7 Masalah di Rumah saat Musim Hujan: Atap Bocor, Taman Rusak, dll

atap bocor

Last Updated on November 3, 2021 by Rhandy Verizarie

Memasuki musim hujan, tak jarang kita menemukan berbagai permasalahan pada rumah, seperti atap bocor, perabotan rusak, dan sebagainya. Hal ini tentu saja akan mengurangi kenyamanan Anda dan penghuni rumah lainnya. Lantas, apa saja saja macam-macam masalah pada rumah saat musim hujan? Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Simak informasi selengkapnya berikut ini, yuk!

Macam-Macam Masalah pada Rumah saat Musim Hujan

Berikut ini adalah beberapa contoh masalah pada rumah saat musim hujan tiba beserta cara mengatasinya yang penting untuk Anda ketahui:

1. Atap Bocor

Atap bocor menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada rumah saat musim hujan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, yang paling umum adalah atap mengalami keretakan.

Ini tentunya akan membuat Anda tidak nyaman, bukan? Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cara melapisi atap yang retak dengan cat pelapis anti bocor.

2. Septic Tank Berbau

Septic tank adalah tempat untuk menampung kotoran. Nah, acap kali aroma tidak sedap dari septic tank tercium ke mana-mana saat hujan deras. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Biasanya, penyebab terciumnya bau tidak sedap ini adalah adanya kebocoran pada septic tank, utamanya jika hujan cukup deras.

Hujan yang turun pastinya membuat basah tanah yang menjadi tempat septic tank ditanam.

Alhasil, tanah menjadi lembab dan membuat sambungan pipa septic tank longgar.

Apabila hujan deras turun terus menerus, hal ini berpotensi menyebabkan keretakan pada dinding septic tank.

Nah, akibatnya, air septic tank akan rembes ke dalam tanah, sehingga muncul bau tidak sedap.

Umumnya, kondisi ini terjadi pada septic tank yang sudah berusia lama. Namun, tidak menutup kemungkinan septic tank baru juga bisa mengalaminya.

Cara Mengatasi Septic Tank Bau

Begini cara mencegah dan mengatasi septic tank yang bau:

  • Lakukan pengecekan pipa septic tank secara berkala
  • Lakukan pengecekan sambungan pipa secara rutin
  • Kosongkan septic tank secara berkala

3. Pintu Kayu Tidak Bisa Ditutup Rapat

Masalah di rumah saat musim hujan tiba yang selanjutnya adalah pintu tidak bisa ditutup rapat, khususnya pintu kayu. Apa penyebabnya?

Perlu dipahami bahwa masalah ini berkaitan dengan perubahan cuaca. Akibat cuaca yang berubah tersebut, otomatis ukuran dan bentuk kayu pun ikut mengalami perubahan.

Pasalnya, saat musim hujan seperti sekarang, Tingkat kelembapan udara akan meningkat yang akhirnya menyebabkan pintu mengembang. Hal ini semakin menjadi-jadi apabila pintu rumah Anda terkena percikan air hujan.

Cara Mengatasi Pintu Kayu Tidak Bisa Ditutup Rapat

Pintu yang tidak tertutup rapat tentu bisa membahayakan. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah yang satu ini? Jawabannya, Anda bisa menyerut pintu agar jadi lebih tipis sehingga pas dengan kusen.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, lepaskan pintu dari kusen
  • Serut bagian pintu kayu yang mengembang
  • Serut sekitar 1-2mm atau sampai pintu bisa kembali tertutup rapat

4. Arus Pendek Listrik

Air hujan bisa juga menetes ke kabel listrik di rumah Anda. Hal ini juga berbahaya karena berpotensi memicu terjadinya hubungan arus pendek.

Mengingat betapa bahayanya arus pendek listrik, maka Anda harus melakukan langkah-langkah pencegahan masalah rumah saat hujan yang satu ini sedini mungkin.

Ini lokasi yang harus diwaspadai:

  • Kabel yang ada di luar rumah yang ada di atas permukaan tanah,
  • Kabel yang ada di dalam rumah, namun atap bocor atau dinding rembes.

Kenapa kabel harus diperhatikan dengan baik?

Kalau hubungan arus pendek sudah terjadi, maka fatalnya akan terjadi kebakaran di rumah.

Apabila Anda menemukan kabel yang terbuka atau lapisannya terkelupas, maka sebaiknya segera diganti.

Cara Mencegah Arus Pendek Listrik

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar listrik di rumah terhindar dari arus pendek yang berbahaya:

  • Mencabut perangkat elektronik saat terjadi hujan yang disertai petir
  • Memotong ranting pohon yang berdekatan dengan tiang listrik
  • Memeriksa kondisi kabel listrik di rumah secara berkala

5. Ruangan Menjadi Dingin

Hujan secara otomatis membuat suhu udara menjadi tambah dingin. Hal ini sebenarnya menyenangkan ketimbang Anda harus berpanas-panasan.

Namun, ada kalanya suhu udara di dalam rumah menjadi sangat dingin sampai-sampai Anda tidak nyaman, terutama saat tidur.

Nah, jika demikian, maka Anda butuh sejumlah barang yang berfungsi menangkal dingin tersebut. Barang-barang yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Selimut tebal
  • Bantal dan guling berbahan wol
  • Lampu tidur
  • Lilin aromaterapi

6. Taman Rusak

Permasalahan lainnya yang kerap terjadi di rumah saat musim hujan adalah taman yang rusak.

Nah, tidak hanya mengurangi estetika, kondisi ini juga bisa membahayakan, lho. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan langkah-langkah pencegahan. Alasannya ada 2 (dua), yaitu sebagai berikut:

  • Keamanan

Mencegah agar jangan sampai taman rumah hancur berkaitan dengan faktor keamanan, khususnya bagi Anda yang di halamannya terdapat pohon besar. Mengapai demikian?

Saat terjadi hujan, ranting dari pohon yang besar akan mudah tumbang hingga akhirnya merusak taman. Selain itu, bukan tidak mungkin pohon akan rubuh karena terpaan angin kencang saat hujan. Alhasil, pohon bisa jatuh mengenai rumah dan membahayakan Anda serta penghuni lainnya.

  • Taman kotor karena tanaman cepat tumbuh

Siraman air hujan tak pelak membuat tanaman jadi lebih cepat tumbuh. Satu sisi, hal ini tentunya sangat baik. Namun di sisi lain, jika Anda tidak rajin-rajin memangkas tanaman, maka ini justru membuat taman rumah Anda jadi terlihat berantakan.

Maka dari itu, sebaiknya rajin-rajin membersihkan taman, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, agar taman rumah Anda tetap terlihat rapi.

7. Perabotan Kayu Rusak Saat Musim Hujan

Anda punya sejumlah perabotan rumah yang terbuat dari kayu? Hati-hati, musim hujan dengan cuacanya yang sedemikian rupa juga berpotensi merusak perabotan-perabotan tersebut.

Namun jangan khawatir, Anda bisa melakukan beberapa macam cara untuk mengatasi atau mencegah perabotan mengalami kerusakan akibat hujan, yakni sebagai berikut:

  • Bersihkan debu pada perabotan

Perabotan rumah sangat “akrab” dengan yang namanya debu. Saat musim hujan, debu-debu yang menempel pada perabotan bisa jadi akan bertambah banyak.

Nah, masalahnya, debu bisa menggores permukaan perabotan kayu Anda, kendati kelihatannya berukuran kecil dan halus. Oleh sebab itu, pastikan untuk membersihkan perabotan kayu secara rutin.

  • Gunakan Pembersih Khusus

Saat membersihkan perabotan kayu, gunakan cairan pembersih khusus, ya. Selain dapat mengangkat debu dan kotoran secara cepat, hal ini juga bertujuan agar perabotan lebih awet dan tidak mudah rusak.

  • Simpan di Tempat yang Tepat

Beberapa perabotan kayu seperti meja dan kursi yang acap kali ditempatkan di bagian luar rumah seperti teras juga perlu mendapat perhatian khusus saat musim hujan.

Pasalnya, barang-barang tersebut lebih mudah rusak—dalam hal ini memuai—karena terpapar suhu udara yang dingin saat hujan.

Jadi, jika tidak ingin kursi dan meja Anda cepat rusak, sebaiknya tempatkan keduanya di tempat yang lebih tertutup saat hujan turun. Atau, tutup dengan kain tebal.

  • Atur Kelembapan Udara

Sementara itu, untuk perabotan kayu yang letaknya ada di dalam rumah, cara agar tidak cepat memuai dan retak akibat terkena udara dingin adalah dengan mengatur kelembapan udara di dalam ruangan.

Idealnya, atur kelembapan udara sekitar 40-45%. Itu sebabnya, Anda juga butuh yang namanya air humidifier guna mengantisipasi hal-hal seperti ini.

  • Pilh Furnitur yang Mudah Dirawat

Cara terakhir untuk menjaga agar perabotan kayu di rumah tidak cepat rusak akibat hujan adalah, pilihlah jenis kayu yang lebih kuat, pun perawatannya mudah.

Kayu jenis oak adalah salah satu pilihannya. Kayu ini secara kualitas lebih baik ketimbang jenis kayu lainnya. Selain itu, perawatan perabotan yang terbuat dari kayu ini juga lebih mudah.

Itu dia informasi mengenai macam-macam masalah yang kerap terjadi di rumah saat musim hujan. Semoga bermanfaat!

 

Berikan Perlindungan Terbaik pada Properti Anda!

Lindungi rumah Anda dari berbagai risiko kerusakan seperti atap bocor, rusak karena banjir, dan sebagainya dengan asuransi properti terbaik. Temukan asuransi properti untuk rumah kesayangan Anda di Cekpremi.com, dan dapatkan diskon 15% plus cashback 5%! Yuk, cek sekarang juga!