6 Keuntungan Hidup Sederhana Jadi Kunci Hidup Bahagia dan Bermakna

Aug - 05
2021
keuntungan hidup sederhana

6 Keuntungan Hidup Sederhana Jadi Kunci Hidup Bahagia dan Bermakna

Kebahagiaan merupakan sesuatu yang dicari oleh banyak orang. Banyak orang yang beranggapan bahwa memiliki banyak uang merupakan kunci untuk mendapatkan kebahagiaan. Namun, banyak pula orang yang hidup bergelimangan harta namun merasa kosong di hatinya. Hidup berfoya-foya ternyata tidak selalu menciptakan kebahagiaan. Ada beberapa keuntungan hidup sederhana yang bisa membuat hidup Anda lebih bermakna.

Seorang filsuf bernama Iris Murdoch mengatakan bahwa rahasia untuk mendapatkan kebahagiaan hidup adalah terus melakukan sesuatu yang sederhana. Yang dimaksud sang filsuf adalah kehidupan yang nyaman, aman, dan bermakna dapat diraih dengan menikmati hidup sesuai dengan kebutuhan. Menjalani hidup dengan sederhana.

Hidup sederhana baru-baru ini menjadi trend gaya hidup baru. Meskipun tidak mudah, ternyata melepaskan rasa kemelekatan pada suatu kepemilikan dapat menambah perasaan damai dan bahagia. Hidup menjadi lebih kaya dan bermakna dengan yang lebih sedikit. Selain mendatangkan perasaan nyaman dan bermakna, menjalani hidup sederhana juga mendatangkan banyak keuntungan lainnya.

Keuntungan Hidup Sederhana yang Bikin Bermakna

tips hidup sederhana

1. Meningkatkan rasa syukur

Menerapkan hidup sederhana sedini mungkin dapat mengajarkan kita akan rasa cukup atas apa yang dimiliki. Ketika diri kita bisa merasa cukup, maka rasa syukur terhadap hidup juga akan meningkat. Hidup sederhana dapat mengajarkan pola hidup hemat yang menenangkan dan menguntungkan.

2. Mengasah kemampuan finansial

Keuntungan hidup hemat yang kedua adalah dapat  meningkatkan kemampuan Anda dalam mengatur keuangan. Dengan menerapkan gaya hidup sederhana, Anda juga harus belajar mengatur prioritas. Sikap selektif dalam memilih barang-barang serta kemampuan mengatur keuangan yang baik dapat menumbuhkan kebiasaan menabung.

Jika Anda melakukannya secara konsisten, maka Anda dapat menginvestasikan tabungan Anda tersebut sebagai rencana persiapan masa depan keluarga. Dengan mengatur keuangan dan kebiasaan menabung, Anda dapat memberikan kenyamanan finansial untuk diri Anda di masa depan.

3. Menumbuhkan sikap dermawan

Pola hidup sederhana akan melatih Anda untuk memiliki sikap mental merasa cukup. Sikap demikian dapat mendorong seseorang untuk mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dan membuat keputusan yang lebih bijak. Seseorang yang menerapkan hidup hemat terbiasa mengkonsumsi apa yang mereka butuhkan dan bisa mengalokasikan sisanya untuk hal bermanfaat lainnya, termasuk sedekah.

Baca juga: Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Insecure Agar Hidup Lebih Tenang

4. Melatih tanggungjawab

Sebagaimana sudah dijelaskan pada beberapa poin sebelumnya bahwa menjalani pola hidup hemat akan membuat seseorang terbiasa untuk membeli, memakai, dan menghabiskan barang-barang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini membuat seseorang dengan pola hidup sederhana akan lebih berhati-hati dan lebih menjaga barang yang dimiliki. Sehingga menciptakan sikap yang lebih bertanggung jawab atas barang-barang yang dimiliki.

5. Mengurangi stress

Kok bisa sih hidup sederhana malah mengurangi stress? Terkadang banyak orang berpikir bahwa berbelanja sepuasnya, makan sepuasnya dapat mengurangi stress. Namun seringkali hanya untuk sesaat. Perasaan merasa cukup merupakan kunci untuk tidak stress. Menerima apapun yang sedang terjadi, apapun dan berapapun yang dimiliki.

Ketika Anda menerapkan pola hidup hemat, maka Anda dapat mengelola stress apabila keinginan Anda belum bisa terpenuhi, maka Anda akan menyadari hal tersebut dan belajar mengelola stress dan menerima.

6. Lebih sehat

Untuk menjalani pola hidup sehat, ada satu hal sederhana yang patut dilakukan. Hal tersebut yaitu dengan mengurangi jajan dan atau makan di restoran. Anda bisa menggantinya dengan masakan rumahan yang sudah lebih terjaga gizinya, dan tentu saja lebih murah.

Meskipun terkadang jajan atau menikmati waktu di luar dapat mengurangi stress untuk beberapa orang, namun kebiasaan baik harus tetap dijaga. Anda dapat membuat kesepakatan bahwa ketika bekerja dan ingin beristirahat dengan jajan keluar, maka Anda wajib membatasi frekuensinya agar finansial Anda bisa lebih sehat juga. 

Nah, itu tadi keuntungan hidup sederhana yang sangat sederhana dan mudah diaplikasikan. Kenali kebutuhan Anda, tangani kelemahan Anda, dan maksimalkan potensi Anda. Selamat mencoba, semoga berhasil. 

Baca juga: Ini 7 Tips Hidup Bahagia dan Jadi Lebih Bermakna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid