mengirimkannya ke server operator melalui ketersediaan tower seluler.
  3. Semua posisi dari kendaraan akan diproses oleh server agar bisa mengirimkan titik koordinat lokasi keberadaan dan sebagainya.
  4. Data posisi kendaraan yang dilacak menggunakan GPS mobil akan bisa dilihat di berbagai macam browser. Baik melalui desktop maupun smartphone.

Mengantisipasi aksi kejahatan yang menargetkan kendaraan perlu proteksi ganda. Penggunaan GPS tracker saja terbilang tidak cukup. Kamu juga perlu mendapat jaminan kerugian atas kejadian kriminal yang menimpamu.

Dapatkan proteksi akibat kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan kendaraanmu tidak berfungsi dengan produk asuransi kendaraan dari  Simas Insurtech, Staco, dan Intra Asia. Pilih asuransi yang memberikan perlindungan maksimal dan cocok dengan budget keuanganmu. 

Bandingkan segera ketiganya dan beli produk asuransi kendaraan hanya di Cekpremi, portal online pembelian asuransi nomor satu di Indonesia. Cashback up to 25% hanya untukmu.*

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Pertanyaan Seputar GPS Tracker

Berapa Harga Alat Pelacak GPS?

Harga perangkat GPS tracker bervariasi, tergantung spesifikasi, fitur dan kegunaannya. Semakin lengkap dan canggih fitur yang dimiliki, harga alat pelacak GPS ikut mahal. Perangkat GPS tracker berkisar di harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Apa Tips Membeli Perangkat GPS Tracker?

Tips membeli perangkat pelacak GPS: 1. Pilih alat GPS tracker yang punya fitur lengkap, 2. Cari tahu apakah perangkat tersebut punya server tersendiri, 3. Pantau sistem monitoring dari berbagai perangkat, 4. Atur alat pelacak GPS untuk bekerja real-time, 5. Periksa tingkat sensitivitas tangkapan satelit.