Mengenal Tanaman Porang dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Agu - 24
2021
manfaat porang

Mengenal Tanaman Porang dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa waktu yang lalu, Presiden Joko Widodo melalui akun Instagramnya membagikan momen ketika tengah berkunjung ke pabrik pengolahan tanaman porang di Jawa Timur. Sontak, tanaman ini menjadi perbincangan di kalangan warganet. Lantas, apa itu porang? Apa manfaat porang bagi kesehatan?

Apa Itu Tanaman Porang?

Porang adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang banyak tumbuh di daerah hutan tropis. Itu sebabnya, tanaman ini dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia yang notabene beriklim tropis.

Tanaman yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri ini memiliki ciri-ciri daun lebar berwarna hijau muda, dan kulit batang yang halus. Sementara umbinya berwarna kekuningan dan terdapat bintil-bintil. Tanaman dapat tumbuh hingga maksimal 1,5 meter.

Porang masih satu keluarga dengan Aracacea atau yang lebih kita kenal sebagai bunga bangkai.

Di Indonesia, tanaman ini dibudidayakan untuk dijadikan komoditas ekspor ke sejumlah negara seperti Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, dan Australia. Porang nantinya akan diolah lagi menjadi tepung, agar-agar, bahkan produk kosmetik.

Manfaat Porang bagi Kesehatan Tubuh

Sama seperti umbi-umbian lainnya, porang mengandung sejumlah zat bergizi seperti serat, protein, karbohidrat, dan vitamin. Itu sebabnya, tanaman ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tanaman porang bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Porang mengandung zat yang bernama glukomanan. Menurut penelitian dari Diabetes Research and Clinical Practice, zat ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa), khususnya pada penderita diabetes.

Pasalnya, glukomanan bekerja dengan cara menekan hormon pemicu rasa lapar. Dengan begitu, frekuensi makan bisa lebih terkendali yang kemudian berdampak pada melambatnya penyerapan karbohidrat. Inilah yang membuat gula darah tetap terkontrol.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan glukomanan pada tanaman porang juga membuatnya diklaim dapat membantu melancarkan pencernaan, pun mengatasi gangguan pencernaan seperti susah buang air besar alias sembelit.

Menurut studi, penderita sembelit yang mengonsumsi glukomanan selama 10 hari diklaim dapat sembuh dari gangguan medis yang dialaminya tersebut.

3. Menurunkan Berat Badan

Masih terkait dengan glukomanan, manfaat porang bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah studi yang dirilis oleh Journal of The American College of Nutrition.

Menurut studi tersebut, glukomanan memiliki cara kerja yang dapat meminimalisir jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: 10 Manfaat Jahe Merah bagi Kesehatan, Ampuh Tangkal Covid!

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ dan trigliserida adalah dua musuh utama tubuh karena keduanya menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke yang membahayakan nyawa.

Ada banyak cara menurunkan kadar kolesterol secara alami, salah satunya dengan mengonsumsi tanaman porang. Menurut penelitian, porang terbukti dapat menurunkan kadar lemak LDL dan juga trigliserida.

5. Mencegah Kanker

Manfaat porang bagi kesehatan lainnya yang tidak kalah penting adalah mencegah kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwasanya tepung konyaku yang terbuat dari porang terbukti dapat mencegah kanker paru-paru.

Sementara itu, bagi penderita kanker, kandungan zat pada tanaman porang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Akan tetapi, hasil penelitian ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut karena objek yang diteliti masih sebatas hewan.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan serat pada porang juga membuat umbi-umbian ini diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, serat sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

Usus adalah organ pencernaan yang juga menjadi salah satu sistem utama pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Usus yang tidak sehat dikaitkan dengan rentannya tubuh untuk terkena infeksi.

Itu dia informasi seputar manfaat porang bagi kesehatan tubuh. Dengan mengetahui sederet manfaat yang dihasilkan oleh tanaman ini, rasanya Anda perlu mengonsumsinya secara rutin sebagai upaya untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain menerapkan pola hidup sehat, termasuk makan makanan bergizi, lindungi juga diri Anda dan keluarga dari risiko penyakit dengan asuransi kesehatan terbaik dan terpercaya. Temukan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan Anda di Cekpremi.com sekarang juga dan nikmati promo diskon hingga 10 %!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid