Tips Dan Trik Dalam Melakukan Cornering

Image Source cornering-indonesia.com
Image Source cornering-indonesia.com

Cornering dalam bahasa indonesia artinya adalah menikung. Mungkin bagi para rider sudah tidak asing lagi saat mendengar istilah cornering. Saat melakukan riding pun pastinya mendengar istilah cornering yang menikung adalah sesuatu yang membuat rider pemula merasa sedikit tegang khususnya bagi pemula yang baru saja belajar naik sepeda motor. Cornering dalam pertandingan road race pasti dibutuhkan karena skill/ilmu ini yang akan menentukan posisi anda apakah menjadi pemenang ataupun kalah dalam ajang tersebut.

Saat Anda proses belajar atau melakukan cornering jangan di lakukan di jalan umum karena nanti akan berakibat fatal. Cornering atau orang lebih akrab dengan istilah BR kepanjangan dari Belok Rebah. Ilmu dasar road race ini harus Anda pahami agar tidak terjadi kesalahan dan yang terpenting adalah rajin latihan secara terus menerus sampai Anda bisa dan memahami motor yang Anda gunakan.

Berikut ini beberapa Tips Dan Trik Dalam Melakukan Cornering

Teknik Pengereman

Image Source komunitascb150rsurabaya.blogspot.com
Image Source komunitascb150rsurabaya.blogspot.com

Dengan Menggunakan REM depan belakang dan juga menurunkan grip gas, turunkan kecepatan sebelum mencapai ke tingkungan. Hal ini penting disaat Anda melakukan proses downshiftting (turun gigi). Saat motor masih dalam kondisi bertenaga dan juga masih melaju dalam posisi lurus, pastikan juga bahwa kompling sudah di lepas dan grip gas sudah stabil sebelum kita mencapai tingkungan, selanjutnya anda tinggal menikungan saja.

Posisi Motor

Image Source archive.kaskus.co.id
Image Source archive.kaskus.co.id

Bawa/arahkan motor dari bagian luar jalan terlebih dahulu untuk itu kemudian menuju ke sisi dalam tikungan (out to in), mempersiapkan ancang-ancang saat ingin menikung. Di jalan raya terdapat 2 arah yaitu jalan kiri dan jalan kanan. Saat Anda memasuki tikungan ke kanan maka bagian luar tikungan adalah bahu/pinggir jalan, sedangkan sisi dalam adalah yang mendekati tapi tidak melewati marka tengah jalan, dan begitu pula sebaliknya untuk tikungan ke kiri. Prinsip “out to in” atau ancang-ancang sangat menguntungkan bagi rider, karena dapat membantu memberikan ruang dan juga sudut pandang yang luas saat melakukan cornering, ancang-ancang saat menikung sangat diperlukan.

Posisi Tubuh

Image Source sijidewe.com
Image Source sijidewe.com

Geser Titik beban tubuh Anda ke bagian dalam tikungan yang akan di lalui. Istilah dalam dunia road race adalah body steering. Apabila Anda berada di jalan raya posisi badan yang terlalu bergelantungan/over keluar, tentunya akan menyulitkan rider itu sendiri untuk melakukan maneuver. Maka apabila ada gangguan ataupun bahaya secara mendadak saat menikung tentunya akan merepotkan. Untuk para pemula cukup hanya menggeser posisi duduk menjadi lebih condong ke dalam tikungan saja, bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan ataupun kecelakaan.

Teknik Dalam Meng-Gas

Image Source 7leopold7.com
Image Source 7leopold7.com

Ketika motor Anda sudah mulai merebah untuk menikung dijalan, Anda bisa buka sedikit grip gas motor dengan lembut dan perlahan-lahan untuk menjaga kestabilan dan juga kecepatan motor supaya tidak melambat (deselerasi). Tujuan dari hal tersebut yaitu agar motor yang kita kendarai lebih stabil, bukan untuk mengejar speed. Kesalahan umum yang sering terjadi saat menikung ialah lupa membuka grip gas atau ada juga yang membuka grip gas secara mendadak didalam menikung, hal ini tentunya akan mengagetkan motor Anda, membebani suspensi dan juga ban depan secara berlebihan. Sehingga traksi ban belakang akan berkurang karena titik beratnya akan banyak bergeser ke ban depan. Prinsipnya sebenarnya cukuplah simple dalam posisi menikung yaitu ”apabila gas motor turun (ditutup) maka akan semakin mudah untuk melakukan miring karena tertarik gravitasi” sebaliknya ”apabila gas motor dibuka maka akan seperti melawan gaya gravitasi yaitu akan tegak dengan sendirinya”.

Image Source www.superbike-coach.com
Image Source www.superbike-coach.com

Apabila sudah selesai dan sudah Keluar dari tikungan, silahkan anda kembali untuk tarik grip gas dengan memacu motor anda untuk ber-akselerasi. Saat balapan skill menarik gas, transmisi, cornering, dan hingga memahami motor yang digunakan adalah kuncinya balapan. Saat motor sudah selesai tikungan Anda bisa memacu motor dengan menarik grip gas dan pacu motor Anda, jangan sampai over saat menambah tranmisi (gigi motor) Anda. Itulah beberapa Tips Dan Trik Cornering Yang Baik Dan Juga Benar. Tetap patuhi aturan berlalu lintas, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

 

Sepeda Motor
Cek premi termurah asuransi motor anda disini (Klik Gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

December 2, 2015

Posted In: Automotive, Intermezzo, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami