WFH Terus Takut Sering Rebahan? Ini Tips Produktif Selama Pandemi

Aug - 24
2021
tips produktif selama pandemi

WFH Terus Takut Sering Rebahan? Ini Tips Produktif Selama Pandemi

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda pandemi covid-19 akan berakhir. Sebelum pandami, aktivitas serba online jarang sekali ditemukan. Sementara selama pandemi ini, bekerja, sekolah, ibadah dan lainnya serba online dari rumah. Biar kamu tetap aktif, ada tips produktif selama pandemi yang akan dibahas dalam artikel ini.

Selagi di rumah, tentu kita merasakan perbedaan kebiasaan dengan tempat kita melaksanakan aktivitas sebelumnya, misalnya kerja, kuliah, dan sekolah. Alih-alih melakukan kegiatan produktif, kita malah banyak menghabiskan waktu untuk bersantai dan rebahan.

Merupakan hal yang wajar apabila kamu merasa bosan dengan situasi pandemi yang membuat sebagian kegiatan menjadi terbatas. Maka dari itu, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan beraktivitas, salah satunya dengan tetap produktif saat bekerja.

Tetap produktif bekerja saat pandemi adalah hal penting, karena hal tersebut dapat membantu kamu untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan melakukan kegiatan dan menghasilkan karya, baik untuk karir atau apapun yang kamu inginkan. Untuk menghindari kegiatan tak berfaedah selama bekerja atau belajar di rumah, ada beberapa cara untuk membuat kita tetap produktif. Beberapa tips tersebut di antaranya adalah:

Tips Produktif Selama Pandemi dan WFH

tips membuat to do list

Buat Jadwal

Dengan membuat jadwal, kamu akan mengetahui apa saja yang harus dikerjakan berdasarkan prioritas yang ada. Hal ini dapat membuatmu menghindari membuang waktu untuk memikirkan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Kamu juga bisa membuat jadwal sesuai dengan kebutuhan, baik jadwal harian atau mingguan yang penting, mari dimulai. Meskipun sebelum pandemi kamu tidak terbiasa melakukannya, tidak ada salahnya untuk memulai sesuatu.  

Charge Gadget Sebelum Memulai Hari

Jangan lupa untuk mengisi daya ponselmu. Sebagai senjata utama produktivitas jarak jauhmu, kamu harus memastikan dayanya cukup. Lupa mengisi daya ponsel merupakan hal remeh namun dapat mengganggu produktivitas kerja secara signifikan.

Dengan mempersiapkannya, kamu bisa sedikit lega apabila ada pemadaman listrik saat jam kerja, karena baterai laptop dan smartphone masih penuh. Lalu dengan power bank yang terisi penuh, setidaknya kamu bisa mengisi daya smartphone dan tetap memberikan kabar kepada orang kantor.

Baca juga: Apa itu Work Life Balance? 5 Tips Jadikan Hidup Lebih Berkualitas

Lakukan Rutinitas Pagi Seperti Biasa

Suasana mirip “hari libur” merupakan godaan terbesar selama bekerja dari rumah. Karena dilakukan dirumah dan tidak di kantor,maka suasana yang terbangun pun dengan atmosfer rumah dimana sangat mirip dengan hari libur ketika sebelumWFH marak diterapkan. Cara menanganinya ada tetap mandi pagi, pakai baju nyaman sebagaimana ketika kamu tidak sedang libur.

Atur Suasana

Setelah mandi dan sarapan, kamu bisa mulai untuk mengatur suasana yang nyaman untuk bekerja. Pilihlah ruangan atau tempat di rumah yang memiliki pencahayaan baik dan ventilasi yang cukup. Kalau perlu, kamu bisa memutar playlist kesukaan dan membuat kopi/teh/susu sebagai teman kerja.

Terapkan Teknik Pomodoro

Secara sederhana, Teknik Pomodoro ini adalah melakukan aktivitas (khususnya belajar/kerja) dengan menerapkan interval selama 25 menit yang diisi oleh waktu istirahat selama 5-20 menit.

Cara untuk melakukan Teknik Pomodoro ini adalah:

  • Siapkan pekerjaan yang harus diselesaikan
  • Set timer di smartphone selama 25 menit
  • Lakukan pekerjaan seperti biasa
  • Berhenti dan ambil istirahat 5 menit bila timer sudah berbunyi
  • Setelah 5 menit, lanjutkan kembali pekerjaanmu dan atur timer lagi selama 25 menit
  • Setelah kamu mengulangi alur yang sama sebanyak 4 kali, kamu bisa mengambil istirahat panjang yaitu 15-30 menit

Kalau kamu merasa lelah karena bekerja seharian, sebaiknya kamu mulai untuk menerapkan teknik pomodoro ini agar tubuh dan pikiran tetap fresh serta mampu meningkatkan produktivitas.

Ingat, Kesehatan yang Terpenting!

Walaupun bekerja dari rumah, jangan pernah abai dengan kesehatanmu, ya! Tidur yang cukup, rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat dan vitamin adalah kunci agar tubuh senantiasa dalam keadaan prima untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dan deadline yang tetap ada di saat pandemi.

Itu tadi tips produktif selama pandemi. Memastikan produktivitas kerja tetap terjaga adalah keharusan agar tetap profesional, tapi jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh, ya!

Baca juga: Cermat Kelola Gaji dengan 6 Cara Mengatur Uang Belanja Harian Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid