Ini 7 Tips Hidup Bahagia dan Jadi Lebih Bermakna

Jul - 31
2021
tips hidup bahagia

Ini 7 Tips Hidup Bahagia dan Jadi Lebih Bermakna

Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin bahagia? Semua orang pasti ingin merasakan bahagia. Bahkan banyak orang yang bersedia membayar sebesar berapapun untuk mendapatkan kebahagiaan. Apa yang disebut sebagai kebahagiaan bagi masing-masing orang pun berbeda. Kebahagiaan bisa muncul secara tiba-tiba dari hal yang sederhana, dan bisa menghilang seketika juga karena hal sederhana. Semuanya tergantung pada apa yang ada dalam pikiran Anda saat itu. Oleh akrena itu, Anda perlu mengetahui tips hidup bahagia dan bermakna.

Menjadi bahagia sebenarnya tidak sulit, tidak ribet, dan sangat sederhana. Kebahagiaan bisa kita cari, namun pada dasarnya kebahagiaan bersifat unconditional. Anda bisa merasakan bahagia kapanpun karena apapun. Pikiran Anda akan mempengaruhi Anda dalam memandang sesuatu. Anda lah yang menentukan apakah akan merasa bahagia atau tidak bahagia.

7 Tips Hidup Bahagia Paling Sederhana yang Bisa Dicoba

cara hidup sehat

1. Perbanyak Bersyukur

Kehidupan manusia merupakan jalanan yang berliku, tidak selalu mulus dan lurus. Terkadang, tanjakan hidup terasa sangat tinggi, atau lembah yang dilewati ternyata terlalu luas. Semuanya membuat emosi menjadi tidak stabil dan bisa mempengaruhi bagaimana Anda mendapatkan kebahagiaan.

Hal sederhana pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadi bahagia adalah dengan memperbanyak syukur. Tidak ada yang terlalu lebih maupun kurang, sehingga Anda selalu merasa cukup dan bersyukur. Anda bisa melatihnya dengan meluangkan setidaknya 5 menit sebelum tidur untuk menulis jurnal bersyukur. Hal ini bisa membantu Anda melakukan refleksi kegiatan harian Anda dan mengambil jeda untuk mensyukuri apapun yang sudah Anda lalui.

2. Perbanyak Senyum

Senyum bisa mempengaruhi mood Anda. Gerakan yang Anda latih sebagai ekspresi dapat mempengaruhi pola berpikir. Jika Anda memiliki gesture yang positif seperti banyak tersenyum, Anda juga akan mengundang energi-energi positif yang terus melindungi Anda dan membuat Anda merasa bahagia.

Meskipun kadang sulit tersenyum karena keadaan yang tidak baik, namun dengan tersenyum, Anda bisa memancing rasa bahagia tersebut agar menghampiri Anda. Sehingga latihlah diri Anda untuk selalu tersenyum setidaknya 2 menit setiap pagi sebelum beraktivitas.

3. Rutin Olahraga

Tips hidup bahagia selanjutnya adalah rutin berolahraga. Aktivitas ini tidak hanya membuat Anda merasa lega dan bahagia namun juga membuat Anda semakin sehat. Aktivitas fisik bisa membantu mengurangi stres, rasa cemas, dan gejala depresi. Rutin berolahraga dikaitkan dengan naiknya rasa harga diri dan rasa bahagia.Kita tak perlu berolahraga berat untuk mendapatkan manfaatnya. Anda bisa mulai rutin berjalan kaki berkeliling kompleks, atau melakukan peregangan saat hendak tidur.

Baca juga: Hidup Lebih Sehat dengan Mengetahui 6 Cara Memperbaiki Pola Tidur Ini

4. Tidur dengan Cukup

Istirahat dapat menyegarkan kembali keadaan fisik yang lelah. Pastikan Anda tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Untuk memudahkan diri terlelap, pastikan kamar bersih, tenang, dan gelap. Jangan lupa pula untuk membiasakan tidur dan bangun di jam yang sama untuk menghindari tidur berlebihan.

5. Makan Makanan Sehat

Kondisi badan yang sehat sangat mempengaruhi kondisi hormon dan emosi Anda. Menjaga asupan gizi tertentu dikaitkan dengan kondisi psikologis yang baik, misalnya karbohidrat yang melepaskan serotonin atau si hormone kebahagiaan. Selain itu, makanan tinggi protein juga melepaskan dopamin dan norepinefrin, senyawa yang berefek baik untuk meningkatkan konsentrasi. Sebaliknya, makanan yang telah melalui proses pengolahan yang panjang dan makanan yang digoreng juga cenderung membuat mood menjadi buruk.

6. Digital Detoks

Mengabaikan smartphone memang menjadi hal yang sulit. Apalagi kehidupan secara seluruhnya banyak terekam di sana. Kadang melihat updates teman-teman sosial media bisa membuat seseorang bersemangat sekali. Namun sering juga menimbulkan rasa tidak percaya diri. Ada baiknya Anda mengalokasikan waktu sebentar, misalnya di akhir pekan selama satu jam, untuk mematikan HP dan mengabaikan pesan instan. Anda bisa mengisinya dengan membaca buku, meditasi, jalan-jalan ke taman, atau sekadar berbaring.

7. Sedekah

Jangan pelit! Tips hidup bahagia selanjutnya adalah perbanyak sedekah. Hal sesederhana, Anda memberi makan hewan liar atau menjadi sukarelawan di organisasi yang diminati. 

Nah, itu tadi 7 tips hidup bahagia. Kebahagiaan bisa diperoleh dari berbagai macam, namun tetap bersifat unconditional atau tanpa syarat. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Baca juga: Apa itu Work Life Balance? 5 Tips Jadikan Hidup Lebih Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid