Laboratorium Klinik: Pengertian dan Jenis-jenis Pelayanannya

laboratorium klinik

Bagi yang merasakan gejala masalah kesehatan, kamu bisa segera melakukan pemeriksaan oleh tenaga ahli. Jika diperlukan pengecekan mendalam, nantinya dokter akan dibantu laboratorium klinik untuk mendiagnosis gejala gangguan tersebut.

Cari tahu penjelasan lab klinik di artikel ini.

Pengertian Laboratorium Klinik

Menurut Permenkes RI No. 411/Menkes/Per/III/2010, yang dimaksud laboratorium klinik adalah lab kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, dan memulihkan kesehatan.

Lab ini bertugas dalam menganalisis sampel yang berasal dan diambil dari tubuh manusia untuk tujuan diagnosis, penelitian, atau pendidikan.

Pelayanan pemeriksaan oleh lab klinik tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Hanya pihak tertentu yang bisa meminta bantuannya, seperti fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), dokter, bidan, dan instansi pemerintah untuk kepentingan penegakan hukum.

Lab klinik bisa diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau swasta. Dan setiap penyelenggaraannya harus memiliki izin dari dinas kesehatan dari daerah setempat.

Jenis-jenis Laboratorium Klinik

Berdasarkan jenis pelayanannya, lab klinik terbagi dua jenis.

  • Laboratorium Klinik Umum

Lab umum melayani pengecekan di bidang hematologi (darah), kimia klinik, mikrobiologi klinik, dan imunologi klinik.

Terdapat klasifikasi pada laboratorium umum:

  • Lab klinik umum pratama; melakukan pemeriksaan dengan kemampuan terbatas menggunakan teknik sederhana.
  • Lab klinik umum madya; melayani pemeriksaan dengan kemampuan setara tingkat laboratorium klinik umum pratama, dan menyelediki bidang imunologi dengam teknik sederhana.
  • Lab klinik umum utama; melakukan pemeriksaan dengan kemampuan lebih lengkap dibanding laboratorium klinik umum madya menggunakan teknik automatik.

Yang dimaksud teknik sederhana di sini yaitu penelitian laboratorium dengan alat fotometer, carik celup, pemeriksaan metode rapid, dan mikroskopik sederhana yang memenuhi standar sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara teknik automatik adalah penelitian laboratorium dengan alat automatik yang memenuhi standar sesuai ketentuan berlaku, mulai dari tahap pengukuran sampel hingga pembacaan hasil.

  • Laboratorium Klinik Khusus

Lab tipe ini melayani pemeriksaan pada satu bidang khusus dengan kemampuan tertentu. Lab ini terdiri atas:

  • Lab mikrobiologi klinik; memeriksa mikroskopis, biakan, Identifikasi bakteri, jamur, virus, dan uji kepekaan.
  • Lab parasitologi klinik; mengidentifikasi parasit atau stadium dari parasit, baik dengan mikroskopis atau tanpa pulasan, biakan, imunoesai.
  • Lab patologi anatomik; melakukan pembuatan preparat histopatologi, pulasan khusus sederhana, pembuatan preparat sitologi, dan preparat dengan teknik potong beku.

Kewajiban Laboratorium Klinik

Lab klinik memiliki kewajiban yang perlu dilaksanakan, antara lain:

  • Melaksanakan pemantapan mutu internal dan mengikuti kegiatan pemantapan mutu eksternal yang diakui oleh pemerintah.
  • Mengikuti akreditasi laboratorium yang diselenggarakan oleh Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK) setiap 5 tahun.
  • Menyelenggarakan upaya keselamatan dan keamanan laboratorium.
  • Memperhatikan fungsi sosial.
  • Membantu program pemerintah di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  • Berperan serta secara aktif dalam asosiasi laboratorium kesehatan.

Kesehatan merupakan hal yang paling diinginkan semua manusia. Harga kesehatan disebut tak sebanding dengan nilai apa pun. Untuk itu kamu perlu menjaganya dengan baik agar terhindar dari sejumlah penyakit.

Menjaga kesehatan tentu bisa dengan penerapan gaya hidup sehat. Tak hanya itu, kamu bisa melindungi kesehatanmu dengan proteksi khusus, yakni asuransi kesehatan.

Kamu bisa temukan asuransi kesehatan terbaik, aman, dan terjangkau hanya di Cekpremi. Tim Cekpremi akan merekomendasikan produk yang paling cocok dan sesuai kebutuhanmu, sehingga kamu bisa rasakan manfaatnya tanpa ada kendala.

Segera miliki asuransi kesehatan terpercaya di Cekpremi, dan raih cashback melimpah hanya untukmu.

Pertanyaan Seputar Laboratorium Klinik

[sc_fs_faq html=”true” headline=”h6″ img=”” question=”Apa Kegunaan Pemeriksaan di Laboratorium Klinik?” img_alt=”” css_class=””] Pemeriksaan di lab klinik bertujuan untuk mendiagnosis penyakit. Selain itu, laboratorium klinik bertugas dalam menganalisis sampel yang berasal dan diambil dari tubuh manusia untuk tujuan diagnosis, penelitian, atau pendidikan. [/sc_fs_faq]