Menurunkan Gula Darah, Cara Efektif dan Aman

menurunkan gula

Artikel ini membahas tentang cara menurunkan gula darah yang bisa kamu coba dan relatif aman. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari kelelahan hingga penyakit jantung dan diabetes. Beberapa tips di bawah ini dapat kamu coba.

Tips Menurunkan Gula Darah

  • Konsumsi Bawang Putih

Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan makan makanan yang sehat. Bawang putih merupakan bahan yang populer dalam pengobatan tradisional untuk diabetes dan berbagai macam kondisi lainnya. Senyawa dalam bawang putih dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin. Dalam sebuah studi dari Dove Medical Press, sebanyak 60 orang dengan diabetes tipe 2 dan obesitas mengkonsumsi metformin saja atau kombinasi metformin dan bawang putih 2 kali sehari setelah makan selama 12 minggu. Orang yang mengkonsumsi metformin dan bawang putih mengalami penurunan yang lebih signifikan dalam kadar gula darah puasa dan pasca makan.

  • Konsumsi Buah Berry

Buah berry mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah. Studi dari U.S National Library of Medicine menemukan bahwa makan 250 gram raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat mengurangi insulin dan gula darah pasca makan, terutama pada orang dewasa dengan prediabetes, dibandingkan dengan kelompok lainnya. Selain raspberry, stroberi, blueberi, dan blackberry dapat bermanfaat untuk mengatur gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

  • Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur bisa membantu kamu mencapai dan mempertahankan berat badan serta meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan peningkatan sensitivitas insulin, sel-sel kamu lebih mampu menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah. Olahraga juga membantu otot kamu dalam menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot. Bentuk latihan atau olahraga yang berguna termasuk jalan cepat, lari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dan lain sebagainya.

  • Tidur yang Cukup

Cara yang aman untuk menurunkan gula darah tinggi adalah dengan tidur yang cukup. Kurang tidur ternyata dapat menaikkan gula darah dan mengurangi sensitivitas insulin. Pastikan kamu tidur 7 hingga 8 jam. Kurang tidur juga bisa memicu kenaikan berat badan. Padahal orang yang memiliki kadar gula darah tinggi perlu menjaga berat tubuhnya.

  • Minum Air Putih

Cara selanjutnya untuk menurunkan kadar gula darah tinggi minum air putih. Fungsinya untuk meringankan gejala sekaligus mencegah terjadinya dehidrasi berat saat mengalami gula darah tinggi. Naiknya gula darah akan membuat tubuh mencoba menetralisasi kelebihan gula dari darah dengan membuangnya melalui urine. Inilah yang menyebabkan kamu bisa terus-menerus buang air kecil. Untuk itu, kamu perlu cukup air supaya tetap terhidrasi.

Proteksi dari penyakit juga akan semakin lengkap apabila kamu menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust dan Lippo Healthplus.

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust. Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia.

Lippo Healthplus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan per tahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 900 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi eBenefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Jangan khawatir jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit karena Lippo Healthplus menyediakan 24 jam contact center dan monitoring. Mereka juga menyediakan Personal Medical Assistance dan memberikan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Menurunkan Gula Darah

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Buah apa yang bisa menurunkan gula darah?” answer-0=”Selain raspberry, penelitian menunjukkan, stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat bagi manajemen gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bagaimana cara menurunkan gula darah secara alami?” answer-1=”Batasi karbohidrat. Konsumsi serat. Konsumsi makanan rendah indeks glikemik. Banyak minum air putih. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]