Berapa Lama Masa Pakai Umur Aki Mobil?

Aug - 24
2021
umur aki mobil

Berapa Lama Masa Pakai Umur Aki Mobil?

Aki mobil memegang peranan penting agar mobil bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Aki memegang peranan penting dalam sistem kelistrikan suatu mobil. Maka dari itu penting bagi pemilik mobil untuk tahu berapa lama umur aki mobil. Hal ini harus diingat agar kalian terhindar dari mobil mogok. Yuk simak berapa lama umur aki mobil yang idel di artikel ini!

Umur aki mobil yang ideal

Pada umumnya sebuah aki mobil dapat bertahan selama 2-5 tahun. Mau apapun merk sebuah aki mobil, jika aki tersebut sudah lulus uji kelayakan maka rentang umur aki tersebut adalah selama 2-5 tahun. Nah umur ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, lalu bagaimana agar aki mobil bisa tahan lama? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini ya!

Bagaimana cara agar aki tahan lama?

1. Usahakan agar mobil tidak diparkirkan di tempat terbuka

Paparan sinar matahari secara langsung akan membuat kap mobil panas. Akibatnya aki pun menjadi cepat habis dan tidak tahan lama. Jika terpaksa, pastikan kalian membawa cover mobil untuk melindungi mobil dari sinar matahari ya!

2. Mobil jarang dipakai

Mobil yang jarang dipakai juga membuat aki tidak tahan lama. Hal ini dapat terjadi karena saat mesin mati terus menerus pengisian daya pada aki akan lebih minim dan lama kelamaan aki pun bisa habis.

3. Pastikan aki selalu terikat baik dengan klemnya

Aki yang tidak terikat dengan baik akan menyebabkan aki korslet dan akhirnya masa pakai aki pun akan berkurang.

Baca juga: Jangan Terbalik, Ini Cara Pasang Aki Mobil yang Benar! 

4. Matikan lampu saat mesin mobil dimatikan

Sesudah kalian memakai mobil, pastikan juga lampu dimatikan. Jika tidak hal ini akan membuat aki cepat habis karena lampu yang mati secara dipaksakan.

5. Cek kondisi aki secara berkala

Tips terakhir agar aki memiliki masa pakai yang lama, adalah dengan mengecek aki secara berkala. Bersihkan jika ada kotoran menempel pada aki agar usia aki mobil makin panjang.

Baca juga: 5 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Aki Tidak Soak!

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil murah

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi