Mengenal Immobilizer, Teknologi Canggih Anti Maling Pada Mobil!

Oct - 01
2021
immobilizer

Mengenal Immobilizer, Teknologi Canggih Anti Maling Pada Mobil!

Beberapa dari kalian tentunya tidak mengetahui apa sih immobilizer. Immobilizer merupakan teknologi terbaru pada mobil yang memungkinkan mesin mobil tidak bisa dinyalakan jika kunci mobil yang digunakan tidak sesuai.

Simpelnya, mesin tidak akan bisa menyala jika kunci yang digunakan bukanlah milik si mobil tersebut.Jadi pencuri tidak akan bisa menduplikat kunci agar bisa mencuri mobil kalian. Penasaran? Yuk simak pembahasan lengkapnya!

Penjelasan lengkap mengenai immobilizer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, immobilizer merupakan sistem anti maling yang memungkinkan mesin mobil tidak akan bisa dinyalakan jika kunci yang digunakan tidak sesuai.

Mengapa bisa begitu? Hal ini bisa terjadi karena sistem immobilizer memanfaatkan variasi gelombang radio sebagai penanda identitas pada kunci mobil.

Maka dari itulah jika kunci yang digunakan bukanlah kunci orisinil milik mobil tersebut, mesin tidak akan mau menyala.

Dengan adanya teknologi ini kemungkinan pencuri untuk dapat mencuri mobil kita bisa diminimalisir. Namun biasanya sistem immobilizer hanya terdapat pada mobil keluaran terbaru.

Cara kerja immobilizer

Kunci yang dimasukkan ke lubang kunci kontak akan mengirimkan sebuah sinyal radio ke komponen theft deterrent system. Jika sinyal radio sesuai, maka sistem akan mengirimkan sinyal ke bagian engine control module.

Jika sudah sampai tahap ini, mesin mobil akan menyala sebagaimana mestinya. Namun sebaliknya jika sinyal yang diterima tidak sesuai maka mesin mobil tidak akan menyala.

Komponen immobilizer

Ada 3 komponen utama yang terdapat pada immobilizer:

1. Transmitter

Berperan sebagai pengirim gelombang radio ke bagian engine control module

2. Transponder

Kebalikannya dari transmitter, fungsi komponen ini adalah sebagai penerima sinyal gelombang radio yang telah dikirm ke engine control module untuk diidentifikasi.

3. Theft Deterrent System

Merupakan bagian penentu apakah mesin bisa dinyalakan atau tidak. Berperan sebagai pengelola gelombang radio yang telah diterima. Komponen ini kemudian akan menentukan apakah sinyal sudah sesuai atau tidak. Jika sudah komponen ini akan mengirimkan

Kekurangan immobilizer

Nah diatas kita sudah membahas mengenai kelebihan dari immobilizer, maka dari itu ada baiknya kalian simak apa saja kekurangan pada sistem immobilizer:

1. Biaya penggantian kunci yang mahal

Jika seluruh kunci hilang, maka otomatis kalian harus mengganti semua sistem yang ada di dalam mobil. Nah proses inilah yang membuat biaya servis penggantian kunci sangatlah mahal.

2. Proses duplikat kunci lebih runyam

Pada tipe kunci mobil lama, proses duplikat sangatlah mudah, namun sebaliknya di tipe kunci yang menggunakan sistem immobilizer proses lebih runyam.

Hal ini dikarenakan perlunya proses re-program karena kunci menggunakan sistem gelombang radio. Kalian bisa menghubungi pihak dealer untuk keperluan duplikat.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil murah

 Meskipun mobil bisa lebih aman karena sistem immobilizer, lebih baik kalian tetap memberikan asuransi pada mobil kalian. Segala biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi