11 Daftar Belanja Bulanan Hemat Rumah Tangga dan Tipsnya

Nov - 10
2021
daftar belanja bulanan hemat rumah tangga

11 Daftar Belanja Bulanan Hemat Rumah Tangga dan Tipsnya

Merencanakan dan mengatur daftar belanja bulanan rumah tangga penting untuk dilakukan dengan baik karena bila tidak begitu bisa menyebabkan boros yang kemudian berimbas pada kondisi keuangan Anda. Misalnya belum habis bulan, uang sudah habis. Untuk mengindari masalah semacam itu, yuk, simak list belanja bulanan hemat rumah tangga beserta tipsnya.

Daftar Belanja Bulanan Hemat Rumah Tangga

list belanja bulanan

Ada banyak keuntungan merencanakan belanja bulanan Anda. Pertama Anda akan lebih disiplin karena membeli sesuai dengan kebutuhan. Kedua Anda akan lebih hemat karena Anda hanya membeli apa yang menjadi prioritas Anda.

Berikut adalah list rincian belanja bulanan hemat rumah tangga. Adapun barang-barang yang tertera di bawah ini adalah kebutuhan wajib.

1. Beras, Minyak, dan Bumbu Dapur

Beras dan minyak termasuk sembako yang wajib masuk dalam daftar belanja bulanan Anda. Beras dan minyak yang dijual di pasaran memiliki berat dan harga yang beragam sehingga pastikan kebutuhan setiap bulan Anda berapa dan jangan sampai kelebihan atau kekurangan.

Contoh, apabila Anda dan keluarga setiap harinya jarang makan di rumah, ada baiknya jangan membeli beras yang 20 kg tapi beli saja yang 5 kg. Untuk minyak juga berlaku yang sama apabila Anda jarang masak, sebaiknya jangan membeli yang 2 liter. Beli yang 1 liter pun sudah lebih dari cukup.

Selain itu, untuk kebutuhan bumbu dapur dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan pola makan sehari-hari. Misalnya apabila mayoritas anggota keluarga Anda tidak menyukai pedas jangan membeli merica dalam jumlah banyak.

2. Mie Instan dan Roti

Meski mie instan bukan makanan pokok, akan tetapi penting untuk dimasukkan ke dalam daftar belanjaan sebagai makanan cadangan.

Patut diingat jangan jadikan mie instan sebagai makan pokok atau Anda makan setiap hari karena mie instan tidak baik untuk kesehatan.

Roti juga merupakan karbohidrat dan bisa disantap sebagai cemilan atau sarapan.

3. Telur

Selain mie instan, telur yang dinilai sebagai sumber protein juga penting karena apabila Anda sedang berhemat ada banyak sekali loh olahan makanan yang terbuat dari telur seperti scramble untuk sarapan, dimasukkan ke dalam salad Anda, atau sebagai menu tambahan ketika makan nasi goreng.

4. Sayur dan Buah

Anda dapat menghemat daftar belanjanan bulanan Anda dengan membeli sayur seperti bayam, brokoli, wortel, lettuce, kangkung, tomat, seledri, dan lainnya. Semua sayur ini jika dimasukkan ke dalam kulkas yang dingin dapat bertahan seminggu dan Anda dapat mengolah atau memasaknya sesuai dengan selera Anda.

Untuk buah, pisang dan apel mungkin bisa jadi prioritas. Selain baik untuk kesehatan, pisang dan apel juga dapat disantap untuk sarapan karena mengenyangkan. Harganya pun cukup murah.

Pisang Sunpride umumnya dijual dengan harga tidak lebih dari Rp30 ribu. Sementara apel dengan manfaat kesehatan yang banyak dijual dengan harga Rp50 ribu-an per 1 kg.

5. Ikan, Ayam, atau Daging

Ketiga jenis makanan ini juga penting Anda masukkan dalam daftar belanja bulanan rumah tangga setiap bulannya. Hal ini dikarenakan mereka adalah sumber protein.

Anda bisa memilih ikan atau ayam apabila Anda merasa daging harganya terlalu mahal atau menggantinya dengan bakso. Yang penting, sumber protein Anda tercukupi setiap harinya.

6. Makanan Frozen

Makanan frozen seperti sosis dan nugget bisa membantu Anda apabila Anda sedang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak. Sosis dan nugget mudah disiapkan karena hanya digoreng saja, keduanya sudah siap untuk disantap.

Ada beberapa merek sosis dan nugget yang dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal atau dengan harga yang tidak lebih dari Rp50 ribu per 500 gramnya sehingga daftar belanja bulanan Anda bisa terus hemat.

7. Sabun Cuci

Sabun cuci baik itu sabun cuci baju, pewangi, sabun cuci piring, dan sabun untuk mengepel ruangan penting Anda masukkan dalam list belanja. Tips memilihnya adalah pilih yang harganya termurah tapi tentu dengan harum yang menurut Anda enak.

8. Tissue

Jangan ketinggalan memasukkan tissue ke dalam daftar belanja bulanan Anda. Tissue jenisnya bermacam-macam ada tissue wajah, tissue toilet, dan tissue dapur. Ada baiknya ketiganya Anda beli tapi belilah sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan.

9. Perlengkapan Mandi

Sabun mandi, sampo, sabun cuci muka, pasta gigi, dan sikat gigi sama pentingnya untuk Anda masukkan dalam daftar belanja bulanan hemat anda. Tipsnya jangan memilih, misalnya, sampo atau sabun cair mandi yang ukurannya terlalu besar. Pilih secukupnya saja yang cukup Anda pakai dalam waktu sebulan.

10. Penunjang Barang Elektronik

Penunjang barang elektronik di sini adalah baterai baik itu baterai besar, AA, dan AAA. Baterai AA biasanya dipakai untuk remote televisi. Baterai besar untuk water heater apabila Anda menggunakannya dan baterai AAA untuk AC.

Akan tetapi sebelum membeli baterai cek dulu apakah Anda masih menyimpan stok atau tidak. Kalau masih belilah seperlunya.

11. Vitamin  dan Obat-obatan

Daftar belanja lainnya yang wajib di setiap bulannya adalah obat-obatan sebagai pertolongan pertama. Obat maag, flu, sakit kepala, batuk, betadine, dan lainnya penting untuk dibeli sebagai persediaan jika tiba-tiba Anda atau keluarga jatuh sakit yang tidak terlalu parah.

Selain itu, vitamin juga penting Anda beli setiap bulannya untuk menjaga agar tubuh Anda tetap fit.

Tips dan Cek List Belanja Bulanan Rumah Hemat untuk Rumah Tangga

cek list belanja bulanan

Setelah mengetahui daftar belanja bulanan hemat rumah tangga di atas, berikut ini adalah tips yang dapat Anda praktikan setiap kali belanja agar tidak boros.

1. Susun Skala Prioritas

Anda patut memahami bahwa tidak semua daftar belanja bulanan hemat harus dibeli sekaligus di awal bulan dan tiap bulan. Mungkin ada beberapa kebutuhan yang bisa dibeli bulan depan. Oleh karena itu, sebelum berbelanja, cek barang-barang apa saja yang ingin diprioritaskan bulan ini.

2. Catat Daftar Belanjaan Anda

Sebelum pergi ke supermarket untuk berbelanja atau belanja online, catatlah terlebih dahulu segala kebutuhan yang Anda perlukan dalam satu bulan. Dan buatlah daftar belanja langsung untuk 1 minggu hingga 1 bulan. Kenapa ada 1 minggu? Karena makanan seperti sayur dan buah umumnya tidak bertahan satu bulan sehingga Anda juga butuh membuat daftar belanja mingguan.

Dengan mencatat Anda bisa menahan hasrat untuk membeli barang yang tidak Anda perlukan, cukup membeli barang yang betul-betul Anda butuhkan seperti makanan, minuman, obat-obatan, sabun cuci, keperluan mandi, dan lainnya.

3. Waktu Belanja yang Tepat

Berkunjunglah ke supermarket pada waktu yang tepat seperti di akhir bulan, hari libur, hari minggu. Biasanya supermarket memberikan diskon atau potongan harga yang membuat Anda bisa lebih berhemat.

Pilihlah waktu belanja di jam-jam tanggung seperti jam 11 atau setelah jam makan siang gunanya untuk menghindari keramaian dan lama mengantri saat di kasir.

4. Bandingkan Harga

Harga di tiap supermarket, toko klontong, atau bahkan situs belanja online sering kali berbeda-beda. Ada baiknya Anda membandingkan harga terlebih dahulu.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset di internet karena saat ini sudah ada beberapa supermarket dan minimarket yang menawarkan layanan belanja online. Kalau tokonya tidak tersedia secara online, Anda bisa bertanya kepada kerabat.

5. Manfaatkan Kupon Belanja

Gunakan dengan sebaik mungkin kupon belanja yang Anda miliki, karena dengan kupon belanja biasanya Anda bisa mendapatkan barang gratis. Kupon belanja biasanya didapat dari hasil belanja sebelumnya, promo dari aplikasi, atau lainnya.

6. Bayar dengan Uang Tunai

Gunakanlah uang cash sebagai metode pembayaran. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami pemborosan. Hindari penggunaan kartu kredit atau aplikasi pinjaman online agar Anda mengetahui batas anggaran belanja Anda sendiri.

7. Beli Produk Lokal dan Obat Generik

Beli dan gunakan produk lokal karena harganya lebih murah dibanding produk atau barang makanan impor. Apabila setiap bulan Anda membeli vitamin dan obat-obatan, kalau ada pilihan obat generiknya, belilah obat generiknya saja karena harganya pun lebih murah.

8. Kartu Supermarket

Supermarket biasanya menawarkan kartu tertentu untuk memberikan potongan untuk Anda ketika belanja. Meskipun awalnya harus membayar mahal, namun ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kartu supermarket tersebut, sehingga tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kartu dari supermarket.

9. Jangan Bawa Anak

Tips yang satu ini berlaku bagi Anda yang mempunyai anak usia di bawah 15 tahun. Biasanya anak suka merengek jika tidak dibelikan barang yang dia inginkan. Sebaiknya ketika belanja bulanan, anak tidak usah dibawa kalau Anda bisa menitipkannya.

Kalau tidak ada kerabat yang bisa dititipkannya, ada baiknya Anda memberikan pendidikan finansial sejak dini kepada anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *