Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung, Apa Saja?

Aug - 18
2021
makanan sehat untuk jantung dan lambung

Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung, Apa Saja?

Sebagai organ yang memiliki fungsi penting, kesehatan jantung dan lambung harus senantiasa dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan kedua organ tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan sehat nan bergizi. Apa saja makanan sehat untuk jantung dan lambung?

Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung

Jantung dan lambung rentan terkena sejumlah jenis penyakit. Celakanya, penyakit jantung dan lambung ini sangat berdampak negatif bagi tubuh, bahkan membahayakan nyawa sekalipun.

Itu sebabnya, menjaga kesehatan jantung dan lambung wajib dilakukan dari sekarang, salah satunya dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat bergizi ini:

1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan kandungan kalium dan serat. Zat-zat tersebut sangat penting untuk menjaga organ jantung tetap berfungsi dengan baik.

Sementara itu, terkait dengan lambung, papaya mengandung enzim papain. Enzim ini bertugas untuk membantu proses pemecahan protein asam amino. Dengan demikian, beban lambung dan sistem pencernaan menjadi tidak berat.

2. Pisang

Makanan sehat untuk lambung dan jantung yang selanjutnya adalah pisang. Sama seperti papaya, pisang baik untuk kesehatan jantung karena buah ini mengandung kalium dan serat.

Kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi tegangan pada pembuluh darah dan serat berfungsi untuk menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’.

Seperti diketahui, tekanan darah dan kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan pemicu utama dari masalah pada jantung.

Pisang juga baik untuk lambung karena buah ini mengandung asam dalam jumlah rendah sehingga tidak memicu kenaikan asam lambung, terutama bagi Anda yang memang sudah mengidap penyakit lambung kronis.

Sementara itu, tekstur pisang disebut-sebut dapat melindungi dinding kerongkongan (esofagus) dari asam lambung yang naik pada penderita GERD.

Baca juga: 9 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

3. Rempah-Rempah

Jantung adalah organ yang sangat sensitif dengan garam. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung banyak garam agar fungsi organ jantung tetap terjaga dengan baik.

Salah satu solusi agar asupan garam harian Anda terkontrol adalah dengan menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu masak. Rempah-rempah dianggap lebih menyehatkan ketimbang garam tapi tetap dapat menghasilkan cita rasa masakan yang lezat.

Sementara itu, rempah-rempah seperti jahe juga baik untuk kesehatan lambung. Bahkan, Anda disarankan untuk mengonsumsi jahe untuk meredakan gejala maag yang datang menyerang.

4. Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, maupun sawi hijau juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung dan lambung. Pasalnya, sayuran berdaun hijau mengandung sejumlah nutrisi yang menurut penelitian terbukti baik untuk kesehatan kedua organ tersebut.

Sayuran hijau diklaim dapat:

  • Mengendalikan tekanan darah
  • Meminimalisir kekakuan sel
  • Menurunkan kolesterol ‘jahat’

Sedangkan untuk lambung, sayuran berdaun hijau diketahui memiliki kadar gula dan lemak yang rendah sehingga tidak memicu kenaikan asam lambung secara berlebih.

5. Ikan Salmon

Makanan sehat untuk jantung dan lambung lainnya adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang menurut banyak penelitian sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida darah. Perlu diketahui, tingginya kadar trigliserida darah sangat berperan dalam meningkatkan risiko penyakit jantung.

Karena mengandung asam lemak tak jenuh ini jugalah, ikan salmon aman untuk lambung Anda.

Itu dia macam-macam jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan lambung. Konsumsilah makanan-makanan tersebut secara rutin agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit jantung maupun lambung.

Sebaliknya, hindari makanan-makanan yang dapat memicu penyakit jantung maupun lambung seperti makanan berlemak, berminyak, atau bersantan.

 

Lindungi diri Anda dan keluarga tercinta dengan asuransi kesehatan terbaik! Bandingkan berbagai asuransi kesehatan terpercaya di Cekpremi.com sekarang juga dan nikmati promo-promo menariknya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid